Full Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas 2021

63
0

Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas 2021

Rajasoal.com. Tema dan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas Tahun 2021 telah dipublikasikan melalui Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021.

Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 akan jatuh pada hari Minggu, 2 Mei 2021. Hari Pendidikan Nasional merupakan hari nasional yang bukan hari libur dan diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Hari Pendidikan Nasional ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari nasional bukan hari libur bertujuan salah satunya untuk memperingati kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia, pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, yaitu Ki Hajar Dewantara.

Terkait dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, di dalam pedoman peringatan disampaikan beberapa hal penting.

Salah satu hal penting tersebut adalah mengenai pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021.

Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat dilakukan secara tatap muka, terbatas, minimalis. Upacara juga menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelanggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah zona oranye dan merah, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Baca : Pedoman Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Hardiknas 2021

Hal penting lainnya, yaitu mengenai bentuk kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021. Mendikbud mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 dan memeriahkannya secara kreatif.

Kegiatan yang dilakukan juga harus dapat menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020

Pembuatan tema dan logo peringatan Hardiknas Tahun 2020 tentu memiliki relevansi dengan tujuan pelaksanaan peringatan.

Sebagaimana diketahui bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 masih berada pada masa pandemi Coronavirus Disesase 2019 (Covid-19).

Peserta didik diharapkan untuk tetap terus belajar meskipun di tengah pandemi Covid-19. Seluruh komponen pendidikan bersama-sama secara serentak bergerak mewujudkan kebijakan pendidikan, yaitu program Merdeka Belajar.

Untuk itulah, maka tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Sedangkan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Setiap satuan pendidikan. kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor pewakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau agar turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, dan media sosial dengan menggunakan tema dan logo tersebut.

Logo dan template MLR Peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas 2021 dapat di unduh pada link berikut.

  • Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 – Unduh
  • Template MLR Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 – Unduh

Demikian tema dan logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas 2020. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.