Mandi Wajib, Rukun Dan Sunahnya

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Mandi Wajib, Rukun dan Sunahnya
Pada postingan saya kemarin membahas tata cara mandi wajib sesuai sunnah rasulullah SAW. Dan kali ini saya akan melanjutkan dengan judul rukun dan sunah mandi wajib
Dari tata cara mandi wajib tersebut oleh para ulama dipilah mana yang termasuk rukun dan sunnah mandi wajib. Rukun merupakan pokok dan dihentikan kita tinggalkan, sedangkan sunah walaupun ditinggalkan atau tidak kita lakukan tidak akan menjadikan mandi wajib kita menjadi tidak sah.
A.   Rukun Mandi Wajib (janabat)
Setidaknya dalam mandi wajib ada tiga rukun  yang harus dilakukan yaitu:
1.    Niat mandi wajib (janabat)
Dasarnya hukumnya yaitu : “Semua perbuatan itu tergantung pada niatnya. Dan tiap-tiap orang akan mendapat sesuaui dengan apa yang ia niatkan” (H.R. Bukhari & Muslim).
Menurut syariat pengertian niat yaitu menghadapkan hati pada suatu acara dengan mengharap ridho Allah SWT dan melakukan perintah-Nya. Kaprikornus niat tempatnya dalam hati dan tidak wajib untuk diucapkan.
2.    Mebersihkan najis
Membersihkan najis yang melekat pada tubuh bahwasanya merupakan syarat sahnya mandi wajib. Namun, apabila seorang muslim hendak mandi wajib, disyaratkan  agar membersihkan najis terlebih dahulu kalau ada.
3.    Mengguyurkan air ke seluruh tubuh hingga tidak ada yang terlewat
Seluruh tubuh kita harus rata terkekena air, baik kulit maupun rambut dan juga bulu-bulu lainnya. Dari pangkal hingga yang terjuntainya. Segala sesuatu yang sanggup menghalangi datangnya air kepada kulit kita wajib dilepas atau dihapus, menyerupai cat,  lem, dan pewarna kuku atau pewarna rambut apabila sifatnya sanggup mengahalangi datangnya air.
B.   Sunah-sunah mandi wajib (janabat)
Perkara yang termasuk pada sunah mandi wajib  (janabat) yaitu :
1.    Membaca bismillahirrahmaanirrahiim.
2.    Mencuci kedua tangan sebelum kita memasukkannya ke dalam air dalam kolam atau bejana.
3.    Berwudhu terlebih dahulu.
4.    Membersihkan seluruh anggota tubuh hingga merata dengan menggosoknya pakai tangan.
5.    Mendahulukan yang kanan dari anggota yang kiri.
Demikian mandi wajib, rukun dan sunahnya dan semoga goresan pena ini bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawab.
You might also like
close