Lengkap – Download Rpp Matematika Kelas X Sma Kurikulum 2013 (Revisi)

Rajasoal.com – Download RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Revisi)
Selamat tiba di Rajasoal.com Bapak Ibu yang budiman. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP Matematika untuk kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013. Harapannya dengan diuploadnya RPP Matematika ini sanggup menawarkan citra kepada Bapak/Ibu guru–terutama yang gres pada tahun 2016 ini memberlakukan Kurikulum 2013 di sekolahnya, ihwal proses pembelajaran matematika Sekolah Menengan Atas sesuai yang diamanatkan pada Kurikulum 2013.

RPP Matematika untuk kelas X Sekolah Menengan Atas ini disusun oleh teman-teman saya sewaktu diklat dengan mengacu pada draft revisi silabus yang beredar sekitar bulan Februari 2016. Dibandingkan dengan dokumen resmi keluaran pemerintah; yaitu Permendikbud nomor 24 Tahun 2016 yang berisi ihwal KI dan KD untuk semua mata pelajaran baik dari jenjang SD hingga SMA/MA/SMK, ada beberapa perbedaan kecil.

 Download RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum  Lengkap - Download RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Revisi)
download RPP Matematika Kurikulum 2103 Revisi

Maka, kepada Bapak/Ibu guru yang akan mendownload RPP ini saya mohon meluangkan waktu sejenak untuk mencermati daftar KI dan KD yang harus dibelajarkan ke siswa pada Permendikbud nomor 24 tahun 2016.
(Untuk permendikbudnya, anda sanggup mendownloadnya di sini => Permendikbud nomor 24 tahun 2016)

Kemudian jikalau Bapak/Ibu masih ‘concern‘ ihwal sistematika/susunan/struktur/urutan di dalam penyusunan RPP, atau Pengawas Bapak/Ibu menuntut harus menciptakan RPP yang ‘sempurna‘ sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka Bapak/Ibu sanggup membacanya di Permendikbud nomor 22 tahun 2016 kemudian menyesuaikan RPP yang saya upload tadi sesuai dengan yang diminta di Permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Secara umum perencanaan pembelajaran yang harus dibentuk oleh guru meliputi silabus dan planning pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada standar isi.
Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Di dalam standar proses pembelajaran pendidikan dasar dan menengah dijelaskan ihwal silabus dan RPP yang harus dibentuk oleh guru. Berikut beberapa hal penting yang harus diketahui:

Silabus

Silabus merupakan pola penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran. Silabus Sekolah Menengan Atas paling sedikit memuat:

a. Identitas mata pelajaran;
b. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti;
d. kompetensi dasar;
e. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
f. aktivitas pembelajaran;
g. penilaian;
h. alokasi waktu; dan
i. sumber belajar.

Silabus ini nantinya dipakai sebagai pola dalam pengembangan planning pelaksanaan pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas:

a. identitas sekolah;
b. identitas mata pelajaran;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran;
j. media pembelajaran;
k. sumber belajar;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. evaluasi hasil pembelajaran.

Itulah beberapa hal yang perlu Bapak/Ibu ketahui ihwal silabus dan RPP, yang nantinya harus Bapak/Ibu buat.
Sebagai materi bacaan dan referensi, berikut ini ialah RPP matematika kelas X Sekolah Menengan Atas yang sanggup Bapak/Ibu unduh.

Download RPP Matematika Wajib Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulium 2013

RPP 1 – SPL dan Nilai Mutlak.doc
RPP 2 – Sistem Persamaan Linier 3 Variabel.doc
RPP 3 – Fungsi.doc.docx
RPP 4 – Komposisi Fungsi.docx
RPP 5 – Fungsi Invers.doc
RPP 6 – Pengukuran Sudut.doc
RPP 7 – Perbandingan Trigonometri.docx
RPP 8 – Perbandingan Trigonometri Sudut Yang Berelasi.docx
RPP 9 – Identitas Trigonometri.docx
RPP 10 -Aturan Sinus dan Kosinus.docx
RPP 11 – Grafik Fungsi Trigonometri.docx

Demikian RPP matematika wajib untuk kelas X Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 edisi revisi yang sanggup saya bagikan. Semoga ada manfaatnya. Silahkan manfaatkan kolom komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih. Salam.

You might also like
close