Home Beasiswa Kuliah Rekomendasi Kampus yang Memberikan Beasiswa Kedokteran S1 di Indonesia

Rekomendasi Kampus yang Memberikan Beasiswa Kedokteran S1 di Indonesia

26
0

 Untuk memperoleh beasiswa kedokteran S1 di Indonesia sebenarnya tidak begitu sulit. Hal ini disebabkan rata-rata seluruh perguruan tinggi yang ada menyediakan program studi fakultas kedokteran di dalamnya.

Rekomendasi Kampus yang Memberikan Beasiswa Kedokteran S1 di Indonesia

Begitupun ketika berbicara mengenai program beasiswa, tidak sedikit Universitas memberikan kelonggaran biaya pendidikan setiap tahunnya. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi beasiswa bidang kedokteran yang ada di Indonesia:

1. Beasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Sebagai kampus  populer di Surabaya, Universitas Airlangga juga memberikan program beasiswa S1 bagi para pelajar. Pihak kampus memiliki persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi. Untuk mendapatkan beasiswa ini, pelajar diharuskan melewati beberapa evaluasi.

Seperti, memiliki IPK minimum 3.00 dan mampu mempertahankan nilai tersebut di semester berikutnya, aktif dalam program social kampus, merupakan mahasiswa aktif dan tidak menerima beasiswa dari pihak lain. Adapun sumber pendanaan yang diberikan pihak universitas sendiri cukup beragam. Mulai dari beasiswa PPA, beasiswa Baznas, beasiswa BCA dan lain sebagainya.

2. Beasiswa Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH)

Memilih universitas dengan fakultas kedokteran bertaraf internasional bisa menjadi jalan sukses meraih cita. Memutuskan untuk mengikuti dan mendaftarkan diri di UPH merupakan hal yang tepat. Ya, Universitas Pelita Harapan membuka program beasiswa bagi pelajar lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi sarjana kedokteran.

Program ini ditujukan bagi para pelajar berprestasi. Selain itu UPH juga mengajukan persyaratan lain seperti tidak boleh menikah dan hamil selama masa studi. Perolehan dana pembiayaan juga tergantung pada tingkat prestasinya. Tingkatan ini terbagi menjadi beberapa seperti diantaranya tingkat Platinum mendapat 100% beasiswa. Kemudian Gold 75%, Silver 50% dan Bronze 25%.

3. Beasiswa Paripurna Untuk Bangsa (BPUB) Universitas Indonesia

Program ini bertujuan untuk menunjang kemampuan mahasiswa khususnya yang berminat dalam bidang kedokteran untuk menjalankan pendidikan di kampus yang bersangkutan. Program ini diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan yang layak.

Namun sebelumnya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti diantaranya, terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa FKUI, tidak menerima beasiswa dari institusi lain dan telah mendapatkan penetapan BOP kurang dari 5 juta. Meski begitu masih ada persyaratan teknis lainnya seperti melampirkan essay dan mengikuti beberapa tes yang disediakan.

Apabila lolos akan menerima beberapa keuntungan yakni biaya pendidikan penuh selama pendidikan, mendapatkan biaya hidup senilai Rp. 12 juta per semester dan biaya BOP seperti yang telah ditetapkan. Penerima beasiswa juga akan mendapatkan mentorship untuk mengatasi kesulitan akademik.

4. Beasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya

Bagi pencari beasiswa Kedokteran S1 di Indonesia juga bisa mencoba mendaftarkan diri di Universitas Katolik Atma Jaya. Universitas yang berada di Yogyakarta ini juga memberikan kesempatan bagi pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa untuk gelar S1 Kedokteran.

Para siswa yang mendaftarkan harus memenuhi beberapa syarat guna penunjang pendidikan. Seperti prestasi akademis yang bisa ditunjukkan melalui surat relevan, membuat essay dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Begitupun saat menjadi mahasiswa, harus menjaga nilai IPK minimal 2,75.

5. Beasiswa Kedokteran Militer Universitas Pertahanan

Kabar baik bagi lulusan SMA sederajat yang ingin mendapatkan beasiswa kedokteran. Sebab Universitas Pertahanan membuka program beasiswa S1 Kedokteran. Universitas yang memiliki akreditasi “A” dari BAN-PT ini memberikan beberapa keuntungan bagi pelajar yang terpilih.

Seperti menanggung seluruh biaya pendidikan, menyediakan asrama, hingga mencukupi seluruh kebutuhan hidup terkait pendidikan. Universitas Pertahanan sendiri berdiri dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Oleh karenanya, diharapkan setelah lulus dari universitas ini, dapat langsung diterjunkan menjadi penerus bangsa guna pembangunan Negara.

Bidang studi kedokteran tidak bisa dianggap remeh. Pastikan untuk memiliki niat sendiri tanpa dorongan orang lain. Sebab, dalam pembelajarannya akan ada banyak tantangan baik diawal maupun diakhir.

Bagi yang telah memantapkan hati untuk memilih fakultas ini, beberapa rekomendasi beasiswa Kedokteran S1 di Indonesia yang telah disebutkan bisa menjadi suatu referensi yang patut dipertimbangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.