Home Info Guru Full SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 : Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan...

Full SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 : Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi

32
0

SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 : Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi

Rajasoal.com. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerbitkan SE BKN Nomor 15/SE/2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Melalui Media Daring Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 ini diterbitkan berdasarkan Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentangPenetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 dan Kepres Nomor 12 Tahun
2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional

Diterbitkannya SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 tersebut juga dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, sehingga memanfaatkan media daring dalam penyelenggaraan penilaian kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi.

Agar penilaian kompetensi Jabatan Pimpimpan Tinggi (JPT) dapat tetap terlaksana, perlu disampaikan tata cara pelaksanaan penilaian kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tujuan

Tujuan diterbitkannya SE BKN Nomor 15 Tahun 2020 ini adalah sebagai berikut.

1. Sebagai pedoman bagi Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pemerintah yang memiliki unit Penyelenggara Penilaian Kompetensi atau Instansi Pemerintah sebagai pengguna layanan penilaian kompetensi dalam menyelenggarakan/menggunakan layanan penilaian kompetensi melalui media daring pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

2. Untuk menjamin efektifitas, efisiensi dan kelancaran serta tetap menjaga kualitas pelaksanaan penilaian kompetensi JPT pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ruang Lingkup

Ruang lingkup Surat Edaran ini meliputi :

1. Penyelenggara penilaian kompetensi; dan

2. Tata cara penyelenggaraan penilaian kompetensi.

Isi Surat Edaran

A. Penyelenggara Penilaian Kompetensi

1. Penilaian kompetensi diselenggarakan oleh Penyelenggara Penilaian Kompetensi pada Instansi Pemerintah atau Penyelenggara selain Instansi Pemerintah yang telah mendapatkan pengakuan kelayakan/mendapatkan persetujuan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Dalam hal Penyelenggara Penilaian Kompetensi pada Instansi Pemerintah atau Penyelenggara selain Instansi Pemerintah belum mendapatkan pengakuan kelayakan/mendapatkan persetujuan BKN, Instansi Pengguna layanan penilaian kompetensi wajib mengajukan surat permohonan kepada BKN untuk mendapatkan persetujuan untuk setiap kali melaksanakan kegiatan penilaian kompetensi.

3. Surat permohonan sebagaimana dimaksud pada angka 2 paling kurang memuat lembaga/unit/satuan kerja/konsultan yang akan digunakan, target jabatan penilaian, jadwal penilaian, metode, dan assessor yang terlibat.

4. Surat permohonan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan angka 3 disampaikan kepada BKN melalui surat elektronik dengan alamat [email protected] melampirkan pula alamat surat elektronik instansi pemohon.

Tata Cara Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi

1. Untuk menjamin standarisasi dalam penilaian kompetensi maka penyelenggaraan penilaian kompetensi tetap berpedoman pada Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggara Penilaian Kompetensi, kecuali dalam hal penggunaan metode dan alat ukur, serta fasilitas.

2. Penggunaan metode dan alat ukur, serta fasilitas sebagaimana dimaksud pada angka 1 disesuaikan dengan keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan tetap menjamin kualitas hasil penilaian kompetensi.

3. Penilaian kompetensi untuk menggali kompetensi manajerial dan sosial kultural menggunakan wawancara kompetensi dan paling kurang 1 (satu) simulasi analisis kasus (case analysis), intray/inbasket, atau penulisan proposal (proposal writing) yang dipresentasikan pada saat wawancara melalui media daring.

4. Penggunaan tes psikologi untuk menggali aspek potensi dilakukan oleh assessor yang berlatar belakang psikologi melalui media daring.

5. Proses pengambilan data (intake data) kompetensi dilakukan oleh assessor.

6. Penyelenggara Penilaian Kompetensi dan Instansi Pengguna layanan penilaian kompetensi wajib melakukan koordinasi untuk memastikan setiap assessor dan assessee berada dalam ruangan yang nyaman dan kondusif, dilengkapi dengan Personal Computer/laptop beserta perangkat lunak yang telah ditentukan, dan terhubung dengan jaringan internet dan listrik yang stabil untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penilaian kompetensi melalui media daring.

7. Untuk memastikan kegiatan penilaian kompetensi dapat terlaksana dengan lancar, Penyelenggara Penilaian Kompetensi menyiapkan hal-hal sebagai berikut.

a. Memastikan assessee memahami penggunaan media daring.

b. Menyiapkan perangkat lunak yang digunakan dan memastikan keadilan dan keamanannya oleh instansi yang berwenang.

c. memastikan bahwa media yang digunakan tetap memungkinkan assessor melaksanakan pengamatan (observasi), pencatatan, dan penilaian kompetensi.

d. menyiapkan alat ukur yang dapat digunakan melalui media daring.

e. menyediakan petugas help desk sebelum dan selama proses pelaksanaan penilaian untuk membantu assessor dan assessee apabila terjadi permasalahan.

f. menyediakan pedoman teknis pelaksanaan sesuai kebutuhan Penyelenggara Penilaian Kompetensi masing-masing.

Baca : Edaran BKN tentang Panduan Teknis Pendataan Riwayat Covid-19 PNS

SE BKN Nomor 15/SE/2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Melalui Media Daring Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai SE BKN Nomor 15/SE/2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Melalui Media Daring Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.