Letak Astronomis Dan Letak Geografis Indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia – Dalam pelajaran pengetahuan sosial niscaya sudah dijelaskan mengenai letak astronomis dan letak geografis Indonesia. Letak tersebut berfungsi untuk mengetahui suatu tempat menurut garis lintang maupun garis bujur. Garis bujur adalah suatu garis imajiner yang dibentuk secara vertical atau membujur oleh para ilmuan. Sedangkan garis lintang adalah ialah sebuah garis imajiner yang dibentuk secara melintangi bumi secara horizontal untuk mengetahui suatu wilayah. Garis tersebut dibentuk oleh para ilmuan. Kedua garis tersebut sanggup dibagi lagi menjadi dua. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini alasannya pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai letak astronomis Indonesia dan letak geografis Indonesia.

Sejatinya untuk menemukan letak astronomis dan geografis indonesia kita sanggup memperhatikan peta dunia (atlas) ataupun globe yang umumnya sudah memakai garis lintang dan garis bujur sebagai media pemberian memilih letak astronomis dan geografis Indonesia.

baca juga: Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari lebih lanjut perihal letak astronomis indonesia dan letak geografis indonesia serta pengaruhnya untuk kehidupan masyarakat indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan simak klarifikasi di bawah ini dengan seksama.

Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia

Garis lintang sanggup dibagi menjadi dua yaitu garis lintang utara dan garis lintang selatan. Sedangkan garis bujur juga sanggup dibagi dua yaitu garis bujur timur dan garis bujur barat. Garis lintang utara dan selatan tersebut dibatasi oleh sebuah garis yang berjulukan garis khatulistiwa atau garis ekuator. Sedangkan garis bujur barat dan timur dibatasi oleh garis Greenwich Mean Time atau GMT. Garis lintang dan bujur ini sanggup dipakai untuk mengetahui letak astronomis Indonesia dan letak geografis Indonesia. Dengan memakai garis bujur anda sanggup mengetahui bumi itu lingkaran sehingga ketika berlayar akan mengetahui jalan kembali. Cara kerja garis bujur ini adalah melingkari bumi dari arah timur kebarat, kemudian kembali ketimur lagi. Sedangkan garis lintang mempunyai garis khayal yang sanggup menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan.

Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia
Letak Astronomis Indonesia
Berdasarkan pemantauan dari luar angkasa mengatakan bahwa bentuk bumi lingkaran dengan sedikit condong ke satu arah menyerupai orang sedang rukuk kearah matahari. Negara Indonesia terletak disebelah timur sehingga sanggup mengakibatkan ekspresi dominan kemarau sepanjang tahun. Pergantian cuaca dinegara Indonesai terjadi dalam waktu tertentu. Letak astronomis Indonesia berada pada lintang utara 6 derajat dan lintang selatan 11 derajat serta bujur timurnya 95 derajat dan bujur baratnya 141 derajat. Indonesia mempunyai garis khatulistiwa dengan besar garis lintang 0 derajat. Jika dilihat dari globe, negara Indonesia memang terletak disebelah timur. Hal tersebut menimbulkan Indonesia beriklim tropis alasannya disinari matahari secara langsung.
Berdasarkan letak astronomis Indonesia yang dibatasi garis ekuator ini menciptakan negara kita mempunyai dua ekspresi dominan yaitu ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan hujan. Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah serta keberagaman tanaman dan faunanya juga banyak. Selain itu Indonesia juga mempunyai tingkat kesuburan tanah yang cantik alasannya kadar kelembapannya juga seimbang. Letak astronomis Indonesia juga mempengaruhi beberapa bidang pekerjaan menyerupai penerbangan pesawat. Hal tersebut sangat mempengaruhi penerbangan pesawat untuk memilih lokasi. Adapula dampak lainnya yaitu:

Pembagian kawasan waktu menurut letak astronomis dan letak geografis indonesia

Letak astronomis Indonesia juga sanggup mengakibatkan beberapa wilayah mengalami perbedaan waktu. Perbedaan waktu yang terjadi sanggup dibagi lagi menjadi tiga jenis. Jenis perbedaan waktu Indonesia mencakup waktu Indonesia pecahan tengah atau WITA, waktu Indonesia pecahan barat atau WIB, dan waktu Indonesia pecahan timur atau WIT. Untuk wilayah yang berada dibagian tengah dan pecahan barat mempunyai pergeseran garis lintang sebanyak 15 derajat. Namun untuk wilayah pecahan timur dan pecahan tengah juga mempunyai pergeseran wilayah sebesar 15 derajat.

