Home Sains Pembagian Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia

Pembagian Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia

27
0

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Di seluruh kepingan bumi ini tersebar aneka macam jenis tumbuhan dan fauna. Keberagaman jenis tumbuhan dan fauna ini tersebar diseluruh wilayah didunia secara tidak merata. Namun persebaran tumbuhan dan fauna tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terkait. Faktor umum dalam penyebaran tumbuhan dan fauna tersebut mencakup faktor kondisi tempat tumbuhan dan fauna ini tumbuh dan kondisi lingkungan sekitar tempat persebaran tumbuhan dan fauna tersebut. Faktor ini tergolong kedalam faktor fisik dalam pembagian tumbuhan dan fauna. Jaman dahulu sebagian bumi hanya diselimuti oleh es dan batas permukaan bahari masih dalam keadaan rendah adalah pada jaman es, jaman glasial maupun jaman pleistosen. Hal tersebut menciptakan beberapa fauna sanggup dengan gampang bermigrasi dari satu tempat ketempat lain lantaran daratan bumi masih bergabung satu sama lain.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Setelah jaman silih berganti terjadilah perubahan iklim yang ekstrim menciptakan sebagian es yang terdapat dalam belahan bumi mencair. Pengaruh iklim tersebut mengakibatkan permukaan bahari semakin tinggi dan meningkat hingga 200 meter. Perubahan tersebut juga mengkibatkan daratan bumi menjadi terpisah satu sama lain lalu menciptakan sebagian bumi ditutupi oleh air. Persebaran tumbuhan dan fauna tersebut menjadi terganggu dibeberapa wilayah dunia termasuk negara Indonesia. Proses persebaran tumbuhan memang dipengaruhi oleh sejarah perkembangan bumi namun tidak hanya itu saja melainkan juga disebabkan oleh kondisi lingkungan ibarat perubahan iklim yang terjadi diseluruh wilayah didunia. Berdasarkan klarifikasi diatas, saya akan membagikan pembagian tumbuhan dan fauna serta persebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Disetiap wilayah dunia mempunyai iklim yang berbeda beda. Hal tersebutlah yang sanggup membedakan dalam membuatkan jenis tumbuhan dan fauna. Persebaran tumbuhan dan fauna tertinggi terdapat dinegara Indonesia. Keberagaman tumbuhan dan fauna diIndonesia ditunjang dengan iklimnya yang tropis. Pembagian tumbuhan dan fauna di Indonesia yang tinggi juga disesbabkan oleh perkembangan sejarah pada zaman pleistosen.

Baca juga: Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Pada zaman pleistosen negara Indonesia masih bergabung dengan beberapa benua ibarat Asia maupun Australia sehingga menjadi sebuah daratan persebaran tumbuhan dan fauna. Persebaran tumbuhan dan persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori, mencakup kepingan tengah atau peralihan, kepingan barat atau Asiatis, dan kepingan timur atau Australis. Ketiga kategori tersebut mempunyai pegertian yang berbeda beda. Berikut klarifikasi persebaran tumbuhan dan fauna menurut kategorinya:

Persebaran Flora Di Indonesia

Pembagian Persebaranan tumbuhan di Indonesia hampir sama dengan persebaran fauna yang mencakup Asiatis, Peralihan dan Australis. Berikut klarifikasi masing masing persebarannya:

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Pembagian Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora Bagian Barat atau Asiatis
Persebaran tumbuhan dibagian barat Indonesia ini sanggup disebut persebaran tumbuhan Asiatis. Pembagian tumbuhan ini memiiki kesamaan dengan jenis tumbuhan pada umumnya. Variasi tumbuhan yang terdapat di Asiatis ini bermacam-macam lantaran berada pada hutan hujan tropis. Hutan ini mempunyai kelembapan udara serta curah hujannya yang tinggi lantaran mempunyai iklim hujan tropis. Diwilayah hutan hujan tropis terdapat beberapa jenis tumbuhan ibarat paku, tumbuhan lumut, jamur, tumbuhan meranti, mahohi, damar dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Wilayah kepingan barat Indonesia juga terdapat beberapa jenis hutan adalah hutan musim, hutan bakau, serta hutan sabana tropis. Jenis jenis tumbuhan endemik juga terdapat pada kepingan Asatis ini, contohnya Raflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Pembagian Persebaran Flora di Indonesia Bagian Barat atau Asiatis

