Home Metode Penelitian Metode Penelitian Etnografi (Pengertian, Prinsip Dasar, dan Prosedur Mengerjakannya)

Metode Penelitian Etnografi (Pengertian, Prinsip Dasar, dan Prosedur Mengerjakannya)

72
0

 Pengertian, Prinsip Dasar, dan Prosedur Mengerjakan Metode Penelitian Etnografi_Ada beragam jenis metode yang digunakan dalam program penelitian. Salah satu yang cukup sering dipakai adalah etnografi. Metode penelitian etnografi ini adalah sebuah metode yang diterapkan dalam proyek penelitian ilmu sosial. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai penelitian etnografi dan seperti apa prosedur pengerjaannya.

Metode Penelitian Etnografi_Pengertian, Prinsip Dasar, dan Prosedur Mengerjakannya

Pengertian

Penelitan etnografi didasari pada pengalaman pribadi dan cenderung mengarah ke usaha deksriptif bukan analisis. Metode penelitian yang satu ini bisa berlangsung secara multidisipliner artinya melibatkan beberapa poin penting. Mulai dari studi terhadap budaya, bahasa, serta melibatkan metode historis, wawancara, sekaligus observasi.

Prinsip Dasar Metode Etnografi

Tentunya metode penelitian etnografi ini memiliki prinsip-prinsip dasar yang sangat penting untuk diterapkan. Penting sekali untuk memahami prinsip-prinsip ini agar proses penelitian berlangsung tepat sasaran. Berikut adalah 3 prinsip dari penelitian etnografi:

1. Naturalisme

Penelitian etnografi ini dilakukan sebagai usaha untuk menangkap dan mendalami sebuah karakter. Karakter ini muncul melalui proses yang alami atau natural. Karakter tersebut juga diperoleh lewat proses kontak secara langsung, bukannya melalui rekayasa yang direncanakan.

2. Pemahaman

Prinsip berikutnya adalah pemahaman dimana landasan utama dari penelitian etnografi adalah adanya perbedaan tindakan manusia. Tindakan ini bisa saja merupakan respon dari sebuah stimulus. Agar bisa memahami tindakan tersebut maka dibutuhkan penelitian mendalam mengenai latar belakang budaya.

3. Penemuan

Metode penelitian satu ini dilakukan atas dasar penemuan dari peneliti. Topik yang diangkat dalam penelitian ini merupakan hasil penemuan dari peneliti. Dengan kata lain, penelitian tidak didasari oleh rangkaian hipotesis yang memiliki kemungkinan gagal cukup besar.

Cara Mengerjakan

Tentu ada tahapan yang harus dilalui agar bisa mengerjakan penelitian ini. Metode penelitian etnografi memang sama rumitnya dengan metode lain namun tetap bisa ditaklukkan. Berikut adalah langkah-langkah mengerjakan penelitian etnografi:

1. Pilih Objek Penelitian

Langkah pertama adalah menentukan objek penelitian. Tentukan masyarakat yang cocok dijadikan objek penelitian sesuai dengan topik serta tema proyek penelitian. Tahap ini sering juga disebut finding the field. Di tahap ini peneliti perlu mengumpulkan data budaya serta norma yang berlaku di masyarakat. Pastikan bahwa masyarakat yang dijadikan objek memiliki kebudayaan tertentu sesuai topik penelitian.

2. Lakukan Investigasi

Tahap berikutnya peneliti bisa segera melakukan investigasi agar bisa menemukan serta mengumpulkan data. Di tahap ini peneliti harus sudah masuk ke lapangan penelitian atau disebut juga field work. Pastikan sudah memiliki persiapan atau rencana penelitian yang sudah matang. Tujuan akhirnya adalah memperoleh data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Tafsirkan Data

Jika data sudah terkumpul maka segera lakukan pengolahan data. Peneliti bisa mulai membuat penafsiran berdasarkan data-data yang sudah diperoleh. Di tahap ini peneliti harus melakukan pemeriksaan validitas data. Tujuan dari tahap ini yaitu melakukan analisis apakah datanya bisa diandalkan atau tidak. Peneliti juga perlu membuat perbandingan data untuk mencari kebenaran.

4. Penyusunan Hasil

Berikutnya bisa dilakukan penyusunan hasil berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan di tahap sebelumnya. Tentunya penyusunan hasil ini harus dibuat sejelas-jelasnya. Harus ada juga kesimpulan yang menunjukkan garis besar dari penelitian tersebut. Sebelum menyusun hasil, pastikan untuk berpamitan dengan masyarakat yang dijadikan objek penelitian.

Itulah pembahasan singkat mengenai metode penelitian etnografi. Tentunya dibutuhkan proses yang tidak mudah untuk menyusun penelitian ini. Penyusunan hasil dari penelitian ini pun membutuhkan metode analisis baik secara teoritis maupun praktis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.