Home Bahasa Indonesia Jadwal Unbk 2019 Smp, Sma, Dan Smk Beserta Persiapannya

Jadwal Unbk 2019 Smp, Sma, Dan Smk Beserta Persiapannya

1
0

Jadwal UNBK 2019 SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan Beserta Persiapannya – Memasuki bulan maret dan april saatnya pelaksanaan ujian nasional tiba. Ujian nasional ini dilaksanakan untuk akseptor didik yang telah duduk di tingakt paling tinggi di setiap jenjang pandidikan yaitu keas XI Untuk SMA/ Sekolah Menengah kejuruan atau kelas IX untuk jenjeng SMP. UNBK 2019 ini menjadi lebih menarik lantaran palaksanaannya yang selalu mengalami perubahan baik dari segi aturan, tata cara dan aktivitas UNBK 2019 dari tahun ke tahun. Dengan diberlakukannya ujian nasional berbasis komputer ini diharapkan ujian nasional sanggup lebih efisiensi, mutu, reliabilitas, dan integritas sanggup ditingkatkan. Yang perlu siswa lakukan selanjutnya yakni berguru dan mencatat aktivitas UNBK 2019 untuk Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas ataupun SMK.

Namun meskipun terdengar lebih efektif, Pelaksanaan UNBK 2019 ini tidak terlepas dari problematika yang ada ibarat hambatan jaringan internet yang tidak stabil, masih banyaknya sekolah yang belum memenuhi standar dan kriteria UNBK ditambah kurangnya sosialisasi aktivitas UNBK 2019 untuk para siswa sehingga terkesan kurangnya persiapan management pendidikan.

Jadwal UNBK 2019 SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan Beserta Persiapannya

Pada tahun 2017 ini pelaksanaan ujian diawali dengan Ujian sekolah berbasis komputer yaitu USBN pada bulan maret bagi jenjang SMA/SMK dan April bagi jenjang SMP. Setelah itu dilanjutkan dengan UNBK yang direncanakan akan dilaksanakan pada April – Mei 2017. Kemendikbud telah menetapkan aktivitas UNBK 2019 untuk masing-masing jenjang ibarat berikut ini :

  1. Jenjang Sekolah Menengan Atas dan MA, Ujian Nasional dilaksakanakan pada tanggal 9 hingga 12 April 2019, sedangkan ujian nasional gelombang ke dua dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 April 2019. Sedangkan mata pelajaran yang di ujiankan pada jenjang Sekolah Menengan Atas yakni mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Sedangkanuntuk jenjang Sekolah Menengah kejuruan yakni mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.
  2. Jadwal UNBK 2019 Sekolah Menengah kejuruan akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 5 april 2019 lebih cepat dari aktivitas UNBK Sekolah Menengan Atas 2019. Mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian nasional yakni matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris dan kejuruan.
  3. Jadwal UNBK 2019 Sekolah Menengah Pertama akan dilaksanakan pada 23 hingga 26 april 2019 dengan mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang  SMP yakni mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan IPA.

Pelaksanaan dan aktivitas UNBK 2019 akan dibagi menjadi dua gelombang, hal ini mempunyai tujuan semoga akseptor didik yang sekolahnya belum bisa melakukan UNBK secara sanggup bangun diatas kaki sendiri sanggup memakai komputer dan mengikuti UNBK di sekolah lain pada rayon terdekat. Dengan demikian tidak akan ada lagi pelaksanaan ujian nasional yang berbasis kertas dan seluruh sekolah sanggup melakukan UNBK sesuai dengan kode yang telah di berikan oleh kemendiknas.

 Memasuki bulan maret dan april saatnya pelaksanaan ujian nasional tiba Jadwal UNBK 2019 SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan Beserta Persiapannya
Jadwal UNBK 2019

Ujian Nasional merupakan serangkaian ujian simpulan yang di selenggarakan tiap jenjang pendidikan pada siswa dengan tingkatan kelas paling akhir. Disebut sebagai ujian nasional lantaran ujian ini di laksanakan serentak secara nasional dengan aktivitas dan mata pelajaran yang sama. Disamping mencatat aktivitas UNBK 2019 baik SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan juga harus ulet dalam berguru lantaran beberapa mata pelajaran yang diujiankan pada ujian nasional diantaranya yakni mapel bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan kejuruan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Baca juga:  6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian nasional yang dilaksanakan sekarang lebih modern dan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. hal ini disebabkan lantaran pembenahan infrastruktur perangkat komputer dan internet di Indonesia sudah semakin baik. Selain mengetahui aktivitas UNBK 2019, kita juga harus mengetahui beberapa fakta menarik yang hadir seputar UNBK 2019 nanti, berikut diantaranya:

  1. Waktu pengerjaan soal lebih cepat, dalam pelaksanaan UNBK 2019 waktu yang diharapkan oleh akseptor ujian lebih cepat bila dibandingkan dengan ketika memakai kertas. Hal ini dikarenakan pada UNBK akseptor tidak perlu lagi mengitamkan lembar tanggapan dan menjaga kebersihan serta kelayakan lembar tanggapan tersebut. Sehingga akseptor ujian lebih fokus pada soal yang dihadapi.
  2. Terdapat proktor dan teknisi tiap ruang ujian, Anda tidak perlu khawatir ketika hendak melakukan UNBK. Umumnya yang menjadi ketakutan dalam menghadapi UNBK bukan hanya di soal ujin namun duduk perkara teknispun menjadi kecemasan tersendiri bagi tiap akseptor namun tidak usah khawatir lantaran dalam setiap ruang ujian terdapat proktor dan teknis yang bertugas untuk meastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar tanpa ada duduk perkara teknis.
  3. Jadwal UNBK 2019 jenjang Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan sudah niscaya dan tidak akan berubah sama sekali, jadi siswa harus ulet berguru bila ingin lulus ujian.
  4. Soal lebih kompleks dan beragam, dalam UNBK 2019 paket soal yan ada di setiap indiidu berbeda. setiap akseptor akan mengerjakan soal yang berbeda. walaupun ada sola yang sama maka nomor dan optionnya akan acak sehingga sangat sulit untuk bekerja sama antara sesama peserta. Hal ini menjadikan pelaksanaan ujian jauh lebih jujur.

Itulah aktivitas UNBK 2019 SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan yang sanggup saya sampaikan dalam artikel kali ini. dalam mempersiapkan UNBK 2019 yang akan datang, kita harus rajin belajar. Jika merasa kesulitan dalam berguru sendirian maka hendaknya kita berguru secara berkelompok bersama sahabat sahabat kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here