Persebaran Flora Bagian Tengah atau Peralihan
Flora yang terdapat dibagian tengah Indonesia ini sanggup disebut tumbuhan kepulauan Wallace. Hal tersebut dikarenakan tempat ini berada di garis Wallace atau garis khayal yang membagi tumbuhan dan fauna Australis dengan tumbuhan dan fauna Asiatis. Wilayah tumbuhan peralihan ini mempunyai kelembapan udara dan curah hujan yang rendah sehingga mempunyai iklim yang kering. Wilayah ini didominasi oleh hutan sabana, stepa tropis maupun hutan pegunungan. Persebaran tumbuhan peralihan menciptakan beberapa tumbuhan rempah tumbuh diwilayah ini ibarat cengkeh, kayu cendana, tumbuhan pala, kayu boni, kayu manis, dan beberapa jenis anggrek.

Persebaran Flora Bagian Timur atau Australis
Persebaran tumbuhan kepingan timur ini mempunyai nama lain persebaran tumbuhan australis. Wilayah Australis didominasi oleh hutan mangrove, hutan pegunungan maupun hutan hujan tropis lantaran mempunyai iklim hujan tropis. Pembagian tumbuhan diwilayah timur Indonesia mempunyai kesamaan dengan pembagian tumbuhan yang terdapat dibenua Australia, contohnya pohon rasamala maupun tumbuhan eucalyptus.

Persebaran Fauna Di Indonesia

Persebaran fauna di Indonesia juga dibagi menjadi tiga kategori ibarat Asiatis, Australis maupun Peralihan. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai pembagian fauna dimasing masing wilayah :

Fauna Bagian Barat atau Asiatis
Persebaran fauna ini hampir sama dengan persebaran tumbuhan lantaran diwilayah kepingan barat juga mempunyai tipe yang hampir sama dengan benua Asia. Persamaan tersebut menjadikan keadaan permukaan bumi terhubung dengan benua Asia sehingga mempunyai satu daratan yang sama pada zaman pleistosen. Wilayah yang tergolong kepingan barat Indonesia mencakup wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Dalam wilayah tersebut sanggup kita jumpai beberapa jenis reptil, mamalia, serangga, ikan, maupun beberapa jenis burung. Hewan endemikpun juga terdapat dalam wilayah ini ibarat orang utan, rino bercula satu, tapir, siamang, ikan pesut dan sebagainya.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna Bagian Tengah atau Peralihan
Persebaran fauna kepingan tengah ini juga terdapat diwilayah Wallace lantaran berada diperbatasan antara fauna Australis dengan fauna Asiatis. Bagian tengah Indonesia ini mencakup wilayah Sumatera dan sekitarnya. Wilayah peralihan ini sanggup kita jumpai beberapa jenis fauna endemik contohnya anoa, komodo, babi rusa, kera hantu/tarsius, dan burung maleo.

Persebaran Fauna Bagian Timur atau Australis
Pembagian fauna yang terdapat diwilayah Australis ini mempunyai kesamaaan dengan persebaran fauna yang terdapat dibenua Australia, contohnya walaby, beberapa jenis primata, kanguru, reptil, maupun beberapa jenis burung. Persebaran fauna kepingan barat ini mencakup wilayah papua dan sekitarnya. Diwilayah Australis juga sanggup kita jumpai beberapa jenis binatang endemik ibarat kasuari, burung cendrawasih, nuri sayap hitam, kanguru pohon mantel emas, hiu karpet berbintik maupun merak gouravictori.

Baca juga: Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

Persebaran tumbuhan yang terdapat di Indonesia mencapai 25.000 jenis tumbuhan atau sebanyak 10% dari pembagian tumbuhan didunia. Sedangkan untuk persebaran fauna di Indonesia sanggup mencapai lebih dari 1500 jenis burung, 500 lebih jenis mamalia, 600 jenis reptil, 100 jenis kupu kupu, dan 250 jenis amfibi. Persebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia juga terdapat beberapa jenis tumbuhan fauna endemik. Namun jenis tumbuhan dan fauna endemik tersebut banyak pula yang hampir punah lantaran ulah manusia. Sebagai generasi penerus bangsa yang baik harusnya terdapat kesadaran bagi kita untuk melindungi jenis jenis tumbuhan dan fauna endemik yang masih ada.Tugas kita sebagai warga Indonesia harus melindungi dan menjaga tumbuhan dan fauna tersebut, bukan malah membuatnya semakin punah.

Demikianlah klarifikasi mengenai pembagian persebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Jagalah jenis tumbuhan dan fauna yang masih ada sebelum mereka benar benar punah. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.