Home cpns Kenali Sistem CAT CPNS serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kenali Sistem CAT CPNS serta Kelebihan dan Kekurangannya

20
0

 Kenali Sistem CAT CPNS serta Kelebihan dan Kekurangannya_Tahap pertama dari proses pendaftaran CPNS yaitu dengan melakukan pendaftaran dengan membuka akun SSCASN dan melakukan seleksi administrasi. Berikutnya,  jika dinyatakan lulus, maka pelamar akan mengikuti ujian sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS sesuai dengan lokasi tes masing-masing. Bagaimanakah penjelasan sistem dari ujian tersebut? Berikut ulasannya.

Kenali Sistem CAT CPNS serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pergeseran ke Sistem Berbasis Komputer

Berkembangnya kemajuan di bidang teknologi mempengaruhi sistem pelaksanaan ujian CPNS. Jika zaman dahulu masih diselenggarakan secara manual, dengan menggunakan kertas lembar ujian, namun saat ini sudah tidak lagi berlaku. Pemberlakuan sistem CAT CPNS sudah dimulai dari tahun 2013. Jadi, menghemat penggunaan kertas, yang awal mulanya dijadikan sebagai media pemberian soal.

Masuk ke dalam tes berbasis komputer, di mana hasil dari pengerjaan soal dilakukan secara real time. Berbeda sekali dengan sistem yang berlaku beberapa tahun silam, dimana tim penyelenggara membutuhkan waktu untuk melakukan pemeriksaan secara manual. Hal inilah yang memunculkan kecurigaan publik terhadap pemerintah, sebab banyaknya celah untuk melakukan KKN.

Tentang Sistem CAT

Perlahan namun pasti, setiap perubahan dan pembaharuan pun telah dilakukan dengan menetapkan CAT sebagai sistem yang akan terus digunakan untuk seleksi CPNS. Kehadiran sistem tersebut juga diharapkan agar dapat melahirkan SDM yang jujur dan berkualitas.  

Sebenarnya sistem tersebut tak hanya berlaku dan diterapkan untuk formasi umum, namun juga formasi khusus. Dalam hal ini yang masuk ke dalam kategori tersebut adalah predikat lulusan terbaik, disabilitas serta putra dan putri Papua Barat. Pemberian soal yang diberikan pada setiap peserta akan berbeda, meskipun jarak tempat duduk yang dekat dan bersebelahan.

Pengawas dalam ruangan tersebut biasanya tidak akan banyak, sebab telah tersedia juga CCTV yang akan memantau. Selain itu, ketika peserta akan masuk ke dalam ruangan tes, akan ada pemeriksaan tubuh oleh penyelenggara. Benda yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam ruangan hanya KTP dan kartu tes.

Apabila terdapat barang-barang terlarang yang memicu kecurangan, maka penyelenggara akan meminta untuk memasukkannya ke dalam tas. Hasil ujian dapat dilihat pada monitor di luar ruangan dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu 90 menit. Berbeda dengan penyandang disabilitas sensorik netra, dimana skor akan muncul pada tampilan layar monitornya masing-masing.

Dalam waktu 90 menit, setiap peserta diharuskan untuk menyelesaikan 100 soal yang telah diberikan. Rinciannya terdiri dari soal TWK sebanyak  30, lalu TIU berjumlah 35 dan TKP 35 soal. Pada pelaksanaan tes terdapat beberapa hal penting yang perlu untuk diketahui, salah satunya yaitu dengan menggunakan strategi menjawab soal paling mudah terlebih dahulu.

Kelebihan Sistem CAT

Hadirnya sistem CAT pastinya memiliki sesuatu yang unggul sehingga sistemnya dapat menggantikan sistem terdahulunya. Pemanfaatan kecanggihan teknologi menjadi hal penting bagi perubahan seleksi CPNS. Banyak hal lainnya yang menjadi kelebihannya di antaranya yaitu:

  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui online.
  • Nilai hasil ujian bisa dapat langsung terlihat.
  • Penyediaan soal keseluruhan terinput dalam komputer.
  • Tingkat penilaian yang objektif.
  • Akses dari setiap skor yang didapatkan akan mudah untuk diketahui.

Kekurangan Sistem CAT

Sistem CAT mempunyai banyak kelebihan, namun bukan berarti tidak ada kekurangannya. Menjadi salah satu negara berkembang, membuat pemerataan teknologi belum sepenuhnya memadai. Bagi pelamar yang berasal dari ujung daerah Barat dan Timur tentunya akan mengalami kendala saat melakukan proses pendaftaran.

Penyebabnya dikarenakan proses pendaftaran secara keseluruhan yang menggunakan jaringan internet. Pergi ke kota atau wilayah yang tersedia jaringan internet menjadi solusi yang dapat digunakan saat ini. Semuanya tergantung dari keinginan calon peserta untuk tetap gigih melakukan pendaftaran atau tidak.

Itulah ulasan terkait sistem CAT CPNS yang harus diketahui dan dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan proses pendaftaran. Baca dan simak baik-baik setiap panduan, arahan serta ketentuan dan syarat yang berlaku pada laman SSCASN.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.