Home Berita Full Sambutan Menkominfo Hari Kebangkitan Nasional Harkitnas Tahun 2021

Full Sambutan Menkominfo Hari Kebangkitan Nasional Harkitnas Tahun 2021

42
0

Sambutan Menkominfo Hari Kebangkitan Nasional Harkitnas Tahun 2021

Rajasoal.com. Sambutan Menkominfo pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2021 akan dibacakan dalam upacara bendera secara virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sambutan Menkominfo pada Hari Harkitnas Tahun 2021 tersebut tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Harkitnas 2021.

Upacara memperingati 113 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan disiarkan secara streaming melalui http://komin.fo/Harkitnas2021.

Tata Upacara Bendera Peringatan 113 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih.

2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

3. Mengheningkan Cipta.

4. Pembacaan Naskah Pancasila.

5. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945.

6. Pembacaan Naskah Pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

7. Pembacaan Doa.

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021 adalah ”Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Tema ini mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional mengajari kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Bersama-sama kita hadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus ketangguhan bangsa ini.

Tujuan peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2021, yaitu untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan semangat gotong royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

Peringatan Harkitnas Tahun 2021 juga untuk menumbuhkan sikap optimistis dalam menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19 dalam semangat ”Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Baca : Sejarah Singkat Hari Kebangkitan Nasional Tanggal 20 Mei

Sedangkan visualisi logo Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) selalu diperingati setiap tanggal 20 Mei. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional bertujuan untuk mengenang semangat dan tekad pada pelopor bangsa untuk memerdekaan Indonesia dari belenggu penjajahan.

Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908 dan Ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

Selama masa penjajahan Belanda, semangat Kebangkitan Nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Budi Utomo dan peristiwa Sumpah Pemuda tersebut.

Budi Utomo adalah organisasi gerakan nasionalis pertama di Indonesia. Pendiri organisasi ini adalah Dr. Soetomo, di Jakarta.

Setelah lahirnya Budi Utomo, maka kemudian lahir organisasi Sarikat Dagang Islam pada tahun 1912 di bawah pimpinan H.O.S Tjokroaminoto, Haji Agus Salim, dan Abdul Muis.

Masih pada tahun yang sama (1912), juga berdiri organisai politik yang pertama, bernama Indische Partij, yang dipimpin oleh R.M. Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker, dan Dr. Tjipto Mangunkusumo.

Berdiri pula beberapa organisasi lainnya, seperti Muhamadiyah (Yogyakarta) di bawah pimpinan KH Ahmad Dahlan, dan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera (Magelang) denan pendiri Dwijo Sewoyo.

Atas dasar berdirinya organisasi Budi Utomo sebagai tonggak awal lahirnya organisasi pergerakan kemerdekaan lainnya, maka pada tahun 1948 Presiden Sukarno menetapkan peringatan Hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 Mei.

Pedoman penyelengaraan dan sambutan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian sambutan Menkominfo pada Hari Kebangkitan Nasional Harkitnas Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.