Berdasarkan letak astronomis Indonesia tersebut sanggup diketahui bahwa besar 15 derajat ini hampir sama dengan perbedaan waktu satu jam disetiap wilayah. Maka dari itu untuk wilayah pecahan tengah dengan pecahan barat mempunyai perbedaan waktu satu jam. Contohnya wilayah barat mengatakan pukul 09.00 maka pecahan tengah mengatakan pukul 10.00. Untuk perbedaan waktu diwilayah timur dengan tengah juga berbeda satu jam.

Bagian Timur Beriklim Tropis

Menurut letak astronomis Indonesia juga mengatakan bahwa negara ini mempunyai iklim tropis. Dengan begitu Indonesian juga mempunyai dua ekspresi dominan yaitu ekspresi dominan hujan dan ekspresi dominan kemarau. Wilayah pecahan timur Indonesia mendapat penyinaran matahari secara pribadi sehinga tingkat kelembapan udaranya seimbang. Diwilayah tersebutlah berbagai jenis binatang dan tumbuhan. Wilayah ini juga sanggup menciptakan tanaman dan binatang dengan gampang tumbuh dan berkembangbiak. Negara Inndonesai juga terletak diantara wilayah peralihan Asia maupun Australia. Hal tersebut menciptakan wilayah Indonesia mempunyai keberagaman fauna yang berjenis Australia maupun Asia. Adapula jenis fauna yang termasuk pencampuran jenis Australia dengan Asia.

Letak Geografis Indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia
Letak Geografis Indonesia
Setelah membahas mengenai letak astronomis kemudian aku akan membahas mengenai letak geografis Indonesia. Indonesia dibatasi oleh letak geografis yang mempunyai beberapa negara dengan tingkat keadaan alamnya yang berbeda. Negara Indonesia juga dibatasi oleh samudra Pasifik maupun samudra Hindia. Bedasarkan penglihatan dari luar angkasa maupun globe. Indonesia terletak diposisi silang antara benua Asia dengan benua Australia. Dikarenakan negara ini mempunyai letak yang strategis menciptakan Indonesia menjadi sentra perdaganagn dunia. Negara yang hendak menuju Australia memang harus melewati jalur bahari dri Eropa maupun Asia Barat. Maka dari itu Indonesia mempunyai laba dibidang perdagangan dunia.
Letak geografis Indonesia lebih strategis dibandingkan letak negara lain yaitu terletak diantara dua jalur pegunungan yang tergolong muda diseluruh dunia. Pegunungan yang terletak dibagian timur adalah gunung Sirkum Pasifik dan pegunungan yang terletak dibagian barat adalah gunung Mediterania. Hal tersebut mengakibatkan negara Indonesia mempunyai beberapa gunung berapi yang masih aktif serta mempunyai gunung gunung yang tinggi. Pegunungan yang terletak dinegara Indonesia ini menjadi penyebab rawannya gempa vulkanik yang sering tejadi di wilayah ini.

Letak geografis Indonesia juga sanggup berdampak kepada kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi ini. Pengaruh letak geografis ini mengakibatkan Indonesia mengalami pergantian ekspresi dominan sehingga makhluk hidup yang bergantung kepada cuaca tersebut akan terganggu. Dibawah ini terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan oleh letak geografis Indonesia:

Mempengaruhi Pergantian Musim

Letak geografis Indonesia menimbulkan terjadinya perubahan dua ekspresi dominan yaitu ekspresi dominan kemarau dengan ekspresi dominan hujan. Perubahan ekspresi dominan tersebut mengakibatan adanya angin muson. Saat Indonesia mengalami pergantian ekspresi dominan dari kemarau menjadi hujan atau sebaliknya maka angin muson tersebut akan bertiup selama 6 bulan sekali. Di Indonesia terdapatt dua jenis angin muson yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat biasanya terjadi pada Oktober hingga April. Daerah yang terletak dibagian utara akan mempunyai tekanan udara yang tinggi sehingga akan menimbulkan ekspresi dominan penghujan. Sedangkan angin muson timur terjadi pada April hingga Oktober. Hal tersebut akan menimbulkan kawasan selatan mengalami tekanan udara yang tinggi sehingga akan mengakibatkan ekspresi dominan kemarau.

Menyebabkan Kelembapan Udara Tinggi

Letak geografis Indonesia juga menimbulkan kelembapan udaranya menjadi tinggi. Negara Indonesia memang mempunyai suhu udara yang cukup stabil sehingga ketika ekspresi dominan hujan tidak terlalu hambar dan ketika ekspresi dominan kemarau tidak terlalu panas.
Demikianlah klarifikasi mengenai letak astronomis Indonesia dan letak geografis Indonesia. intinya materi letak astronomis dan geografis Indonesia ini sangat gampang untuk dipelajari alasannya secara pribadi sanggup kita temukan dalam materi geografi di sekolah. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. 

You might also like
close