Home Bahasa Indonesia Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Teladan Paragraf Argumentasi

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Teladan Paragraf Argumentasi

6
0

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi – Paragraf argumentasi yaitu suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang berpengaruh berdasarkan data atau fakta yang ada. Pengertian paragraf argumentasi intinya berbeda-beda berdasarkan para ahli, sebagian menyampaikan bahwa paragaraf argumentasi yaitu sebuah paragraf yang bersifat meyakinkan pembaca dan mempengaruhi pembaca dengan gosip yang ada dalam paragraf, sebagian lagi beranggapan bahwa paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang berisikan pendapat yang didasari oleh fakta dan data yang ada tanpa tujuan mempengaruhi pembaca.

Contoh paragraf argumentasi umumnya sanggup kita temui dengan gampang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk cetak atau tulisan. Ketika kita saling berbincang beropini antar sesama dengan memakai bahasa yag terkesan argumentatif maka perbincangan tersebut sudah termasuk dalam pola paragraf argumentasi secara lisan.

Dalam dunia pendidikan, paragraf argumentasi sanggup kita temukan dengan gampang di jenjang sekolah menengah bawah hingga atas. Pengertian dan pola paragraf argumentasi menjadi materi yang harus dikuasai oleh siswa siswa sekolah lantaran materi ini kerap kali dijadikan sebagai materi untuk ujian.

 Paragraf argumentasi yaitu suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat deng Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Namun bersama-sama apa pengertian paragraf argumentasi? apa pola paragraf argumentasi dalam kehidupan sehari-hari? Untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita simak artikel dibawah ini. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam perihal pengertian, ciri dan pola paragraf argumentasi secara lengkap.

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pada dasarnya paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf biasa ibarat pada umumnya yang mengandung pendapat dan disampaikan dengan bahasa argumentatif. Sebenarnya tanpa melihat klarifikasi pun anda sanggup mencicipi secara eksklusif ibarat apa paragraf argumentasi dikala anda sedang beropini atau berargumen.

Pengertian Paragraf Argumentasi
Pengertian paragraf argumentasi yaitu paragraf yang mempunyai gagasan utama berupa pendapat dan dikembangkan berdasarkan penjabaran, bahasan, ulasan maupun pandangan gres pribadi dari sang penulis. Umumnya paragraf ini bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembacanya semoga mempunyai argumen atau pendapat yang sama dengan penulis.

Umumnya pragraf ini disampaikan dengan menawarkan fakta kasatmata dan akurat ibarat data, hasil dari penelitian, teori pakar dan ahli, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pendapat atau argumen pada paragraf tersebut sehingga tidak terkesan ibarat omong kosong belaka. Ketika pembaca sudah mengetahui fakta dan data maka secara perlahan mereka akan merasa yakin dan satu anutan dengan apa yang telah disampaikan pada paragraf tersebut.

Kerap kali orang salah mengartikan antara paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi. Memang sekilas kedua paragraf tersebut mempunyai kesamaan yakni sama sama mempunyai data yang kasatmata berdasarkan fakta yang ada. Namun secara penggunaan dan fungsi keduanya jauh berbeda. Paragraf eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau menawarkan klarifikasi saja, sedangkan paragraf argumentasi memakai klarifikasi tersebut untuk mempengaruhi pendapat pembaca semoga sejalan dengan argumentasi kita.

Jika anda masih merasa galau mengenai perbedaan paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi
Sebuah paragraf sanggup dikatakan sebagai paragaraf argumentasi kalau mempunyai ciri-ciri dibawah ini:

  1. Berisi argumen, pandangan, pendapat dan keyakinan perihal suatu permasalahan.
  2. Menggunakan data yang bersifat faktual atau fakta.
  3. Mengedepankan analisa dan budi dalam melaksanakan penjabaran.
  4. Memiliki kalimat epilog atau kesimpulan sebagai kalimat penegas. 

Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi
Berdasarkan topiknya paragraf argumentasi sanggup dibedakan menjadi dua jenis yakni paragraf argumentasi lantaran akhir dan paragraf argumentasi akhir sebab.

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat
Seperti judulnya paragraf ini selalu diawali dengan pendapat berupa penyebab dari sebuah permasalahan. Penyebab ini akhirnya akan menghasilkan sebuah akibat, akhir inilah yang nantinya akan menjadi kesimpulan.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab
Berbeda dengan sebelumnya, paragaraf ini mempunyai susunan terbalik yakni dimuali dengan pendapat berupa akhir suatu permasalahan. Dari akhir ini akan dianalisa dan menghasilkan lantaran sebab.

Contoh Paragraf Argumentasi
Dikarenakan paragraf ini terbagi dalam dua jenis maka saya akan menawarkan pola dari masing-masing jenis tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat
Tingkat pendidikan di Indonesia masih snagat tertinggal jauh kalau dibandingkan dengan Negara lain. Tidak perlu mencari pola jauh-jauh, Bahkan dengan Negara tetangga ibarat Singapura dan Malaysia, Negara kita masih tertinggal jauh dalam bidang pendidikan. Hal ini sanggup kita lihat dari jumlah lulusan perguruan tinggi tinggi yang terdapat di Negara tetangga sedangkan di Indonesia sendiri tingkat lulusan perguruan tinggi tinggi masih sangatlah rendah. Umumnya lulusan perguruan tinggi tinggi berasal dari tempat perkotaan dan megapolitan ibarat jakarta, semarang, dan yogyakarta. Sedangkan sangat jarang ditemui lulusan yang berasal dari tempat tertinggal ibarat NTB, NTT, Papua, dan kalimantan. Peristiwa ini disebabkan lantaran kurang meratanya pendidikan di indonesia. Selain pendidikan yang tidak merata, faktor ekonomi dan kesadaran rakyat akan pentingnya pendidikan bagi masa depan juga belum tumbuh. Terbatasnya pengajar profesional juga menjadi hambatan pendidikan di Negeri ini, selain itu pemerintah sendiri juga kurang memperhatikan fenomena ini. Jika kejadian ini terus berlangsung dari generasi kegenerasi maka alhasil indonesia akan mengalami keterpurukan dan kalah bersaing dengan SDM dari luar negeri.

Contoh Kedua
Musim penghujan merupakan momok bagi sebagian warga yang tinggal di kota megapolitan ibarat jakarta. Betapa tidak, setiap animo penghujan tiba debit air di beberapa sungai selalu meningkat, kalau peningkatan ini terjadi setiap hari maka usang kelamaan air akan meluap. Ditambah dengan tumpukan sampah di sungai menjadikan pendangkalan sungai semakin cepat terjadi. Jika pemerintah tetap tutup mata dengan kejadian ini maka air sungai yang meluap sanggup menjadikan banjir. Tidak hanya itu, sampah yang ikut terbawa banjir juga sanggup menjadikan penyakit pada warga sekita.

Contoh Paragraf Argumentasi Akibat Sebab
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam, Mulai dari tambang watu bara, hutan hujan hingga sektor bahari pada umumnya sanggup dimaksimalkan untuk mendongkrak pendapatan negara. Namun pada kenyataannya hampir setengah dari suber daya alam yang kita miliki telah dikuasai oleh investor asing. Peristiwa ini disebabkan lantaran kurangnya kemampuan Negara Indonesia untuk mengolah sumberdaya tersebut. Disamping itu faktor pengetahuan dan keterampilan pemerintah indonesia juga masih sangat kurang kalau dibandingkan dengan investor dari luar negeri.

Sekian artikel kali ini yang menjelaskan Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi yang sanggup saya sampaikan. Kesimpulan dari materi ini yaitu paragraf argumentasi merupakan sebuah paragaraf yang bersifat memberikan pendapat dan mempengaruhi pembaca semoga satu pendapat dengan kita. Sedangkan pola paragraf argumentasi intinya sanggup anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here