Home Kesenian Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, Dan Ritmis)

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, Dan Ritmis)

1
0

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)Sekarang ini dunia musik semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi dan zaman. Apalagi kini jenis jenis alat musik banyak ditemui. Macam macam alat musik Barat tersebut sanggup dibagi menjadi tiga jenis yaitu alat musik melodis, alat musik serasi dan alat musik ritmis. Apa itu alat musik melodis? Apa itu alat musik harmonis? Apa itu alat musik ritmis?

Sekarang ini dunia musik semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi dan zaman Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)
Macam Macam Alat Musik Barat

Alat musik Barat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan jenisnya. Masing masing alat musik Barat (melodis, serasi dan ritmis) mempunyai referensi yang berbeda beda. Nah pada pembahasan kali ini aku akan menjelaskan perihal macam macam alat musik barat, baik alat musik melodis, alat musik serasi dan alat musik ritmis. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Macam Macam Alat Musik Barat (Melodis, Harmonis, dan Ritmis)

Dalam pembahasan kali ini aku akan menjelaskan macam macam alat musik barat menjadi tiga kategori yaitu alat musik melodis, alat musik serasi dan alat musik ritmis. Masing masing alat musik tersebut masih sanggup dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Berikut ulasan selengkapnya:

Alat Musik Melodis

Macam alat musik barat yang pertama yaitu alat musik melodis. Alat musik melodis yaitu alat musik yang dimainkan dalam melodi lagu. Adapun beberapa macam alat musik melodis yaitu:

Baca juga : Mengenal Macam Macam Gamelan Jawa Lengkap

Rekorder
Macam alat musik melodis yang pertama yaitu rekorder. Rekorder yaitu macam alat musik barat yang berbentuk alat tiup. Rekorder tersebut terbagi menjadi beberapa jenis sepert rekorder alto, rekorder sopranino, rekorder bass dan rekorder sopran. Rekorder sopran merupakan jenis rekorder yang sering dipakai di sekolah.
Pianika
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu pianika. Pianika yaitu macam alat musik barat bertuts yang cara memainkannya dengan ditiup. Alat musik ini menghasilkan nada kontras pada bilah nada yang warnanya hitam.
Harmonika
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu harmonika. Harmonika yaitu macam alat musik barat yang cara memainkannya dengan meniup dab menghisap udara pada kedua perangkat penggetar yang saling terpisah.
Saxophon
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu saxophon. Saxophon yaitu macam alat musik barat dengan kemampuan verbal dan jangkauan nada besar yang berupa alat tiup bersuara logam. Pada tahun 1846, pertama kali Adolphne Sax membuat alat musik berjulukan saxophon. Alat musik ini sanggup dibagi menjadi beberapa jenis yakni saxophon bariton, sopran, tenor, dan alto. Jenis jenis saxophon tersebut membuat kesetaraan antara kwartet dengan kwartet gesek.
Trompet
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu trompet. Trompet yaitu macam alat musik barat yang mengeluarkan bunyi dengan cara ditiup. Bentuk alat musik ini berupa tabung logam yang sempit, corong yang mengembang dan lebar serta mempunyai lubang silindris.
Hobo
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu hobo. Hobo yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan bunyi yang lembut dengan getaran pengecap yang rangkap. Nada yang sanggup dijangkau oleh alat musik ini yaitu mencapai dua setengah oktaf. Hobo mulai dikenal semenjak zaman Mesir Kuno. Bahkan alat musik ini ditampilkan pada musik konserto pada kurun ke 18. Hobo sanggup dibagi menjadi beberapa jenis yaitu hobo masa kini, hobo cor anglais dan hobo diamore. Alat musik hobo banyak ditampilkan dalam karta Rossini, Bellini dan Berio.

Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Flute
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu flute. Flute yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditiup dengan hasil bunyi yang kaya akan suasana magisnya. Jenis flute kategori modern mempunyai bunyi yang jernih dan gampang untuk dimainkan.
Klarinet
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu klarinet. Klarinet yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara di tiup serta menghasilkan nada nada yang nyaring dan tinggi. Alat musik ini mulai dikembangkan oleh Theoblad Boem. Pada kurun ke 18 pertengahan, alat musik ini berkhasiat untuk musik grup band militer dan orkes,
Biola
Macam alat musik melodis selanjutnya yaitu biola. Biola yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara digesek. Biola menghasilkan nada yang jumlahnya besar dan tinggi sehingga banyak dipakai dalam musik orkestra. Alat musik ini berasa dari hasil karya dari Stradivarius. Bahkan pada awal penciptaannya, biola merupakan jenis alat musik paling baik yang pernah dibuat.

