Home Info Guru Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa LIDM 2021

Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa LIDM 2021

49
0

Petunjuk Teknis Juknis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa LIDM 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa LIDM Tahun 2021.

Revolusi Industri 4.0 menjadikan Pendidikan harus memanfaatkan teknologi dengan utuh. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi didik dan satuan Pendidikan.

Berkaitan hal tersebut, maka Puspresnas melaksanakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill dan literasi teknologi.

Lomba ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa.

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang tekhnologi informasi dan ilmu digitalisasi.

Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa yang sebelumnya pelaksanaannya secara daring, menjadikan kegiatan ini tidak mengalami kendala untuk tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Lomba ini memberikan dampak positif dan animo mahasiswa untuk mengikuti LIDM yang terus meningkat setiap tahunnya.

Menyadari pentingnya Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ini bagi peningkatan kualitas lulusan dari Perguruan Tinggi, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan kegiatan ini melalui Lomba Inovasi Digital Mahasiswa.

Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Penyusunan petunjuk teknis ini agar penyelenggaraan LIDM di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik.

Latar Belakang

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Puspresnas Kemdikbud RI) kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Ke-3 Tahun 2021 (LIDM-03/2021).

LIDM-03/2021 memperlombakan lima divisi karya-karya inovasi dan kreasi, sebagai berikut.

1. Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan,

2. Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan

3. Divisi Video Digital Pendidikan,

4. Divisi Poster Digital,

5. Divisi Microteaching Digital.

Penyelenggaran LIDM-03/2021 kali ini dalam masa pandemi Covid-19 yang belum usai sepenuhnya dan menuju tatanan kehidupan baru pasca-pandemi.

Situasi tersebut menyebabkan adanya penyesuaian terhadap penyelenggaraannya untuk pelaksanaan daring secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat perlu kesiapan ketersediaan sarana dan prasarana digital. Hal ini agar seluruh rangkaian kegiatan LIDM-03/2021 dapat terselenggara sebaik-baiknya.

Situasi pandemi dan pelaksanaan dalam moda daring tentunya harapannya tidak menurunkan semangat dan tujuan LIDM agar tetap dapat dicapai dengan menghasilkan karya-karya yang memberikan peningkatan kualitas dari tahun sebelumnya.

Selain itu, agar mampu berkontribusi bagi upaya yang sedang dilakukan oleh seluruh elemen bangsa untuk bangkit dari berbagai permasalahan kehidupan akibat pandemi, khususnya dari perspektif pendidikan.

Sebagai insan pendidikan yang selalu berpikiran positif dan memiliki kemampuan tinggi untuk bertahan dalam berbagai situasi apapun, maka semangat dan upaya kebangkitan tersebut perlu sekaligus terwujud dalam karya-karya inovasi dan kreatif yang akan berkontribusi positif yang nyata bagi kemaslahatan kehidupan masyarakat luas.

Untuk itu, pada LIDM-03/2021 kali ini mengambil tema “Indonesia Bangkit”. Tema tersebut nantinya akan tertuang dalam wujud karya-karya inovasi dan kreativitas mahasiswa.

Tema Umum LIDM-03/2021

Untuk mendorong sekaligus menggali kesiapan civitas academica perguruan tinggi di Indonesia dalam mengimplementasikan kebijakan nasional Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, khususnya bagaimana kebijakan tersebut diterapkan dan dapat mendukung keberlangsungan Pendidikan pada masa pandemi maupun adaptasi tata kehidupan baru pasca-pandemi Covid-19.

Karya-karya inovasi dan kreasi LIDM-03/2021 nanti harapannya merupakan cerminan semangat dari tema umum yang dicanangkan untuk LIDM-03/2021.

Tema tersebut, yaitu “Peran Inovasi Digital Mahasiswa dalam Mengimplemtasikan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Menuju Indonesia Bangkit Berkompetensi Abad 21”.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan hak belajar mahasiswa di luar program studi maksimal 20 sks dan di luar kampus maksimal 40 sks.

Sembilan kegiatan Kampus Merdeka tersebut sebagaimana pada gambar di bawah ini.

Sub-Tema Per Divisi LIDM-03/2021

Berdasarkan tema umum untuk LIDM-03/2021” tersebut, maka subtema untuk masing-masing divisi sebagaimana terlihat pada tabel berikut.

Aturan Umum

Pelaksanaan kegiatan perlombaan dalam LIDM-03/2021 dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua divisi, yaitu Babak Evaluasi dan Babak Final.

Pelaksanaan Babak Evaluasi wajib untuk seluruh peserta pada masing-masing divisi. Babak Final diikuti oleh para peserta yang lolos pada Pengumuman Babak Evaluasi di masing-masing divisi kompetisi.

Baik Babak Evaluasi maupun Babak Final pada LIDM-03/2021, pelaksanaannya secara daring Pelaksanaannya sesuai dengan Aturan Pelaksanaan masing-masing divisi kompetisi.

Persyaratan Umum Peserta

1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdaftar pada laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD-DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id/

2. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada pada laman PD-DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id/ pada saat pendaftaran tim peserta hingga babak final.

3. Setiap tim terdiri dari 2 – 4 orang mahasiswa.

4. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Panduan LIDM edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan.

5. Presentasi Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan dan Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan pada tahapan final, pelaksanannya dalam ruang pertemuan daring dari Penyelenggara dan terbuka (ada peserta lain).

Seluruh peserta presentasi dan penonton selama hadir dalam ruang pertemuan daring wajib menghidupkan kamera video untuk menampilkan wajah.

6. Karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku – agama – ras – antargolongan), penistaan agama, pelecehan gender, radikalisme dan plagiarisme, serta belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain.

Jadwal Pelaksaan Lomba

Petunjuk Teknis Juknis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa LIDM Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Pengumuman pelaksanan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2021 dapat di unduh di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.