Home TBS Tes Bakat Skolastik Adalah Hal Penting Ketika Ingin Masuk ke Perguruan Tinggi

Tes Bakat Skolastik Adalah Hal Penting Ketika Ingin Masuk ke Perguruan Tinggi

14
0

 Dapat dipahami bahwa yang dinamakan dengan TBS atau yang merupakan kepanjangan dari Tes Bakat Skolastik adalah tes yang dipakai guna mengukur tingkat kognitif seseorang. Dengan adanya tes ini bisa dimanfaatkan untuk memperlihatkan sebuah gambaran dari peserta tes ketika melakukan proses adaptasi di lingkungannya. 

Tes Bakat Skolastik Adalah Hal Penting Ketika Ingin Masuk Ke Perguruan Tinggi

Adapun tujuan diadakannya tes semacam ini tidak lain untuk mencari tahu terkait bakat yang dimiliki oleh peserta tes serta kadar kemampuannya. Umumnya tes ini dipakai sebagai salah satu tes ketika seseorang hendak mendaftar di sebuah Perguruan Tinggi ataupun tes untuk kebutuhan lainnya. Berikut informasi yang disebut dengan Tes Bakat Skolastik atau lebih singkatnya TBS beserta materi sub tesnya:

Mengenal Tes Bakat Skolastik

Telah disinggung sebelumnya bahwa Tes Bakat Skolastik adalah salah satu tes yang cukup umum diadakan untuk berbagai macam tujuan. Diketahui bahwa pada saat tahun 2019 silam materi dalam UTBK salah satunya diisi oleh TBS ini. Bagian yang menjadi tantangan tersendiri bagi peserta tes yaitu ketika di sekolah tidak diajarkan materi TBS dalam bentuk mata pelajaran. 

Hingga perolehan skor dari tes ini cukup berpengaruh terhadap peluang lolos atau tidaknya siswa dalam menjalani tes SBMPTN. Sementara fungsi dari diadakannya tes ini adalah untuk mengetahui prediksi terhadap kemampuan peserta ketika menghadapi lingkungan yang masih tergolong baru. Apabila tes ini dipakai untuk masuk Perguruan Tinggi maka lingkungan baru yang dimaksud adalah dunia kampus. 

Jenis Subtes yang Dimiliki

Jika berbicara mengenai subtes dari TBS memang jumlahnya ada beberapa macam. Dimana mulai dari subtes verbal sampai dengan subtes penalaran atau banyak yang menyebutnya dengan logika. Berikut informasi selebihnya:

1. Soal Verbal 

Jenis subtes ini nantinya akan menyajikan sinonim, kemudian antonim, lalu ada analogi dan juga yang terakhir ada wawancara. Tes dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan dari peserta ketika memakai logika yang bersifat verbal di waktu berhadapan dengan kata maupun bahasa. 

2. Soal Kuantitatif 

Berdasarkan indikasi dari maka yang dipakai, berarti jenis subtes kali ini mencerminkan bahwa akan terdiri atas deret angka. Kemudian ada juga logaritma, selanjutnya aljabar serta yang terakhir adalah geometri. Tidak lain guna dari tes ini adalah untuk melakukan pengukuran supaya mengetahui tingkat kemampuan peserta. Dalam bidang matematis dan juga logika yang berhubungan dengan angka. 

3. Soal Penalaran 

Sajian yang banyak ditemui dari tes TBS ini terdiri atas sebuah penalaran yang bersifat logis. Kemudian juga dalam bentuk diagram serta tidak terlewatkan berbentuk analisis. Sementara tujuannya yaitu guna mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam melakukan organisasi sejumlah informasi terkait penyelesaian masalah. 

Tips Menjalani TBS 

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwasanya TBS tergolong dalam tes yang cukup sulit untuk dikerjakan. Akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan sejumlah trik mengerjakan TBS berikut ini:

  • Melakukan banyak latihan dengan menggunakan berbagai soal serta mematuhi waktu yang ditetapkan. 
  • Ketika dihadapkan dengan soal TBS berupa angka, dianjurkan tidak dengan menghafal rumusnya, akan tetapi cukup melakukan pola berpikir yang terstruktur. 
  • Kerjakan soal dengan konsentrasi penuh namun tetap tenang supaya hasil yang diperoleh juga lebih maksimal. 

Demikian pembahasan mengenai Tes Bakat Skolastik adalah salah satu tes penting saat siswa ingin masuk di sebuah Perguruan Tinggi. Di samping itu fungsi dari tes ini sebenarnya cukup tergolong beragam. Pasalnya TBS juga bisa dipakai dalam bidang psikologi dan lainnya. Peserta harus menyiapkan beragam materi lantaran tes ini tidak termasuk dalam mata pelajaran di sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.