Guru Pembelajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para guru Indonesia untuk sama-sama mengatakan pada bangsa. Para guru Indonesia, kata dia, harus menampilkan bahwa guru Indonesia itu pembelajar.

“Dalam kesempatan peringatan Hari Guru ini saya ingin mengajak Ibu dan Bapak Guru untuk sama-sama mengatakan pada bangsa tercinta ini bahwa guru Indonesia yakni guru pembelajar,” ujar Anies dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2015 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (25/11).

Anies juga menilai, guru selalu hadir mengirimkan pesan keinginan terhadap generasi bangsa ini. Guru juga akan semakin menjadi contoh sempurna lantaran ketangguhan, optimisme dan keceriaannya. Dia mengajak seluruh guru untuk meneguhkan ikhtiarnya untuk terus berguru dan menyebarkan diri.

Menurut Anies, pengembangan diri guru dan pesan yang tersirat akan terus berguru bukanlah untuk pemerintah semata. Ini juga bukan untuk kepala sekolah maupun dinas pendidikan juga. Namun hal ini semua untuk setiap pendidikan yang merupakan para pembelajar.

Usai upacara, Anies juga menyatakan akan terus mendorong para guru untuk terus berkarya. Oleh lantaran itu, Kemendikbud berjanji akan memfasilitasi ruang khusus bagi mereka. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menjelaskan, salah satu ruang berkarya yakni Simposium Guru Nasional.

Kegiatan yang dihelat sebagai rangkaian peringatan Hari Guru Nasional ini direncanakan akan dilakukan secara terencana di banyak sekali daerah. Kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi biar para guru dapat memunculkan lebih banyak karya ibarat di simposium.

You might also like
close