Home Metode Pembelajaran Metode Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini secara Efektif

Metode Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini secara Efektif

10
0

 Sains menjadi sebuah bidang ilmu yang punya peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Bidang ilmu ini bisa dipelajari secara efektif sedini mungkin. Tentunya dibutuhkan metode pembelajaran sains untuk anak usia dini mudah sekaligus efektif. 

Metode Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini secara Efektif

Berikut adalah beberapa pilihan metode pendidikan sains untuk anak-anak:

1. Mulai dari Lingkungan Sekitar

Langkah paling mudah dalam memberikan pendidikan sains untuk anak adalah dengan memulainya dari lingkungan terdekat. Sebenarnya ilmu sains itu sangat dekat dengan diri sendiri. Tentu anak bisa mempelajari banyak sekali ilmu sains dengan mengamati lingkungan dan alam yang ada di sekitarnya.

Pembelajaran lewat kegiatan sehari-hari anak akan sangat efektif membantu anak untuk lebih paham.  Misalnya ketika cuaca sedang mendung kemudian turun hujan. Peristiwa ini sudah bisa menjadi pembelajaran sains yang mudah untuk dipahami si kecil. Kemudian tentang fenomena pelangi yang terjadi setelah hujan juga bisa menjadi bahan pembelajaran yang menyenangkan.

2. Optimalkan Fungsi Indra

Cobalah untuk memberikan pelajaran sains dengan mengoptimalkan fungsi indra yang ada di tubuh si kecil. Orang tua bisa mencoba memberikan stimulus agar anak menggunakan indra mereka secara optimal. Misalnya dengan mengajak anak mengenal berbagai jenis tekstur. Bisa dengan mengajak anak menyentuh pasir, menginjak rumput, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, orang tua juga bisa mencoba mengajak buah hati untuk mengenal berbagai jenis aroma bahan makanan. Semakin sering mengoptimalkan fungsi indra maka akan anak akan semakin sensitif. Langkah ini menjadi metode pembelajaran sains untuk anak usia dini paling efektif dan mudah dilakukan.

3. Gunakan Bantuan Buku

Saat ini ada banyak sekali produk buku sains yang bisa digunakan oleh anak-anak. Buku didesain informatif dan menarik sehingga lebih mudah untuk dipelajari oleh anak usia dini. Coba manfaatkan buku-buku seperti ini sebagai fasilitas pembelajaran. Meskipun tak berhadapan langsung, namun belajar dari buku tetap memberikan manfaat yang begitu besar.

Pilih beragam jenis topik menarik seputar dunia sains. Bisa juga digunakan jenis buku yang memiliki fitur sensori. Bacakan satu jenis buku berulang-ulang untuk membantu anak benar-benar paham. Kebiasaan membaca buku ini juga akan sangat bermanfaat di masa depan saat anak tumbuh dewasa.

4. Manfaatkan Video Edukasi

Sarana belajar saat ini semakin beragam dan bertambah canggih. Salah satunya bisa diakses melalui video edukasi. Biasanya anak juga akan lebih mudah mencerna ilmu yang diberikan lewat video. Coba putarkan video edukasi yang membahas mengenai beragam jenis pembelajaran sains.

Video edukasi untuk anak usia dini biasanya dilengkapi dengan lagu dan animasi yang menarik. Hal ini membuat anak jadi tidak merasa bosan untuk belajar dan justru akan lebih bersemangat. Pilih jenis video edukasi yang interaktif sehingga akan membuat anak lebih aktif saat menerima pembelajaran.

5. Lakukan Eksperimen

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak adalah eksperimen. Aktivitas ini bisa membantu anak lebih paham banyak hal seputar dunia sains. Banyak sekali jenis eksperimen sederhana yang bisa dilakukan bersama anak. Misalnya eksperimen mencampur warna-warna untuk menghasilkan warna yang lain. Ide lain adalah eksperimen membuat gelembung dari campuran air dan sabun.

Itulah beberapa metode pembelajaran sains untuk anak usia dini efektif dan mudah diterapkan. Pilihlah cara pembelajaran yang menyenangkan dan jangan memaksa anak. Lakukan proses pembelajaran secara mengalir dan perlahan-lahan sehingga anak akan merasa bersemangat. Jangan lupa, berikan apresiasi setiap anak mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.