Home artikel Inilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana?

Inilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana?

11
0

Amongguru.comInilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana?

IQ (Intelligence Quotient) merupakan istilah yang biasa dipergunakan untuk menjelaskan tingkatan kecerdasan seseorang.

IQ sering dijadikan sebagai indikator untuk mengukur kemampuan berpikir, berkomunikasi, mengetahui, memahami, menganalisis, menentukan, dan menjelaskan sesuatu yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan seseorang dapat diukur degan menggunakan alat psikometri yang biasa dikenal sebagai tes IQ. Tes IQ ini pada umumnya dilakukan melalui psikotest dengan berbagai metode.

Untuk memahami lebih lanjut tentang IQ ini, berikut adalah 10 tingkatan IQ manusia dan ciri-cirinya.

 merupakan istilah yang biasa dipergunakan untuk menjelaskan tingkatan kecerdasan seseoran Inilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana?
Inilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana?

1. Idiot (IQ = 0 – 29)

Idiot adalah tingkatan kecerdasan otak yang paling rendah. Orang idiot tidak mampu berkomunikasi dan hanya memiliki sedikit kata saja Di dalam mengurus kepentingan pribadi, mereka selalu membutuhlan bantuan orang lain.

Kecerdasan orang idiot sama dengan anak-anak normal pada usia 2 tahun. Pada umumnya, anak idiot tidak memiliki umur panjang, karena lemahnya daya tahan tubuh.

2. Imbecile (IQ = 30 – 40)

Anak-anak pada kategori imbecile sudah mampu belajar berkomunikasi dan mengurus kepentingan pribadi, tetapi masih harus selalu diawasi. Kecerdasannya sama dengan anak-anak usia 3 – 7 tahun. Anak-anak yang imbecile disarankan untuk selalu diberi latihan-latihan yang sederhana.

3.  Debil (IQ = 50 – 69)

Anak-anak dengan IQ pada tingkatan debil, sampai tahap tertentu masih bisa dididik untuk belajar menulis, membaca dan berhitung sederhana.

Di dalam mengembangkan kemampuannya, dapat diberikan kegiatan-kegiatan rutin yang tidak membutuhkan perencanaan ataupun pemecahan masalahn. Anak-anak kategori debil pada umumnya bersekolah di sekolah-sekolah luar biasa.

4.  Bordeline (IQ = 70 – 79)

Kecerdasan anak pada tingkatan IQ ini meskipun lebih baik dari ketiga tingkatan sebelumnya, tetap masih di bawah anak-anak normal. Kemampuannya dapat dikembangkan dengan kerja keras, bersusah payah, dan memiliki banyak hambatan. Anak-anak bordeline ini sudah mampu bersekolah di sekolah dasar umum, tetapi akan kesulitan ketika berada di jenjang selanjutnya,

5. Below Avarage (Normal rendah, IQ = 80 – 89)

Anak-anak pada kategori ini sudah dapat disebut kelompok anak-anak normal, tetapi tingkatannya pada tingkatan terendah. Anak-anak dengan kategori below avarage tidak bisa terburu-buru dalam proses belajar. Mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA.

6.  Normal Sedang (IQ = 90 – 109)

Kategori normal sedang adalah kategori anak-anak normal. Pada umunya anak-anak berada di tingkat ini, dapat mengikuti pendidikan formal dengan cukup baik, meskipun akan sering menemukan kesulitan.

7.  Above Average (Normal Tinggi, IQ = 110 – 119)

Kategori normal tinggi adalah kelompok orang dengan kemampuan yang normal, akan tetapi kemampuannya tersebut berada pada tingkatan tinggi. Anak-anak pada tingkatan ini umumnya mampu mengikuti pendidikan formal dengan baik tanpa menemukan kesulitan yanng berarti, meskipun tidak istimewa.

8. Superior (Cerdas, IQ = 120 – 19)

Anak-anak pada kategori superior, akan sangat berpotensi berhasil dalam pendidikan formal, jika dilihat dari kemampuan otaknya. Pada kelas-kelas umum, mereka akan tampak lebih saat berpikir dan memiliki prestasi akademik yang tinggi

9. Very Superior (Sangat Cerdas, IQ = 130 – 139)

Ciri-ciri seseorang dengan tingkatan kecerdasan ini adalah memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal menulis, membaca, mudah memahami ilmu-ilmu eksak dengan mudah, bijak mengatur keuangan, dan cepat memahami sesuatu. Anak-anak yang berada di kategori very superior umumnya menonjol dalam ketangkasan, kesehatan, dan kekuatan.

10.  Genius (IQ = lebih dari 140)

Orang-orang degan tingkatan kecerdasan genius kemampuan yang luar biasa. Mereka cepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan mampu menemukan hal-hal baru meskipun tidak mengikuti pendidikan formal. Albert Einstein adalah contoh dari orang-orang yang jenius.

Demikian deretan 10 tingkatan IQ manusia untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.