Home Bank Soal Full Sebutkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu angin!

Full Sebutkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu angin!

29
0

Sebutkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu angin!

Jawab :

Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan bunga yang penyerbukannya dibantu angin.

  • Bunga berukuran kecil, tidak berbau, dan tidak memiliki kelenjar madu.
  • Tidak mempunyai mahkota bunga.
  • Memiliki serbuk sari banyak, ringan, kecil, kering, dan permukaannya halus.
  • Kepala putik besar dan menyembul keluar, sehingga mudah menangkap serbuk sari.

Penjelasan Tambahan :

Anemogami adalah proses penyerbukan yang dibantu oleh angin (anemo = angin). Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara anemogami adalah padi, jagung, rumput, tebu, dan alang-alang.

Proses penyerbukan sangat singkat, yaitu angin yang datang akan meniup serbuk sari bunga, sehingga serbuk sari lepas dari tangkai dan nantinya akan terbawa menuju ke bagian kepala putih bunga.

Pada bunga yang penyerbukannya dibantu angin, ukuran mahkota bunganya lebih kecil dibandingkan dengan bunga yang penyerbukannya dibantu hewan.

Hal ini dikarenakan agar memudahkan menerima serbuk sari dari bunga lain yang terbawa oleh tiupan angin. Selain itu agar proses reproduksi berlangsung lebih efisien.

Di dalam penyerbukan yang dibantu oleh angin, warna bunga tidak terlalu mencolok. Pada penyerbukan yang dibantu angin, tidak perlu menarik perhatian serangga untuk membantu penyerbukan.

Pada tumbuhan bunya yang penyerbukannya dibantu angin, tidak memiliki kelenjar madu (nektar) sebagai pemikat untuk mendatangkan hewan serangga.

Bagian serbuk sarinya sedikit berbulu beratnya juga sangat ringan sehingga sangat memudahkan angin untuk membawanya dalam jumlah banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.