Home Bank Soal Full Soal Online IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas 7 SMP K13

Full Soal Online IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas 7 SMP K13

13
0

Soal Online IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas 7 SMP K13

Rajasoal.com. Berikut ini dibagikan latihan soal online IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013.

Latihan soal online IPA Kurikulum 2013 ini untuk membantu belajar peserta didik kelas 7 SMP MTs dalam memahami materi Sistem Organisasi Kehidupan.

Kompetensi Dasar yang harus dicapai pada aspek pengetahuan materi Sistem Organisasi Kehidupan untuk peserta didik kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.

3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.

Ringkasan Materi

Struktur organisasi kehidupan dari tingkatan terkecil ke terbesar terdiri, yaitu : sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme.

1. Sel

Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup. Makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel disebut makhluk hidup uniseluler. Sedangkan makhluk hidup yang tersusun atas banyak sel dinamakan makhluk hidup multiseluler.

Berdasarkan ada atau tidaknya membran inti, maka sel dibedakan menjadi dua, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti, contohnya sel pada hewan bersel satu. Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang sudah memiliki membran inti, yaitu pada makhluk tingkat tinggi.

2. Jaringan

Pengertian jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Pada hewan vertebrata, terdapat empat macam jaringan utama, yaitu jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot, dan jaringan syaraf.

Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan parenkim, jaringan penyokong, dan jaringan pengangkut.

3. Organ

Organ adalah sekumpulan jaringan yang memiliki fungsi dan struktur sama. Contoh organ yang dimiliki hewan tingkat tinggi dan manusia, antara lain mata, paru-paru, jantung, hati, lambung, ginjal, telinga, dan kulit.

Organ-organ pokok yang terdapat pada tumbuhan adalah akar, batang, dan daun. Daun tersusun atas jaringan epidermis, jaringan palisade, jaringan spons, dan jaringan pengangkut.

Organ penting lainnya dari tumbuhan adalah bunga. merupakan adalah alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

4. Sistem organ

Sistem organ adalah kumpulan organ-organ yang menjalankan fungsi tertentu dan membentuk suatu sistem.

Misalnya, sistem pencernaan dibentuk oleh organ mulut, kerongkongan, lambung, usus haus, usus besar, dan anus.

Contoh sistem organ pada hewan vertebrata dan manusia, antara lain sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem syaraf, sistem pengeluaran, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem rangka, dan sistem otot.

Contoh sistem organ pada tumbuhan, antara lain sistem transportasi, sistem pernapasan, sistem transpirasi, dan sistem gerak.

Untuk sistem transportasi pada tumbuhan meliputi organ daun, batang, dan akar. Sistem pernafasan tumbuhan mencakup organ daun, batang, dan akar.

Sistem transpirasi tumbuhan pada organ daun melalui stomata, sedangkan sistem gerak pada tumbuhan melibatkan akar, daun, dan batang.

Rangkuman materi Sistem Organisasi Kehidupan secara lengkap dapat dibaca pada artikel berikut.

Soal Online IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas 7 SMP K13

Latihan soal online IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban

Peserta didik dapat langsung mengerjakan soal online IPA tersebut dan mengetahui perolehan nilainya.

Berikut adalah tampilan latihan soal online IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013.

 

Demikian yang dapat dibagikan mengenai latihan soal online IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.