Alat Musik Harmonis

Macam alat musik barat selanjutnya yaitu alat musik harmonis. Alat musik serasi yaitu alat musik yang dimainkan sebagai pengiring melodi lagu yang didalamnya terdapat tugas aktor. Adapun beberapa macam alat musik serasi yaitu:

Piano
Macam alat musik serasi yang pertama yaitu piano. Piano yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara ditekan. Alat musik ini sanggup dimainkan oleh pianis sebagai iringan orkes maupun permainan musik solo. 
Keyboard
Macam alat musik serasi selanjutnya yaitu keyboard. Keyboard yaitu macam alat musik barat yang sejenis organ tunggal. Hasil olahan secara elektronik ini menghasilkan nada dan bunyi yang berwarna.
Electon
Macam alat musik serasi selanjutnya yaitu electon. Electon yaitu macam alat musik barat sejenis keyboard berpipa namun dimainkan dengan cara ditiup. 
Gitar
Macam alat musik serasi selanjutnya yaitu gitar. Gitar yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar mempunyai materi dasar yaitu nilon dan kawat yang berdawai enam. Gitar dipakai untuk pengiring lagu atau musik serta sanggup dimainkan dalam musik tunggal.

Alat Musik Ritmis

Macam alat musik barat selanjutnya yaitu alat musik ritmis. Alat musik ritmis yaitu alat musik yang dipakai untuk mengatur ritme lagu atau jalannya irama musik. Adapun beberapa macam alat musik ritmis yaitu:

Tamborin
Macam alat musik ritmis yang pertama yaitu tamborin. Tamborin yaitu macam alat musik barat yang ibarat alat musik rebana namun disekitar kerangkanya terdapat hiasan kerincing logam ataupun tanpa hiasan. Penggunaan tamborin tersebut biasanya dalam orkes dangdut ataupun modern.
Triangle
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu triangle. Triangle yaitu macam alat musik barat yang terbuat dari baja yang dibuat menjadi lengkung bersegi. Cara memainkan triangle yaitu dengan memukul memakai logam kecil. Triangle tidak menghasilkan nada tetapi mempunyai bunyi yang lembut. Meski begitu dalam grup band atau orkes sering terdengar bunyi denting nyaring dari triangle.

Baca juga : Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik

Tabla
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu tabla. Tabla yaitu macam alat musik barat semacam gendang dari India.
Simbal
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu simbal. Simbal yaitu macam alat musik barat yang dimainkan dengan cara dipukul memakai stik. Suara simbal tersebut sangat bergema sehingga banyak dipakai untuk menandai bab musik yang klimaks. 
Bongo
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu bongo. Bongo yaitu macam alat musik barat yang terdiri dari dua gendang yang pendek dan kecil yang ditata dengan ketinggian berbeda. Cara memainkan bongo tersebut memakai tangan terbuka. Alat musik ini populer di Amerika Latin dengan nuansa musik rumba.
Drum Set
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu drum set. Drum set yaitu macam alat musik barat yang berupa seperangkat alat perkusi. Alat musik ini terdiri dari simbal, snar drum, bass drum, dan tenor drum.
Kastanyet
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu kastanyet. Kastanyet yaitu macam alat musik barat yang berupa lonceng kayu. Cara memainkan alat musik ini dengan memegangnya memakai tangan.
Kabassa
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu kabassa. Kabassa yaitu macam alat musik barat yang baja manik manik bab luarnya diuntai menjadi derik dari Amerika Selatan.
Marakas
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu marakas. Marakas yaitu macam alat musik barat yang berupa sepasang derik dari Amerika Selatan. Marakas terbuat dari labu berongga yang didalamnya terdapat manik manik kayu atau biji bijian. Cara memainkan marakas yaitu dengan menggoyangkannya memakai kedua tangan.
Pauken
Macam alat musik ritmis selanjutnya yaitu pauken. Pauken yaitu macam alat musik barat yang hampir sama dengan genderang atau drum. Alat musik ini biasanya diletakan dibagian belakang alat musik lain sehingga tergolong alat musik simponi. Alat musik puken mempunyai nada yang tinggi rendahnya sanggup di stem.
Sekian klarifikasi mengenai macam macam alat musik barat. Alat musik ini berdasarkan jenisnya sanggup dibagi menjadi alat musik melodis, alat musik serasi dan alat musik ritmis. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here