Home Info Guru Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021

Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021

41
0

Petunjuk Teknis Juknis Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021.

Pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus-menerus melakukan upaya peningkatan prestasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Indonesia. Upaya tersebut, yaitu melalui pengembangan prestasi dan potensi dalam bidang literasi.

Pencapaian prestasi dalam bidang literasi bagi PDBK pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif perlu diselenggarakan kompetisi dalam bidang literasi dalam jaringan (daring).

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Juknis Pelaksanaan lomba literasi dalam jaringan untuk PDBK pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif ini sebagai acuan kerja bagi para juri dan peserta dan panitia dalam melaksanakan kegiatan.

Kegiatan Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021 ini untuk mendukung pengembangan potensi PDBK bidang non-akademik, khususnya bidang literasi.

Kegiatan ini juga untuk memberikan dorongan kepada para peserta agar tumbuh motivasi yang kuat dan bersaing secara sehat dalam mencapai prestasi masing-masing.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan lomba literasi dalam jaringan untuk PDBK pada sekolah penyelenggara program inklusi adalah sebagai berikut.

1. Memberikan dorongan kepada PDBK agar dapat mengembangkan potensi, bakat, dan kreativitasnya dalam bidang literasi.

2. Memupuk dan menumbuh kembangkan jiwa seni, sastra, semangat, disiplin, dan rasa percaya diri bagi PDBK.

3. Meningkatkan budaya baca-tulis dan kreativitas peserta didik dalam belajar dan berkarya melalui kompetisi yang sehat, jujur, dan terbuka.

4. Menumbuhkan sikap kritis, terbuka, dan rasa ingin tahu peserta didik untuk PDBK.

Hasil yang Diharapkan

Berikut ini adalah hasil yang akan muncul dari penyelenggaraan lomba literasi dalam jaringan untuk PDBK pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

1. Terwujudnya peserta didik berkebutuhan khusus yang berprestasi dalam bidang literasi.

2. Terwujudnya karakter bangsa yang mencerminkan budaya bangsa Indonesia dengan melalui penumbuhan budi pekerti.

3. Lahirnya penulis-penulis muda yang mandiri, kreatif, dan produktif dari kalangan PDBK.

Tema

Tema umum Lomba Literasi Dalam Jaringan Tahun 2021 adalah “Literasi  Cerahkan Negeri”. Selanjutnya, tema tersebut akan dijabarkan pada tema setiap materi lomba.

Sasaran

Peserta lomba Literasi Dalam Jaringan tahun 2021, yaitu peserta didik SD, SMP, SMA, SMK, PKBM/SKB/Program Paket Penyelenggara Pendidikan Inklusif.

Lomba Literasi Dalam Jaringan

1. Secara umum pelaksanaan lomba secara daring.

2. Peserta didik mengikuti lomba dari rumah atau sekolah, dapat dengan pendampingan orang tua atau dari unsur sekolah.

3. Peserta dapat mengikuti lomba dari rumah atau sekolah menyesuaikan dengan sarana dan prasarana yang diperlukan.

4. Untuk memastikan pelaksanaan lomba berjalan efektif dan aman dari penyebaran dan penularan Covid-19, maka semua yang terlibat wajib menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan secara disiplin.

Persyaratan Umum

1. Peserta lomba tahun 2021 adalah Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) yang bersekolah di jenjang SD, SMP, dan/atau SMA/SMK/Program Paket A/B/C penyelenggara pendidikan inklusif dan mempunyai NISN yang terdaftar pada sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

2. Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi mengkoordinasikan adanya pelaksanaan lomba Literasi Daring kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan seluruh sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

3. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) peserta pada setiap jenis lomba.

4. Peserta Lomba dengan ketentuan usia sebagai berikut:

a. Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 2005 untuk jenjang SD.

b. Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 2002 untuk jenjang SMP.

c. Pes erta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 1999 untuk jenjang SMA.

4. Peserta Lomba belum pernah juara I pada lomba tingkat nasional pada mata lomba dan kelompok jenjang yang sama.

5. Peserta, pelatih/pembimbing/pendamping, koordinator wajib melakukan registrasi pada portal pk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dan mengunggah dokumen :

a. Fotokopi rapor yang mendapatkan legalisir kepala sekolah 1 tahun terakhir

b. Surat pernyataan keaslian hasil karya dari peserta yang menyatakan bahwa karya tersebut merupakan karya orisinal, tidak melanggar hak cipta dan belum pernah diunggah atau dipublikasikan pada media apa pun.

6. Segala tuntutan dan permasalahan hukum yang terkait dengan karya yang dikirim peserta, maka menjadi tanggung jawab peserta. Jika di kemudian hari terbukti merupakan karya plagiat atau karya orang lain, yang bersangkutan akan bertanggung jawab dan menerima segala konsekuensinya.

Jenis yang Dilombakan

Tahap Pelaksanaan Lomba

Petunjuk Teknis Juknis Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Poster Lomba Literasi Daring Inklusi PDBK Tahun 2021 dapat di unduh di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.