Home Info Guru Full Tata Cara Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah...

Full Tata Cara Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah 2021

186
0

Tata Cara Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah 2021

Rajasoal.com. Tata cara pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 perlu dipahami oleh Calon Peserta Didik yang akan melakukan pendaftaran PPDB secara daring.

Tata cara pendaftaran PPDB daring tersebut secara khusus tertuang Petunjuk Teknis Juknis PPDB SMA SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis PPDB SMA SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah 2021

Dengan memahami prosedur PPDB daring yang dirancang secara real time ini, maka Calon Peserta Didik akan lebih mudah menentukan pilihan studi lanjut dan mendapatkan layanan informasi secara cepat terkait pendaftaran PPDB.

Penyelenggara PPDB Tahun Ajaran 2021/2022 adalah setiap Satuan Pendidikan SMA Negeri dan SMK Negeri di Provinsi Jawa Tengah berdasarkan manajemen berbasis sekolah yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Di dalam penyelenggaraan PPDB Tahun Ajaran 2021/2022, Calon Peserta Didik  yang mendaftar pada Satuan Pendidikan SMA Negeri dan SMK Negeri di Provinsi Jawa Tengah tidak dipungut biaya apa pun.

Terdapat 4 (empat) jalur dalam pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022, yaitu Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, dan Jalur Prestasi.

Zonasi adalah pembagian wilayah Calon Peserta Didik berdasarkan jarak (radius) domisili sesuai alamat pada kartu keluarga dengan Satuan Pendidikan yang ditetapkan oleh Kepala Dinas berdasarkan usulan Kepala Satuan Pendidikan dengan melibatkan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Jalur afirmasi diperuntukkan bagi Calon Pesertia Didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang termasuk anak panti asuhan, dan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19, dan yang melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid 19.

Jalur PPDB perpindahan tugas orang tua/wali, yaitu jalur yang disediakan bagi Calon Peserta Didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali yang pembuktiannya dengan surat penugasan orang tua/wali.

Tata Cara Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah 2021

Berikut ini adalah tata cara pendaftaran PPDB SMA Negeri dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021/2022.

1. Calon peserta didik yang telah melakukan input data awal pada sekolah asal yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, jenjang pendidikan SMP/Sederajat dan lulusan tahun pelajaran 2020/2021.

a. Pengajuan Akun

  • Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdb jatengprov.go.id.
  • CPD memasukan kata kunci yarg meliputi: MSN, NIK, dan Tanggal lahir.
  • Jika data CPD telah sesuai dengan kata kunci, CPD melakukan unggahpakta integritas.
  • Selanjutnya CPD melakukan persetujuan pengajuan akune. CPD mencetak bukti pengajuan akun yang di dalamnya tertera nomor peserta dan token.
Baca : Ketentuan PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021

b. Aktivasi Akun

  • Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdbjatengprov. go. id pada laman “Aktivasi”.
  • CPD memasukkan Nomor Peserta dan token yang telah diperoleh dari proses sebagimana tersebut dan dalam Pengajuan Akun CPD melengkapi alamat email (optional)
  • Langkah terakhir, CPD membuat kata kunci (password). Kata kunci ini akan digunakan ketika masuk/login ke situs PPDB

2. Calon peserta didik yang belum melakukan input data, yaitu CPD yang merupakan lulusan sebelum tahun pelajaran 2020/2021, lulusan luar provinsi Jawa Tengah, lulusan Pendidikan Non Formal (Paket B) dan lulusan tahun pelajaran 2020/2021 yang belum input data, melakukan input data pada satuan pendidikan SMA/SMK Negeri di wilayah Kabupaten/Kota dengan ketentuan sebagai berikut.

a. Pengajuan Akun. Calon peserta didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdbjatengprov.go.id.

b. CPD yang belum melalukan input data diminta melengkapi data pada formulir “info peserta” secara mandiri dan mengunggah dokumen pendukung, meliputi:

  • Kartu Keluarga (bagi pendaftar luar provinsi dan lulusan sebelum tahun pelajaran 2020/2021).
  • Surat Keterangan Nilai Rapor (rerata 5 semester untuk 4 mata pelajaran yang ditentukan)Piagam/Sertifikat Kejuaraan yang paling tinggi (bagi yang memiliki).
  • Bukti kepemilikan kartu Program Indonesia Pintar (PIP/KIP) (bagi yang memiliki).
  • Surat keterangan domisili pondok pesantren (bagi yang memiliki).
  • Surat keterangan pindah tugas orang tua/wali (bagi yang memiliki).
  • Pakta integritas.
  • Surat Pernyataan Sehat bagi calon peserta didik SMK.

c. Setelah mengisi secara lengkap, CPD akan mendapatkan bukti pengajuan akun yang didalamnya tertera nomor peserta dan tokend. CPD menunggu pengajuan akun diverifikasi oleh operator padasatuan pendidikan SMA/SMK Negeri.

d. Aktivasi Akun

  • Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB denganalamat https://ppdbjatengprov. go. id pada laman “Aktivasi”.
  • CPD memasukkan Nomor Peserta dan token dan dalam Pengajuan Akun CPD melengkapi alamat email (optional).

3. Cara pendaftaran

a. Membuka situs PPDB Daring dengan alamat https://ppdbjatengprov.go.id.

b. Menginput nomor peserta dan kata kunci (password) pada laman login.

c. Calon Peserta Didik yang sudah memenuhi syarat akan mengakses laman pilih sekolah.

d. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan mencetak bukti pendaftaran yang di dalamnya terdapat nomor pendaftaran.

e. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

Demikian tata cara pendaftaran PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.