Home Ijazah Kejar Paket C Universitas yang Menerima Ijazah Paket C di Indonesia

Universitas yang Menerima Ijazah Paket C di Indonesia

294
0

 Apakah ijazah kejar paket C bisa digunakan untuk mendaftar kuliah?_Siswa lulusan SMP atau setara SMP, tak semuanya beruntung bisa melanjutkan studi. Banyak faktor yang harus membuat siswa mengambil program kejar paket C untuk bisa mendapatkan ijazah setara SMA dan melanjutkan kuliah atau bekerja. Namun, ada tidaknya universitas yang menerima ijazah paket C juga menjadi keraguan tersendiri bagi siswa yang mengikuti program ini. Simak informasi ini dengan tuntas untuk memahami hal tentang ijazah paket c.

Universitas yang Menerima Ijazah Paket C di Indonesia

Memahami Apa Itu Ijazah Paket C

Program paket C merupakan pendidikan kesetaraan setingkat SMA yang berada di bawah pengawasan dinas pendidikan. 

Universitas yang menerima ijazah paket C pastinya telah memahami adanya program kesetaraan ini. 

Dengan demikian, siswa program paket C semestinya tak perlu merisaukan apakah ijazah yang dimiliki ini akan diperlakukan sama dengan sekolah umum atau tidak.

Ijazah Paket C didapatkan setelah siswa mengikuti kegiatan tutorial yang diselenggarakan oleh PKBM. 

Pemilihan PKBM sebagai tempat belajar siswa putus sekolah, tidak dibatasi oleh lokasi domisili calon siswa. 

Artinya, calon siswa paket C bebas menentukan pilihannya untuk melanjutkan studi di PKBM manapun.

Setelah kegiatan tutorial berlangsung, siswa akan mengikuti ujian kesetaraan, dan mendapatkan ijazah yang juga diakui oleh dinas pendidikan sebagai ijazah tingkat SMA. 

Dengan demikian, calon siswa sudah bisa menggunakan ijazah tersebut, jika ingin melanjutkan studi ke universitas pilihan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Universitas Penerima Ijazah Paket C

Meskipun tidak semua jurusan menerima ijazah program kesetaraan ini, namun universitas yang menerima ijazah paket C sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. 

Perguruan-perguruan tinggi negeri berikut ini termasuk dalam daftar universitas yang memberi kesempatan siswa paket C, untuk berkuliah di sana. Inilah referensinya:

1. Universitas Indonesia

Calon siswa paket C tak perlu khawatir dengan kualitas ijazahnya, karena UI termasuk salah satu universitas yang menerima ijazah paket C di Indonesia. 

Hampir setiap lulusan SMA mengidamkan melanjutkan studi di perguruan tinggi yang bergengsi ini. 

Berlokasi di Jakarta dan Depok, UI menerima ijazah dari program kesetaraan ini baik dari jurusan IPA maupun IPS.

2. Institut Teknologi Bandung

Kampus bergengsi lain yang juga menerima ijazah paket C adalah ITB. 

Perguruan tinggi yang fokus di bidang teknologi ini, memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dengan ijazah kesetaraan, untuk mengenyam pendidikan di Bandung. Fakultas-fakultas pilihan di ITB pun mempersilahkan calon mahasiswa berijazah paket C untuk memilih.

3. Universitas Diponegoro

Berlokasi di Kota Semarang, Universitas Diponegoro juga termasuk salah satu universitas yang membolehkan lulusan program kejar paket C untuk kuliah di sini. 

Undip memang tercatat sudah sejak lama menerima lulusan dari berbagai program sekolah, baik sekolah umum, madrasah, termasuk juga program kesetaraan paket C. 

Bahkan, Undip juga menerima lulusan dari luar negeri.

4. Institut Pertanian Bogor

Menjadi perguruan tinggi yang fokus pada bidang pertanian dan ketahanan pangan, tidak membuat IPB menolak ijazah program kesetaraan. 

Salah satu PTN di Bogor ini juga mengizinkan siswa yang lulus dari program kejar paket C, jika ingin melanjutkan studi ke IPB. 

Hal ini berarti, IPB menambah daftar universitas negeri yang membuka peluang siswa paket C yang hendak melanjutkan studi.

Siswa yang harus melanjutkan sekolah melalui program Paket C tak perlu lagi meragukan keabsahan dan kualitas ijazahnya. Daftar perguruan tinggi di atas hanyalah sedikit dari banyak universitas yang menerima ijazah paket C di Indonesia. Dengan demikian, kesempatan bagi siswa setara SMA yang putus sekolah masih terbuka lebar untuk melanjutkan menata masa depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.