Home Universitas Ini 5 Universitas yang Menyediakan Ekstensi D3 Ke S1 dengan Biaya Bervariasi

Ini 5 Universitas yang Menyediakan Ekstensi D3 Ke S1 dengan Biaya Bervariasi

54
0

 Tuntutan pekerjaan atau kenaikan jabatan di pekerjaan terkadang membuat  seseorang harus bergelar S1, meski gelarnya saat itu adalah D3. Untuk mewujudkannya, ada universitas yang menyediakan ekstensi D3 ke S1, tentunya dengan cara ini, orang tersebut tak perlu mengulangi semua mata perkuliahan.

Ini 5 Universitas yang Menyediakan Ekstensi D3 Ke S1 dengan Biaya Bervariasi

Ekstensi biasanya juga diperuntukkan untuk orang yang berstatus sebagai pekerja. Bagaimanapun juga, program D3 lebih banyak disisipi praktek ketimbang teori. Dengan mengambil program lanjutan S1, maka akan menambah berbagai teori yang bisa diperoleh. Jadi, teori dan praktik dapat diterapkan secara bersamaan secara lebih baik. Adapun, universitas yang dapat dipilih antara lain:

1. Universitas Gunadarma

Kampus swasta ini dapat dijadikan pilihan untuk melanjutkan program ekstensi dari D3 ke S1. Meski terbilang mahal, namun fasilitas di kampus ini terbilang lengkap. Hal itu tentunya dapat memberikan keuntungan saat proses pembelajaran, sehingga belajar pun terasa lebih menyenangkan.

Teruntuk program lanjutan dari D3 ke S1, waktunya tidak Lama. Hanya membutuhkan sekitar dua sampai tiga  tahun tergantung dari seberapa banyak mata perkuliahan yang diambil serta seberapa giat pembelajarannya. Sedangkan, tidak semua prodi  disediakan program ini.

Beberapa prodi yang menyediakan program lanjutan seperti manajemen, akuntansi serta sistem informasi serta beberapa jurusan lainnya. Biayanya pun bervariasi dan disesuaikan dengan jurusannya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs resminya, Universitas Gunadarma.

2. UI

Universitas Indonesia (UI) termasuk kampus impian setiap orang di Indonesia. Predikat UI sebagai kampus terbaik ini juga membuatnya banyak diminati. Tersedia pula ekstensi dari jenjang D3 ke S1. Ekstensi tersedia di ekonomi, kesehatan masyarakat, teknik, komputer, keperawatan serta FISIP. Jurusannya sendiri bermacam-macam.

Ada jurusan dengan program lanjutan yang dapat dimasuki. Misalnya, FISIP tersedia jurusan administrasi niaga dan fiskal. Dari teknik dengan program lanjutannya di jurusan kimia, industri, sipil dan sebagainya. Kemudian, pada fakultas ilmu komputer tersedia sistem informasi. Penjelasan terperincinya, dapat diperoleh di situs resmi Universitas Indonesia.

3. UNJ

Universitas yang menyediakan ekstensi D3 ke S1 lainnya adalah Universitas Negeri Jakarta atau biasa dikenal dengan sebutan UNJ.  Di UNJ juga disediakan program ekstensi yang beragam. Ada jurusan akuntansi, manajemen serta teknik mesin.

Ada juga jurusan lainnya seperti pendidikan busana, tata boga dan tata rias. Tak perlu khawatir, untuk biayanya sendiri juga bervariasi tergantung dari jurusan apa yang pilih. Setiap jurusan memiliki range biaya yang berbeda-beda. Terkait, informasinya bisa langsung menuju ke situs resmi Universitas Negeri Jakarta.

4. UNAIR

Universitas Airlangga atau UNAIR ini juga tersedia program ekstensi seperti halnya kampus sebelumnya. Sejumlah prodi dapat dilanjutkan dari D3 ke S1. Prodi-prodi tersebut juga beragam dan berasal dari fakultas yang berbeda.

Program ekstensi tersedia di jurusan kesehatan masyarakat, bidan, sastra inggris, akuntansi, manajemen serta perpustakaan serta beberapa jurusan lainnya. Biayanya pun beragam, tergantung dari jurusan apa yang dipilih di kampus tersebut. Terkait informasinya bisa didapatkan di situs resmi Universitas Airlangga.

5. Universitas Mercu Buana

Universitas swasta ini juga tersedia program ekstensi dari jenjang D3 ke S1. Meski begitu,kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan kamus negeri lainnya. Beberapa prodi  tersedia di program tersebut. Prodi-prodinya juga berasal dari fakultas yang berbeda.

Salah satu prodi yang dapat dijadikan pilihan adalah manajemen. Ada juga jurusan teknik informatika, akuntansi serta sistem informasi. Biayanya pun dapat dibayar dengan mencicil. Untuk informasinya bisa didapatkan ke web resmi Universitas Mercu Buana.

Nah, ulasan di atas adalah universitas yang menyediakan ekstensi D3 ke S1. Tak perlu bingung jika akan menempuh pendidikan menuju jenjang selanjutnya. Universitas tersebut dapat dipilih. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan serta alokasi dana yang dipunyai saja. Semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.