Home kuliah Persyaratan Kuliah di Jerman yang Perlu Dipersiapkan

Persyaratan Kuliah di Jerman yang Perlu Dipersiapkan

57
0

Negara Jerman adalah salah satu negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Serta juga terkenal dalam bidang pendidikan yang memiliki kualitas unggul. Terbukti salah satu presiden Indonesia sempat mengenyam pendidikan di sana. Sebelum memutuskan terbang ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan. Lebih baik kenali terlebih dahulu syarat kuliah di Jerman yang dibutuhkan. 

Keuntungan lebih jika memilih Jerman sebagai negara tujuan pendidikan yaitu tersedianya kampus untuk belajar secara gratis. Akan tetapi pemberlakuan kuliah gratis yang dilakukan oleh pemerintah tidak berlaku untuk semua universitas. Pasalnya sebagai universitas masih dikenakan biaya bagi mahasiswanya. Berikut syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melanjutkan pendidikan di negara Jerman:

Persyaratan Kuliah di Jerman yang Perlu Dipersiapkan
Syarat-Syarat Kuliah di Jerman yang Perlu Dipersiapkan

1. Memiliki Kualifikasi Nilai yang Baik 

Syarat yang satu ini cukup dibutuhkan oleh sebagian universitas yang berada di Jerman. Dimana kualifikasi yang ada meliputi rata-rata nilai yang telah didapatkan. Selain itu nilai yang dimiliki calon mahasiswa harus sesuai dengan batas standar yang telah ditentukan. 

Di samping nilai, kualifikasi juga berlaku bagi sebuah program yang membutuhkan berbagai macam sertifikat dan juga tes bakat. Dimana tes yang dilakukan tersebut bisa menggunakan bahasa Jerman atau bahasa inggris.

2. Mempunyai Visa 

Visa digunakan sebagai sebuah izin tinggal di negara lain. Dimana supaya bisa memiliki visa dibutuhkan beberapa syarat. Misalnya seperti bukti kemampuan ekonomi, identitas diri dan yang lainnya. 

Perlu di ketahui bahwa jika ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti Jerman. Beragam berkas persyaratan perlu untuk diterjemahkan terlebih dahulu. Hal ini berlaku jika berkas persyaratan ditulis dengan bahasa selain Jerman dan Inggris.

3. Menyiapkan Surat Rekomendasi

Surat ini bisa didapatkan melalui seorang dosen, atau seorang atasan jika sudah bekerja. Surat rekomendasi ini menjadi salah satu syarat kuliah di Jerman selanjutnya. Dimana surat rekomendasi tersebut bergantung dengan universitas tujuan. 

Ada yang membutuhkan satu surat rekomendasi, akan tetapi tidak jarang juga yang menetapkan dua surat rekomendasi sebagai syarat. Calon mahasiswa baru sebaiknya memilih orang yang tepat dan benar-benar mengenal diri calon mahasiswa ketika dimintai sebuah surat rekomendasi.

4. Melakukan Pendaftaran Melalui Aplikasi

Apabila seluruh berkas dan juga dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan telah terkumpul dan dikirim ke universitas tujuan. Maka syarat untuk bisa menempuh pendidikan di Jerman adalah dengan melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi. 

Jadi pendaftaran dilakukan lewat sebuah website resmi yang dimiliki oleh universitas masing-masing. Agar peluang untuk kuliah di Jerman dapat diterima semakin besar, maka calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran lebih dari satu universitas.

5. Melakukan Daftar Ulang 

Daftar ulang merupakan syarat kuliah di Jerman yang terakhir, dimana syarat yang satu ini hanya perlu dilakukan jika calon mahasiswa telah dinyatakan diterima di universitas tujuan. Persyaratan daftar ulang dibutuhkan karena dengan cara ini calon mahasiswa bisa mendapatkan kartu ID. 

Fungsi kartu ini yang digunakan untuk mengurus izin tinggal, untuk mengambil mata kuliah dan lainnya. Bisanya proses daftar ulang yang dilakukan disertai dengan membayar sejumlah uang. Cara agar kemampuan bahasa jerman calon mahasiswa bisa lebih meningkat, solusinya bisa dengan bekerja paruh waktu di sana.

Itulah pembahasan tentang syarat kuliah di Jerman yang perlu dilengkapi. Untuk lebih jelasnya mengenai persyaratan masuk universitas tujuan di negara Jerman. Bisa dilakukan dengan mengunjungi website pribadi universitas tersebut. Pembahasan di atas bisa menjadi salah satu pilihan referensinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.