Home ASN Tahapan Seleksi Tes CPNS Lulusan SMA Bagi yang Ingin Menjadi ASN atau...

Tahapan Seleksi Tes CPNS Lulusan SMA Bagi yang Ingin Menjadi ASN atau PNS

20
0

 Proses tahapan dalam seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil memang bisa dibilang cukup beragam dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pelamar tentunya akan melakukan serangkaian tes CPNS lulusan SMA untuk bisa menjadi seorang PNS maupun ASN di sejumlah instansi terkait. Formasi peluang yang dibuka oleh pihak pemerintah terbilang cukup banyak dan beragam. 

Tahapan Seleksi Tes CPNS Lulusan SMA Bagi yang Ingin Menjadi ASN atau PNS

Maka pelamar bisa menentukan posisi jabatan yang diinginkan berdasar latar belakang pendidikan yang dimiliki. Sebagai bentuk persiapan tes yang akan dihadapi nantinya. Biasanya pelamar akan mempelajari sejumlah materi yang menjadi acuan soal nantinya. Bagi yang ingin mengetahui informasi dari seleksi CPNS untuk para lulusan SMA dan sederajat bisa menyimak ulasan berikut ini:

1. Tahap Seleksi Administrasi 

Tahap pertama yang banyak dijumpai saat melakukan tes CPNS lulusan SMA yaitu dengan melewati seleksi administrasi terlebih dahulu. Dimana seleksi yang dilakukan akan berlangsung secara online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa portal web resmi SSCASN. Pelamar harus membuat akun dan melengkapi sejumlah persyaratan yang ditetapkan. 

Diantaranya seperti NIK, kemudian nomor KK, Nama Terang dan yang lainnya sebagaimana yang tertera dalam KTP. Apabila pelamar menemukan masalah pada KTP yang dimiliki saat menjalankan proses administrasi ini bisa menghubungi pihak dari Dukcapil di wilayah masing-masing. 

2. Seleksi Kompetensi Dasar 

Apabila pelamar dinyatakan lolos dari tahap sebelumnya yaitu seleksi administrasi. Maka pelamar bisa melakukan proses selanjutnya dengan melakukan seleksi kompetensi dasar. Dimana tes ini nantinya akan menggunakan sistem yang disebut dengan CAT. Dengan demikian pelamar bisa langsung mengetahui skor yang diperoleh selepas menjalankan ujian. 

Mengenai SKD ini alangkah baiknya bagi pelamar untuk menyiapkan materi secara matang. Belajar yang bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan latihan soal yang dipakai pada tes di tahun sebelumnya. Adapun materi yang dipergunakan saat SKD meliputi tes CPNS lulusan SMA dalam kategori intelegensi umum. Kemudian juga terdapat tes terkait wawasan kebangsaan dan juga karakteristik pribadi. 

3. Seleksi Kompetensi Bidang 

Jika sudah dinyatakan lulus dari tes sebelumnya, maka pelamar akan diarahkan untuk mengikuti tes berikutnya yaitu SKB. Dalam tahapan ini pelamar bisa menentukan sendiri lokasi tes terdekat dari tempat tinggal. 

Apabila dalam tahap pendaftaran kurang sesuai, pelamar bisa merubahnya maksimal sebanyak 3 kali. Untuk tes ini pelamar juga bisa melakukannya di luar negeri, namun jika memilih di dalam negeri bisa mengisi wilayah yang diinginkan seperti Provinsi dan lainnya. 

4. Integrasi Nilai 

Untuk perhitungan nilai dari hasil tes SKD maupun SKB yang telah dijalankan sebelumnya dapat dilakukan dengan menjumlahkan hasil nilai yang diperoleh dari kedua tes tersebut. Dimana bobot nilai yang dimiliki oleh SKD mencapai 40 persen sementara untuk SKB adalah sisanya yaitu 60 persen. Aturan jadi dapat berubah sewaktu-waktu seiring perubahan tahun diselenggarakannya CPNS. 

5. Pengumuman Kelulusan 

Jika serangkaian tes yang telah diberikan sudah dilakukan dengan maksimal. Maka pelamar hanya tinggal menunggu hasil penerimaan yang nantinya akan diumumkan oleh pihak terkait. Pelamar bisa melakukan pengecekan status diterima atau sebaliknya melalui situs instansi tempat tujuan yang dilamar tersebut. Apabila status yang diperoleh adalah diterima, maka pelamar hanya tinggal melengkapi sejumlah berkas yang dibutuhkan. 

Demikian ulasan mengenai tahapan seleksi tes CPNS lulusan SMA yang perlu diketahui. Bisanya per tahapan yang dilakukan telah memiliki waktu dan juga jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah. Termasuk dalam waktu pengumuman penerimaan CPNS yang dilakukan. Maka pelamar hanya perlu menunggu sampai masa yang ditetapkan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.