Home KIP Universitas yang Menerima KIP Kuliah untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Universitas yang Menerima KIP Kuliah untuk Mahasiswa Kurang Mampu

74
0

 KIP atau Kartu Indonesia Pintar adalah kartu yang dapat digunakan oleh pelajar yang ingin mendapatkan pendidikan secara gratis. Untuk calon Mahasiswa dapat menggunakan kartu ini agar mendapatkan biaya pendidikan dari pemerintah. Mahasiswa tidak perlu khawatir karena ada banyak universitas yang menerima KIP kuliah untuk mahasiswa yang kurang mampu. 

Universitas yang Menerima KIP Kuliah untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Universitas memiliki kebijakan tertentu sehingga ada beberapa universitas yang tidak menerima KIP kuliah. Saat ini Pemerintah bekerjasama dengan pihak kampus agar menerima dan mempermudah bagi mahasiswa yang ingin menggunakan KIP kuliah. Untuk pembuatan kartu ini harus dimulai sejak pelajar berada di bangku sekolah seperti SMA dan SMP serta SD. Langsung saja cek universitas yang menerima Kip kuliah untuk mahasiswa kurang mampu, berikut ini:

1. Universitas Udayana

Universitas Udayana terletak di provinsi Bali dan menerima mahasiswa KIP kuliah agar mendapatkan bantuan dalam pendidikannya. Hampir seluruh Prodi di Universitas Udayana yang dapat menerima KIP kuliah, hal ini mempermudah calon mahasiswa dalam memasuki Prodi yang diinginkan. Pelajar di Indonesia sangat banyak yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Universitas Udayana yang terletak di Bali ini.

2. Universitas Gadjah Mada

UGM adalah universitas impian banyak mahasiswa untuk mendapatkan ilmu pendidikan yang luas dan baik. Bagi calon mahasiswa yang ingin menggunakan Kip kuliah dapat mendaftarkan dirinya di Universitas Gadjah Mada. Karena semua Prodi yang ada di UGM dapat dimasuki oleh penerima Kip kuliah. Namun tetap pastikan syarat dan ketentuan bagi penerima KIP kuliah sesuai dengan peraturan yang tidak boleh dilanggar sehingga tetap menerima bantuan dari pemerintah ini.

3. Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya ada universitas yang menerima Kip kuliah yaitu Universitas Negeri Jakarta dengan banyak Prodi yang dapat dipilih. Bagi pelajar yang ada di Jakarta dapat memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar di UNJ untuk mendapatkan pendidikan kuliah. Akreditasi yang dimiliki Universitas ini dapat membantu mahasiswa untuk memperluas penerimaan pekerjaan di banyak perusahaan.

4. Universitas Indonesia

Saat ini UI juga dapat di akses bagi mahasiswa penerima KIP yang memilih prodi sastra Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang menyukai sastra Indonesia dapat mendaftarkan dirinya di Universitas Indonesia menggunakan kartu Indonesia Pintar. Untuk prodi lainnya saat ini belum diperluas oleh pihak universitas bagi penerima KIP kuliah. Akreditasi dari Universitas Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah go internasional.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga merupakan universitas yang dapat ditempuh oleh penerima Kip kuliah. Prodi yang terbuka sangat banyak dan dapat dipilih sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa. Akreditasi yang diberikan Universitas Airlangga dapat dipergunakan untuk memperluas jaringan pekerjaan dan mendapatkan ilmu dari banyak profesor. Untuk penerima Kip kuliah dapat mempertahankan nilai terbaiknya agar pihak Universitas tidak melepas bantuannya.

6. Universitas Brawijaya

Sangat banyak peminat dari Universitas Brawijaya sebagai tempat studi untuk mendapatkan ilmu dan wawasan yang luas. Penerima KIP kuliah dapat mendaftarkan dirinya di universitas ini karena sudah sudah terdaftar di KIP. Program studi yang dibuka oleh pihak universitas bagi penerima KIP kuliah hampir seluruhnya. Calon Mahasiswa dapat memilih prodi sesuai dengan kemampuan minat dan bakat.

Itulah beberapa universitas yang menerima Kip kuliah untuk mahasiswa yang kurang mampu dan sudah terdaftar. Untuk memiliki kartu ini dapat diproses ketika pelajar sedang berada di sekolah dasar atau sekolah menengah. Untuk mendaftarkan KIP ketika sudah kuliah tidak akan bisa karena memerlukan kartu yang sudah digunakan sejak sekolah dasar dan menengah. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.