Home SPAN PTKIN Tips Lulus SPAN PTKIN dengan Mudah

Tips Lulus SPAN PTKIN dengan Mudah

14
0

 Ada banyak seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi , salah satunya adalah SPAN PTKIN. Jalur seleksi ini adalah jalur yang bisa diaplikasikan untuk masuk ke perguruan tinggi Islam yang menyediakannya. Bagi yang akan menempuh seleksi dengan jalur tersebut, tips lulus SPAN PTKIN tentunya harus diketahui dengan jelas.

Tips Lulus SPAN PTKIN dengan Mudah

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar bisa lulus ujian tersebut. Selain itu, tidak sedikit orang yang sudah menerapkan hal-hal di bawah ini sebagai langkah dasar. Setiap tips pastinya penting untuk dilakukan. Jika penasaran ada tips apa saja, simak daftar pembahasan di bawah ini dan pahami secara mendalam:

1. Pilih Jurusan Kuliah

Tips paling dasar adalah memilih jurusan kuliah. Agar lolos SPAN PTKIN, sangat disarankan untuk memilih jurusan yang berkaitan dengan yang dijalankan di SMA. Karena jika lintas jurusan, bisa jadi tidak lolos karena tidak memenuhi standar. Lebih baik memilih jurusan yang sesuai untuk mencari aman dan lolos di seleksinya.

Misal di SMA menempuh jurusan IPA, maka pilih jurusan kuliah yang masih berhubungan dengan IPA. Sedangkan untuk yang jurusan IPS, maka cari jurusan kuliah yang masih berhubungan dengannya. Jika lintas jurusan ke bidang berbeda misalnya SMA di IPA kemudian memilih jurusan IPS, maka peluang lolos menjadi lebih minim.

2. Perhatikan Passing Grade di Jurusan Pilihan

Passing grade atau peringkat jurusan yang dipilih juga sangat penting untuk diperhatikan. Semakin populer suatu jurusan, maka peminatnya akan semakin banyak. Jika fokus pada jurusan dengan banyak peminat padahal portofolio yang dimiliki masih standar, maka hal itu sangat berisiko mengalami kegagalan.

Pastikan passing grade dari jurusan yang dipilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Karena persaingan calon mahasiswa sangat ketat, maka perhitungan yang matang sangat diperlukan. Lebih baik memilih jurusan dengan passing grade yang tidak terlalu tinggi, namun masih bisa untuk dimasuki dengan mudah.

3. Perhitungkan Faktor Alumni dan Sekolah

Pengaruh alumni dan sekolah sangat besar dalam diterimanya siswa di perguruan tinggi. Peluang akan semakin besar jika ada alumni yang sudah diterima dan memiliki catatan baik di jurusan dan kampus yang dipilih. Demikian juga dengan sekolah. Jika akreditasi dan catatan sekolah baik, maka kemungkinan untuk lulus bisa semakin besar.

Tips lulus SPAN PTKIN satu ini jarang diperhatikan. Padahal hal ini merupakan salah satu tips penting karena terbukti dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi pastinya ingin menerima mahasiswa yang baik. Maka dari itu biasanya jejak alumni dan sekolah menjadi salah satu pertimbangan penting.

4. Buat Peringkat Jurusan dengan Tepat

Membuat urutan peringkat jurusan juga sangat penting untuk dilakukan. Meski sudah banyak yang mempraktikkan pengurutan ini, tapi ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan. Jika ingin mengurutkan, pastikan yang menduduki urutan satu adalah jurusan paling diminati, paling baik passing grade-nya, serta paling banyak saingannya.

Setelah itu, letakkan jurusan yang diminati kedua yang tentunya masih memiliki kaitan dengan jurusan SMA dan jurusan pilihan nomor satu. Lalu letakkan jurusan dengan passing grade rendah atau yang memiliki tingkat persaingan paling kecil di urutan terakhir. Tiga urutan ini harus diperhatikan dengan baik agar peluang lulus menjadi lebih tinggi.

5. Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan

Hal terakhir yang harus menjadi fokus utama adalah kelengkapan berkas. Meski semua hal itu telah diperhatikan atau nilai dan prestasi di atas rata-rata, namun jika berkas kurang maka akan sia-sia. Setiap berkas atau dokumen penting harus ada dan dilengkapi. Jika tidak maka otomatis akan gugur dalam persaingan.

Itulah lima tips lulus SPAN PTKIN yang perlu diperhatikan. Setiap hal di atas sangat penting, sehingga akan berpengaruh pada setiap langkah seleksi. Tak jarang calon mahasiswa akan gagal karena kurang memperhatikan salah satu hal di atas. Jadi usahakan untuk mempersiapkan semua hal tersebut dengan teliti agar bisa lolos dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.