Home PTN websitependidikan.com:Blog tentang pendidikan

websitependidikan.com:Blog tentang pendidikan

42
0

 Mengambil pendidikan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merupakan pilihan terbaik agar suatu saat nanti bisa berguna di masyarakat. Setelah lulus sangat disarankan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Sebagian pelajar tentu masih bingung lanjut ke kampus mana, namun 5 PTN yang menerima lulusan SMK berikut bisa menjadi pilihan:

5 Daftar PTN Yang Menerima Lulusan SMK Untuk Melanjutkan Studi Pendidikan
5 PTN Yang Menerima Lulusan SMK Untuk Melanjutkan Studi Pendidikan


1. Universitas Indonesia

Kampus negeri bernama universitas Indonesia ini memang sudah terkenal keunggulan di mata pelajar maupun masyarakat. Sebab kampus yang berlokasi di Depok Jawa Barat ini mempunyai banyak fasilitas guna menunjang keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Kampus tersebut memang sudah dirintis sejak tahun 1851 oleh Belanda sehingga menjadi universitas paling tua di Indonesia.

Bagi para pelajar lulusan SMK yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan bisa memilih kampus UI karena berbagai keunggulannya. Terdapat banyak sekali jurusan yang sesuai dengan basis saat mengenyam bangku SMK. Semisal ingin mengambil jurusan kedokteran, ilmu komputer, keperawatan, farmasi dan masih banyak fakultas lainnya.

2. Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi negeri atau PTN yang menerima lulusan SMK adalah universitas Gadjah Mada. Kampus satu ini memang sudah mendapatkan penghargaan sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut World Ranking. Penobatan ini memang didasarkan karena berbagai fasilitas pembelajaran yang sudah lengkap sehingga para mahasiswa bisa belajar maksimal.

Selain itu banyak juga orang-orang besar seperti bapak Presiden RI yakni Jokowi Widodo mengenyam pendidikan di kampus UGM. Kelebihan kampus UGM adalah tersedia banyak pilihan jurusan yang cocok bagi pelajar lulusan SMK. Namun untuk bisa bersaing menjadi mahasiswa UGM harus meningkatkan prestasi agar mudah keterima.

3. Universitas Padjadjaran

Kampus unggulan bernama Universitas Padjadjaran ini berlokasi di Sumedang dan menjadi impian para pelajar untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Sebenarnya penamaan kampus tersebut diambil dari salah satu nama kerajaan yang dulu pernah berjaya di Indonesia yakni Pakuan Pajajaran. Pendirian kampus ini karena banyak masyarakat saat itu ingin ada perguruan tinggi negeri.

Bagi para pelajar SMK bisa dengan mudah mendaftarkan diri bergabung menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Terdapat banyak sekali pilihan jurusan yang sesuai dengan basis pelajar SMK seperti jurusan komputer, farmasi, kedokteran, pertanian dan lainnya. Supaya bisa cepat diterima, maka semaksimal mungkin meningkatkan prestasi dan semangat belajar.

4. Institut Teknologi Bandung

Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa Institut Teknologi Bandung atau ITB ini melahirkan generasi penerus bangsa yang hebat. Dapat diambil contoh mantan presiden Bapak BJ Habibie dulunya juga mengenyam pendidikan di kampus tersebut dan berhasil menciptakan banyak karya. Kenapa bisa begitu? Karena fasilitas penunjang pembelajaran di ITB sangatlah lengkap.

Keunggulan kampus ITB memang banyak sekali misalnya saja sudah menyediakan jurusan yang sudah terakreditas baik bahkan sudah tahapan Internasional. Dengan begitu bagi para lulusan SMK bisa mengasah kemampuan dengan kuliah di kampus tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa upaya diterima di ITB harus berdasarkan prestasi dan tekad kuat.

5. Universitas Sriwijaya

Palembang memang sebuah kota yang sangat indah dan menyimpan banyak sekali sejarah. Tidak hanya keindahan kotanya saja melainkan juga berdiri kampus ternama bernama Universitas Sriwijaya yang sudah terkenal di mata para masyarakat. Bagi para lulusan SMK sangat direkomendasikan untuk memilih kampus tersebut untuk melanjutkan pendidikan.

Terdapat banyak sekali pilihan jurusan yang sesuai dengan basis anak-anak SMK seperti halnya jurusan komputer, pertanian, kesehatan, kedokteran dan lain-lain. Tentu saja agar bisa mudah diterima menjadi mahasiswa UNSRI harus meningkatkan prestasi belajar. Dengan begitu ada peluang besar dapat diterima dan belajar di kampu UNSRI.

Itulah tadi 5 daftar PTN yang menerima lulusan SMK dengan berbagai fasilitas penunjang proses pembelajaran mahasiswa. Oleh sebab itu mulai sekarang mari tingkatkan prestasi belajar dan bangkitkan semangat agar bisa kuliah di kampus ternama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.