Home SNMPTN Jangan Pusing, Ini 6 Tips Lulus SNMPTN Paling Mudah !

Jangan Pusing, Ini 6 Tips Lulus SNMPTN Paling Mudah !

15
0

 SNMPTN menjadi salah satu seleksi untuk dapat menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri yang tentunya sangat ingin bisa dilewati siswa kelas 12 SMA maupun SMK. Ketiadaan tes berbasis komputer seperti UTBK serta seleksi ketat mandiri seperi jaluk Mandiri adalah salah satu alasan SNMPTN selalu dijadikan pilihan pertama. Tidak jarang siswa-siswi ini akan berusaha keras mencari tips lolos SNMPTN.

6 Tips Lulus SNMPTN Paling Mudah

Supaya bisa lolos SNMPTN memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa. Nantinya faktor-faktor ini pulalah yang akan dipertimbangkan pihak PTN untuk menerima atau tidaknya siswa tersebut. Nah, lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan supaya lulus SNMPTN? Simak ulasannya berikut ini:

1. Cari Informasi Valid Tentang SNMPTN

Hal pertama yang perlu dilakukan supaya bisa menjadi salah satu langkah untuk menuju PTN jalur SNMPTN adalah melakukan riset tentang SNMPTN itu sendiri. Informasi ini akan menjadi panduan supaya siswa bisa menilai dari segi mana yang penilaian SNMPTN dilakukan sehingga bisa lolos seleksi.

Tentunya hal seperti ini perlu diperhatikan karena pada dasarnya penilaian SNMPTN tidak hanya bersumber dari penilaian raport. Ada pula nilai akreditasi sekolah yang akan dijadikan salah satu patokan kelulusan siswa atas pengajuan SNMPTN.

2. Pastikan Grafik Rapor Baik

Tips lulus SNMPTN selanjutnya tentunya adalah nilai rapor yang stabil atau bahkan naik setiap semesternya. Mempersiapkan masuk PTN melalui jalur SNMPTN memang harus dipersiapkan sejak kelas 1 SMA. Keadaan nilai stabil sejak semester awal hingga semester 5 ini akan menjadi salah satu penilaian penting yang digunakan PTN untuk menyeleksi siswa.

3. Sisipkan Portofolio Prestasi

Bukan hanya mempersiapkan nilai rapor yang baik namun juga prestasi lain seperti mengikuti perlombaan dan sebagainya bisa jadi penunjang lulus SNMPTN. Menyertakan sertifikat pendukung saat mengikuti berbagai kegiatan akademik maupun non akademik juga bisa disertakan.

Langkah ini merupakan satu tips lulus SNMPTN yang akan menjadi nilai plus saat nanti dilakukan seleksi. Keuntungan lain dari penyertaan sertifikat ini juga akan menambahkan nilai plus bagi siswa yang bersangkutan dan lebih diunggulkan.

4. Tentukan Perguruan Tinggi yang Tepat

Menentukan perguruan tinggi negeri juga harus dipertimbangkan dengan tepat. Penentuan perguruan tinggi ini juga harus dipertimbangkan dari berbagai macam sisi. Salah satu tips yang bisa dilakukan saat memilih perguruan tinggi adalah mencari tahu informasi tentang PTN yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Lihat standar penilaian dari PTN yang bersangkutan.

5. Tentukan Jurusan yang Sesuai

Sama seperti penentuan PTN yang tidak bisa begitu saja dipilih, pemilihan jurusan juga perlu dilakukan dengan pertimbangan matang. Jangan terfokus hanya pada apa yang disuka atau mungkin mengikuti pilihan teman. Memperrtimbangkan dari segala aspek tentu penting dilakukan. Salah satunya adalah melihat peluang kemungkinan diterimanya di suatu jurusan.

Siswa bisa melihat berapa jumlah kuota yang dipersiapkan setiap jurusan pada setiap PTN lalu, pertimbangkan dengan minat yang banyak diincar oleh sebagian siswa. Apabila kuota yang dipersiapkan misalkan adalah 20 tapi peminatnya ada di angka 30 maka, kemungkinan persaingan juga akan semakin ketat. Bila hal ini terjadi tentunya kemungkinan diterima juga akan semakin kecil.

6. Siapkan Jurusan Cadangan

Memiliki jurusan lain sebagai back up dari jurusan pertama bila tidak diterima juga bisa menjadi solusi. Tentukan jurusan cadangan ini memiliki peminat yang tidak terlalu banyak. Hal ini bisa dilakukan bila memang siswa yang bersangkutan tidak terlalu memikirkan tentang jurusan dan hanya mengejar universitas impian.

Namun, melakukan hal seperti ini tentu juga bisa beresiko bila asal memilih jurusan karena itu pastikan juga bahwa jurusan cadangan ini juga masih mampu dijalankan nantinya. Tentunya supaya saat nantinya telah menjadi mahasiswa dalam jurusan tersebut tidak akan merasa kesulitan mengikuti pembelajaran.

Nah, itulah tadi tips lulus SNMPTN yang bisa dilakukan. Tentunya dengan mempersiapkan segalanya dari awal masuk SMA atau SMK akan menjadi bekal baik untuk bisa masuk ke PTN impian nantinya. Melakukan banyak kroscek tentang PTN impian serta riwayat alumni dari SMK atau SMA bersangkutan saat di PTN impian juga penting diperhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.