Home Uncategorized Samsung Artik 10, Komputer Seukuran Kartu Kredit Saingan Raspberry Pi 3

Samsung Artik 10, Komputer Seukuran Kartu Kredit Saingan Raspberry Pi 3

75
0

Penggunaan komputer mini saat ini nampaknya penggunaannya sudah meluas diberbagai bidang. Apalagi banyaknya produk komputer mini saingan Raspberry Pi, yang memiliki ukuran mirip kartu kredit, beredar di pasaran. Namanya pun bermacam-macam, ana Banana Pi, Orange Pi, dan masih banyak lainnya.

Penggunaan komputer mini saat ini nampaknya penggunaannya sudah meluas diberbagai bidang Samsung Artik 10, Komputer Seukuran Kartu Kredit Saingan Raspberry Pi 3

Seakan tidak ingin kalah, kini Samsung juga merilis komputer dengan ukuran tidak berbeda jauh, yang bakal menyaingi eksistensi Raspberry Pi. Seperti yang dilansir dari WCCFtech, Minggu (1/5/2016), disebutkan bahwa Samsung baru saja merilis komputer mini serupa dengan Raspberry Pi 3, Artik 10. Dengan ukuran yang bisa dikatakan sama, Samsung Artik 10 ini nampaknya akan menjadi pesaing berat Raspberry Pi 3.

Bicara penggunaannya, Samsung Artik 10 ini pasti tidak berbeda jauh dengan Raspberry Pi 3, dimana komputer mini ini bisa diaplikasikan ke berbagai perangkat pintar, seperti drone dan robot. Apalagi era Internet of Things yang sudah semakin marak, Samsung Artik 10 ini seakan menjawab kebutuhan tersebut.

Penggunaan komputer mini saat ini nampaknya penggunaannya sudah meluas diberbagai bidang Samsung Artik 10, Komputer Seukuran Kartu Kredit Saingan Raspberry Pi 3

Untuk spesifikasi, Samsung Artik 10 ini tergolong ampuh untuk sekelas komputer mini, seperti penggunaan prosesor yang memiliki 8 inti alias octa core dari ARM 32 bit. Untuk konfigurasinya mirip dengan smartphone, yang mana memiliki dual cluster quad coreĀ ARM Cortex A15 dengan kecepatan 1.5GHz dan quad core Cortex A7 dengan kecepatan 1.3GHz. Sedangkan ukuran RAM mirip dengan Raspberry Pi 3, yakni sebesar 2GB dengan jenis LPDDR3.

Dengan berbekal flash memori sebesar 16GB, Samsung Artik 10 ini juga mengusung pengolah grafis alias GPU dari Mali T628 MP6. Disebutkan bahwa dengan GPU ini, Samsung Artik 10 dapat melakukan renderĀ file video HD hingga 120 fps, berbeda dengan Raspberry Pi 3 yang hanya mampu mencapai 60 fps saja.

Kabarnya Samsung Artik 10 bakal dibanderol dengan harga 99 USD atau sekitar 1,4 juta Rupiah, harga yang cukup lumayan bila dibandingkan dengan Raspberry Pi 3, yang hanya dibanderol dengan harga sekitar 500 ribu Rupiah. Untuk lainnya, Samsung Artik 10 ini juga dilengkapi dengan port HDMI, micro USB dan pin GPIO sebanyak 51 pin.

(ND)


Sumber: https://www.beritateknologi.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.