Home Ekonomi Pengertian Keuntungan / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, Dan Rumus

Pengertian Keuntungan / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, Dan Rumus

38
0
Pengertian Laba, Teori , dan Rumus – Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan, produsen berusaha untuk mendapat harga yang setinggi-tingginya. Dengan segala daya upaya diusahakannya menghipnotis konsumen biar konsumen bersedia membeli barang-barang yang dihasilkannya itu dengan harga yang tinggi. Jalan yang paling umum ditempuh untuk menghipnotis konsumen ialah dengan promosi.

 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus

Dalam ekonomi, kekerabatan jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang  dinamakan penawaran (supply). Kurva penawaran bersudut nyata berarti perubahan harga barang dengan perubahan jumlah barang memiliki kekerabatan searah. Artinya jika harga naik, maka jumlah yang ditawarkan bertambah, begitu sebaliknya. 

Hubungan antara faktor produksi dengan produk untuk mencapai keuntungan maksimum (Profit Maximization), berpegang pada syarat : (cara menghitung laba)
p =  TR – TC
dimana :

p : keuntungan
TR : Total Revenue (penerimaan)
TC : Total Cost (total biaya)

p =  Pq. Q – X. Px

Syarat  p maksimum ialah turunan pertama p sama dengan nol, maka :

 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus
Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa untuk mendapat keuntungan maksimum, pengusaha harus menghasilkan barang sebanyak jumlah tertentu, dimana marginal cost sama dengan harga satuan produk tersebut. 

Namun apabila harga satuan lebih kecil dari titik minimum biaya variabel rata-rata, pengusaha tersebut tidak mau mengusahakan atau memperlihatkan barangnya alasannya ialah biaya variabel yang dikeluarkan tidak sanggup tertutupi dari hasil penjualan. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa kurva biaya marjinal (MC) yang berada di atas titik minimum biaya variabel rata-rata ialah merupakan kurva penawaran dari barang tersebut. 

Titik minimum kurva biaya variabel rata-rata merupakan titik awal perusahaan mulai berproduksi, alasannya ialah apabila harga produk sama dengan biaya variabel rata-rata berarti biaya variabel rata-rata sudah tertutupi dan pengusaha berharap biaya tetap rata-rata akan tertutupi pada dikala dilakukan pengembangan usaha.

Contoh Perhitungan Laba Rugi Usaha Penjualan

 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus
Contoh Perhitungan Laba Rugi Usaha Penjualan
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus yang kami rangkum dari banyak sekali macam sumber bacaan kami. Semoga bermanfaat dalam pembuatan makalah anda. Mohon Maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.