Home Double Degree Pilih Universitas Double Degree di Indonesia untuk Raih Gelar Ganda

Pilih Universitas Double Degree di Indonesia untuk Raih Gelar Ganda

70
0

 Banyak mahasiswa berlomba-lomba mencari beasiswa demi bisa kuliah di luar negeri. Walaupun sebenarnya tak perlu repot jika ingin meraih gelar pendidikan mancanegara. Saat ini sudah banyak universitas double degree di Indonesia, dengan tawaran program kuliah di dua tempat. Tentunya menarik untuk mendapatkan 2 gelar sekaligus dalam satu jenjang pendidikan yang sama.

Pilih Universitas Double Degree di Indonesia Untuk Raih Gelar Ganda

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Undip menjadi salah satu universitas double degree di Indonesia, setelah dilakukan MOU dengan beberapa universitas di mancanegara. Universitas di Kota Semarang ini, telah menandatangani kerja sama dalam bidang pendidikan dengan berbagai negara seperti Malaysia, Amerika, Belanda, juga Korea.

Beberapa fakultas di Undip yang telah membuka jalur kuliah ini adalah Fakultas Hukum, FEB, dan Fakultas Teknik. Khusus di Fakultas Hukum, jalur ini berlaku bagi mahasiswa pasca sarjana. Sedangkan untuk FEB dan FT, program dimulai dari jenjang sarjana.

2. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII)

Kemajuan pendidikan di Indonesia, salah satunya karena memiliki UII sebagai pelopor program kuliah yang menawarkan gelar ganda sekaligus. Setelah dibukanya kerja sama dalam bidang pendidikan, UII membuka peluang bagi mahasiswa yang tertarik meraih gelar dari Indonesia dan Queensland University sekaligus.

Program ini pertama kali dibuka untuk Fakultas Ekonomi. Disusul kemudian di Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas di Kota Yogyakarta ini menjadi kampus pertama di Indonesia yang menjawab tantangan global, dengan melahirkan lulusan bergengsi dengan bergelar pendidikan dari mancanegara yang siap menghadapi dunia kerja.

3. UPH Jakarta

Salah satu kampus di Jakarta ini, juga menawarkan program serupa yang patut dipertimbangkan dan dipilih. UPH telah memiliki MoU dalam bidang pendidikan, dengan banyak perguruan tinggi mancanegara, di antaranya adalah Switzerland. Tentu menjadi pengalaman tersendiri jika bisa kuliah di negara dengan atmosfer pendidikan yang berbeda dibandingkan dengan di dalam negeri.

Jurusan yang memiliki jalur ini adalah jurusan manajemen, serta teknologi pangan. Bukan hanya dalam hal pendidikan, ada hal menarik lain dari kerja sama antara UPH dan universitas di luar negeri ini, yaitu persiapan dan penempatan kerja para lulusannya. Kerja sama ini tentu saja disambut baik oleh kedua belah pihak, sebagai kesempatan besar bagi generasi muda Indonesia.

4. Universitas Indonesia

Semua tentu tak asing dengan prestasi pendidikan yang diukir oleh kampus dengan jas almamater kuning ini. UI memiliki kelas internasional, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meraih gelar ganda, dari UI dan dari universitas mitra. Double degree di Universitas Indonesia, tersedia untuk jenjang sarjana dan juga magister.

Dengan program kelas internasional yang telah lama berdiri, UI semakin melebarkan kesempatan ini pada beberapa fakultas existing. Banyak fakultas melakukan MoU dalam program ini, di antaranya adalah Fakultas Teknik, Kedokteran, hingga Komunikasi.

5. Universitas Gajah Mada

Terletak di Kota Pelajar, Universitas Gajah Mada menawarkan pengalaman yang menarik bagi mahasiswa. Perguruan tinggi negeri terkemuka di DIY ini membuka peluang yang baik untuk mahasiswa yang menginginkan mencicipi 2 gelar pendidikan sekaligus. Tak kalah menarik, UGM selama ini telah menjalin kerja sama dengan banyak universitas di Australia bahkan Jepang.

Kuliah di universitas double degree di Indonesia tampaknya menarik untuk dijadikan pilihan. Selain karena 2 gelar pendidikan yang diperoleh, mahasiswa tentunya akan berkesempatan mendapat pengalaman tersendiri ketika menempuh kuliah di tempat dengan iklim pendidikan yang berbeda. 

Persyaratan yang ketat tentu sudah harus menjadi pertimbangan tersendiri. Namun, tidak ada salahnya mencoba mengambil peluang, yang mungkin tidak datang dua kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.