Home cpns Simak Penjelasan Tes CPNS Kemenkumham, Berikut Ulasannya!

Simak Penjelasan Tes CPNS Kemenkumham, Berikut Ulasannya!

14
0

Setiap calon ASN Kemenkumham diwajibkan untuk mengikuti tes CPNS Kemenkumham agar bisa bergabung dalam kementerian tersebut. Hal itu sebenarnya tidak hanya berlaku untuk satu instansi saja, semua instansi dengan formasi yang berbeda pun diwajibkan untuk mengikuti tes. Sifatnya yang wajib membuat setiap peserta harus menyiapkan materi dengan cara belajar pada jauh-jauh hari, berikut penjelasan lengkapnya.

Simak Penjelasan Tes CPNS Kemenkumham, Berikut Ulasannya!

Bagaimana Sistem Tes CPNS Kemenkumham dalam Penerapannya?

Perubahan sistem ujian CPNS yang telah menggunakan CAT membuat keseluruhan instansi memakai sistem tersebut termasuk Kemenkumham. Hal tersebut merupakan bentuk pemeratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Cara kerja dari sistem tersebut sepenuhnya menggunakan komputer yang terhubung ke dalam jaringan.

Hal tersebut memungkinkan untuk sebagian wilayah di ujung Timur dan Barat, mungkin akan mengalami kesulitan karena sistem onlinenya. Jadi disarankan selama proses pendaftaran dan seleksi untuk berada di dalam lingkungan yang telah terjangkau internet. Sistem dari pengaplikasiannya meski terdapat beberapa kekurangan, namun banyak kelebihan yang menguntungkan untuk kedua belah pihak baik, peserta maupun penyelenggara.

Apa Saja Materi yang Diujikan?

Setiap tes tentu menerapkan materi yang menjadi landasan bagi para peserta untuk mengikutinya, termasuk kementerian Kemenkumham. Pada tahap awal SKD soal yang diberikan berlaku untuk semua formasi dan instansi di seluruh Indonesia. Pembeda biasanya akan ada pada soal di bidang kejuruan, berikut bentuk materi yang diujikan yaitu:

1. Tes Karakteristik Pribadi atau TKP

Merupakan tes yang berisikan soal-soal tentang karakter yang terdapat dalam diri diri seseorang. Hasil dari tes ini dapat menilai karakter yang dimiliki oleh seorang peserta.Terdapat banyak soal yang menuntut banyak tindakan dan pengambilan keputusan, aspek yang terdapat di dalamnya antara lain yakni:

  • Integritas.
  • Toleransi.
  • Tanggungjawab.
  • Kejujuran.
  • Ketegasan.
  • Cara kerja.

Masih banyak aspek lainnya yang terdapat dalam soal yang akan diujikan, setiap nomor yang membahas TKP, terdapat pernyataan atau pertanyaan yang menggambarkan jati diri individu. Berjumlah 30 soal,  dengan beberapa poin penting yang tersirat di dalamnya.

2. Tes Intelegensi Umum

Pengujian soal dalam bentuk tes logika, verbal, numerik dan juga analisis. Setiap soal yang diberikan seputar pemecahan masalah dan kemampuan untuk dapat berpikir tingkat tinggi. Jumlah soal TIU terdapat 35 buah, dimana di dalamnya tergabung kemampuan verbal, terdiri dari penyampaian informasi lisan dan tulisan.

Berikutnya ada soal Numerik yang memfokuskan pada kemampuan berhitung dari setiap peserta. Materi yang akan dicobakan seputar pengoperasian angka-angka dengan tema aljabar dan aritmatika. Terakhir kemampuan berpikir logis dan analitis, dalam  berpikir logis seseorang dituntut untuk bisa menggunakan nalarnya dengan baik dengan runtut dan sistematis.

3. Tes Wawasan Kebangsaan

Merupakan soal yang menguji kemampuan seseorang terkait kebangsaan. Berjumlah 35 soal, materi yang akan masuk ke dalamnya berhubungan dengan Pancasila, UUD 1945, negara kesatuan, Bhineka Tunggal Ika. Intinya setiap soal akan mengandung seberapa jauh peserta mengetahui nilai-nilai dalam suatu bangsa.

4. Tes Kemampuan Bidang

Materi tes lainnya yang diujikan yaitu sesuai dengan bidang yang dilamar. Bagian ini sudah masuk ke dalam tahapan SKB atau seleksi kemampuan bidang. Jadi, dari hasil tes SKD dengan tiga materi yang sudah disebutkan sebelumnya, disaring pelamar untuk diikutkan pada tahapan tes ini. 

5. Tes Kesamaptaan

Menjadi salah satu tes yang hanya ada pada Kementerian Kemenkumham, tes Kesamaptaan khusus untuk formasi penjaga tahanan. Masuk ke dalam rangkaian tes SKB yang dilakukan bersamaan dengan tes lainnya. Menjadi tes yang dilakukan untuk melihat kebugaran dan ketahanan tubuh para peserta, pengujian yang terdapat di dalamnya yaitu:

  • Lari
  • Pull Up
  • Shuttle Run
  • Sit Up
  • Push Up

Itulah tes fisik yang harus diikuti oleh setiap peserta, tidak hanya laki-laki tapi juga perempuan. Hal ini merupakan tes yang sangat penting, sebab untuk formasi tersebut memerlukan fisik yang kuat.

Itulah penjelasan seputar tes CPNS Kemenkumham saat ini yang dapat dipahami dan dipelajari. Carilah berbagai sumber yang membahas tes lebih mendalam agar dapat membantu dalam proses pembelajaran. Pastikan untuk selalu menyiapkan diri dengan berlatih dan mengikuti tes simulasi ataupun tryout CPNS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.