Home Bank Soal Full Sebutkan 3 (tiga) manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di Bumi!

Full Sebutkan 3 (tiga) manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di Bumi!

18
0

Sebutkan 3 (tiga) manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di Bumi!

Jawab :

Manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di Bumi :

1. Melindungi bumi dari radiasi sinarultraviolet

2. Melindungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit

3. Menjaga suhu Bumi tetap dalam kondisi hangat

Penjelasan :

Lapisan ozon adalah molekul dalam bentuk gas yang terjadi secara alami yang ditemukan pada atmosfer bumi.

Molekul ini dapat menyerap panjang gelombang tertentu dari radiasi ultraviolet matahari sebelum mencapai permukaan bumi.

Sebagian besar ozon di Bumi terakumulasi pada lapisan stratosfer, yaitu lapisan atmosfer yang berada pada ketinggian 9 – 48 km (12 – 30 mil) di atas permukaan Bumi

Lapisan ozon diartikan sebagai lapisan yang mengandung banyak gas ozon. Ozon ini merupakan suatu gas yang mengandung unsur- unsur kimia.

Unsur- unsur kimia yang terdapat dalam lapisan ozon ini terdiri dari tiga macam atom oksigen atau O3.

Karena memiliki kandungan O3 dalam jumlah banyak inilah, maka lapisan ini diberi nama sebagai lapisan ozon. Atom oksigen tersebut mempunyai warna biru dan juga berbau kuat.

Secara umum, lapisan ozon bermanfaat untuk untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya.

Lapisan ozon akan mencegah energi panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi tidak terpancar kembali ke ruang angkasa

Sebagian besar ozon di Bumi terakumulasi pada lapisan stratosfer, yaitu lapisan atmosfer antara 15 dan 30 kilometer di atas permukaan bumi.

Lapisan ozon mencegah energi panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi tidak terpancar kembali ke ruang angkasa. Proses ini sebagai pengkap panas di bumi dan membuat tetap hangat.

Manfaat lapisan ozon yang selanjutnya adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Benda- benda langit, seperti komet dan asteorid bisa saja bergeser dari tempatnya atau bahkan jatuh. Jatuhnya benda langit ini disebut sebagai meteor.

Jatuhnya meteor tidak dapat ditentukan arah,  sehingga kemungkinan besar jatuh menuju ke Bumi. Ketika jatuhnya meteor ini menuju ke Bumi, maka meteor tersebut akan melewati lapisan atmosfer Bumi dan terbakar hangus sebelum mencapai permukaan Bumi.

Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan menimbulkan cahaya, sehingga kita akan melihatnya sebagai bintang jatuh.

Lapisan ozon juga memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan suhu bumi. Lapisan ozon berperan untuk membuat Bumi tetap hangat, sehingga mengurangi terjadinya pemanasan global yang dapat berdampak buruk bagi kehidupan manusia di Bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.