Home Jurusan Kuliah Pilih D3 atau S1 ?, Ketahui Dulu Perbedaannya !

Pilih D3 atau S1 ?, Ketahui Dulu Perbedaannya !

115
0

 Apa perbedaan D3 dan S1? Bagi calon mahasiswa pasti bertanya-tanya ketika akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Perbedaan yang paling terlihat dari kedua jenjang pendidikan ini adalah masa studi yang berbeda. Pendidikan D3 umumnya ditempuh 3-3,5 tahun sedangkan S1 memiliki masa studi selama 3,5-4 tahun dengan catatan mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh SKS tepat waktu.

Perbedaan D3 dan S1

Memang, baik D3 dan S1 sama-sama akan memberikan gelar di saat mahasiswa telah menyelesaikan studinya. Namun, tentunya ada sejumlah perbedaan dari keduanya yang perlu dipertimbangkan supaya tidak sampai salah memilih dan menyesal di kemudian hari. Simak perbedaan D3 dan S1 berikut ini:

1. Segi Materi Perkuliahan

Penting untuk diketahui bahwa D3 dan S1 adalah dua jenjang yang berbeda. 

Materi yang diajarkan dalam perkuliahan tentunya berbeda dimana D3 ditargetkan untuk menjadi praktisi yang ahli di bidang tertentu, sementara S1 ditargetkan menjadi seorang akademisi. 

Maka, materi yang diajarkan dalam jenjang D3 lebih berfokus pada praktik dan S1 lebih teoritis. 

Mahasiswa D3 akan disibukkan dengan jadwal praktik yang padat setiap minggunya dan mayoritas ujian yang dilakukan dengan praktik.

Kurikulum S1 memang porsinya lebih banyak teori, tetapi bukan artinya mahasiswa sama sekali tidak dibekali ilmu untuk bisa bekerja sebagai praktisi. 

Sebab, teori yang diajarkan relevan dengan apa yang terjadi di dunia kerja dan dialami oleh praktisi Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk praktik dan magang sesuai jurusan yang dipilih.

Adapun, yang dimaksud teoritis di sini yaitu materi yang diajarkan berdasarkan teori dari para ilmuwan sehingga mahasiswa S1 diharapkan memiliki pemikiran yang logis dan menjadi peneliti. 

Maka, mahasiswa bisa menjadi seorang peneliti yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi praktisi serta masyarakat luas.

2. Tim Pengajar

Kalau di sekolah tim pengajar dipanggil dengan sebutan ‘Guru’, di perguruan tinggi mahasiswa akan memanggilnya dengan sebutan ‘Dosen’. Namun, ada perbedaan tim pengajar di perkuliahan D3 dan S1. 

Tim pengajar D3 sebagian besar merupakan seorang praktisi yang masih aktif bekerja di suatu perusahaan karena memang target dari pendidikan D3 adalah mencetak praktisi yang ahli di bidangnya.

Sementara itu, tim pengajar S1 pada umumnya merupakan seorang akademisi yang aktif melakukan riset atau penelitian. 

Tetapi, bukan berarti seluruh dosen S1 sama sekali tidak berpengalaman menjadi praktisi karena justru ada banyak dosen yang beralih menjadi akademisi setelah memiliki pengalaman cukup lama menjadi praktisi.

3. Segi Peluang Kerja

Karena fokus perkuliahan dari D3 dan S1 berbeda, maka peluang kerjanya pun berbeda. 

Peluang disini bukan artinya hanya lulusan D3 atau S1 saja yang bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat, tetapi tipe pekerjaan apa yang lebih cocok bagi keduanya.

Lulusan D3 lebih tepat bekerja sebagai praktisi yang turun langsung menghadapi pekerjaan inti di sebuah perusahaan. 

Sedangkan lulusan S1 lebih tepat menjadi seorang peneliti, analis atau penyusun strategi di sebuah perusahaan karena kemampuannya mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah.

4. Segi Gelar Setelah Lulus

Setiap mahasiswa yang telah lulus dan menyelesaikan masa studinya pasti akan mendapatkan gelar. 

Tentu saja, gelar D3 dan S1 berbeda karena dari fokus studinya saja sudah berbeda. 

Lulusan D3 akan mendapat gelar A.Md yang artinya ahli madya dan lulusan S1 dengan gelar Sarjana. 

Kedua gelar tersebut diikuti dengan jurusan yang diambil selama kuliah misalnya, jurusan Ilmu Komunikasi dalam D3 akan bergelar A.Md.I.K, sedangkan dalam gelar S1 yaitu S.I.Kom

5. Tugas Akhir yang Harus Dipenuhi

Tugas akhir harus dipenuhi mahasiswa di perguruan tinggi sebagai syarat kelulusan. 

Pada pendidikan D3, tugas akhir umumnya berupa sebuah project yang sesuai dengan jurusan. 

Sementara itu, tugas akhir pada pendidikan S1 berupa skripsi yang merupakan karya ilmiah atau hasil penelitian mahasiswa.

Demikian uraian mengenai perbedaan D3 dan S1. Meskipun sama-sama perguruan tinggi, tetapi nyatanya ada perbedaan dari keduanya sehingga calon mahasiswa harus bisa memilih dengan tepat dan sesuai target yang ingin dicapai. Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu perbedaan di antara D3 dan S1 supaya tidak sampai salah memilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.