Home Info Guru Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba ABK Berseri PDBK Daring Tahun 2021

Full Petunjuk Teknis Juknis Lomba ABK Berseri PDBK Daring Tahun 2021

26
0

Petunjuk Teknis Juknis Lomba ABK Berseri PDBK Daring Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Lomba ABK Berseri PDBK Daring Tahun 2021.

Optimalimasi peran UKS pendidikan khusus dalam meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat pada saat pandemi ini mendapatkan tantangan, yaitu penerapan perilaku sehat peserta didik dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pada pelaksanaan pembelajaran baik yang Belajar Dari Rumah (BDR) maupun tatap muka salah satu peran UKS adalah memberikan pemahaman atau pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada warga sekolah.

Sebagai bentuk apresiasi dan prestasi atas upaya yang dilakukan oleh UKS pada satuan pendidikan khusus dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, maka diperlukan sebuah wadah berupa lomba yang berorientasi PHBS dalam masa pandemi Covid-19.

Pemerintah, dalam hal ini Kemdibud berupaya mengapresiasi peran UKS dengan menyelenggarakan Lomba Anak Berkebutuhan Khusus Bersih, Sehat, Ramah, dan Inklusif (Lomba ABK Berseri) Pendidikan Khusus Tahun 2021.

Harapan dari lomba ini adalah sekolah dan peserta didik menunjukkan kemampuan dalam membina dan mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat di SLB/SKh pada masa Pandemi Covid-19 melalui kegiatan “Lomba ABK Berseri “.

Kegiatan ini juga dapat untuk menumbuhkan motivasi yang kuat bagi sekolah dan peserta didik dalam meningkatkan prestasi dan berjiwa sehat pada masa pandemi Covid-19.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu penyusunan Juknis Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 sebagai acuan kerja bagi juri, peserta, pendamping dan panitia dalam melaksanakan kegiatan.

Daftar Isi

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. meningkatkan motivasi sekolah dalam pelaksanaan Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sehat) pada masa pandemi Covid-19.

2. meningkatkan motivasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19.

3. mendapatkan gambaran kondisi satuan pendidikan khusus dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. Meningkatnya motivasi sekolah dalam pelaksanaan Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sehat) pada masa pandemi Covid-19.

2. Meningkatnya motivasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19.

3. Diketahuinya kondisi satuan pendidikan khusus dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Tema

Tema umum Lomba ABK Berseri Tahun 2021 adalah “Tubuhku Sehat, Jiwaku Kuat, Sekolahku Hebat”. Penjelasan tema tersebut ada dalam subtema pada setiap materi lomba.

Materi Lomba

Materi Lomba AKB Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. Pembuatan karya tulis dan menceritakan kembali karya tulis tersebut dengan subtema “Aktivitas UKS di Sekolahku”.

2. Pembuatan media sosialisasi (poster/infografis/video animasi/media lainnya) dengan subtema “Implementasi PHBS dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 bagi Warga Sekolah”.

3. Pembuatan makalah dan presentasi dengan subtema “Tata Kelola  Pelaksanaan Trias UKS dan Kondisi Sarpras di Sekolah Kami untuk Beradaptasi di Era Tatanan Normal Baru”.

Peserta Lomba

Berikut ini adalah ketentuan peserta lomba.

1. Pembuatan karya tulis, peserta adalah 1 (satu) peserta didik yang merupakan tim Dokter Kecil dan/atau Kader Kesehatan Remaja (KKR) di sekolah.

2. Pembuatan media sosialisasi (poster/infografis/video animasi/media lainnya), peserta adalah 1 (satu) orang peserta didik jenjang SMPLB/SMALB.

3. Pembuatan makalah dan presentasi, peserta adalah 1 (satu) orang pelaksana UKS (Kepala Sekolah/Pendidik/Tenaga Kependidikan).

4. Seluruh peserta berasal dari 1 (satu) sekolah yang sama.

Pendamping Lomba

Jumlah pendamping sebanyak 1 (satu) orang, berasal dari unsur pendidik/tenaga kependidikan yang bertugas untuk memberikan pendampingan pada saat penjelasan teknis dan proses pembuatan karya.

Juknis Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Poster Lomba ABK Berseri PDBK Daring Tahun 2021 dapat di unduh di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.