Home Info Guru Full Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2021

Full Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2021

68
0

Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayan, Riset, dan Teknologi menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2021.

Kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2021merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Pentingnya Gala Siswa Indonesia (GSI) sebagai pengembangan talenta di bidang olahraga khususnya sepakbola merupakan suatu apresiasi terhadap peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat.

Gala Siswa Indonesia (GSI) Tahun 2021 adalah perhelatan sepakbola yang ke4 kalinya. Berdasarkan hasil evaluasi tahun sebelumnya, GSI SMP Tahun 2021 dilaksanakan dengan 2 (dua) sistem, yaitu : (1) secara daring/online di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi, serta (2) secara luring/offline di Tingkat Nasional.

Oleh karena itu itu, maka panduan teknis pelaksanaan ini sebagai acuan dalam mengikuti GSI SMP Tahun 2021.

Pelaksanaan GSI di tengah pandemi Covid19 ini tidak menurunkan semangat peserta didik untuk terus mengembangkan bakat minat di bidang sepakbola.

Mekanisme pada pelaksanaan GSI ini merupakan penyesuaian pada masa pandemi dengan mengikuti protokol kesehatan.

Latar Belakang

GSI merupakan wadah bagi para peserta didik SMP dalam menumbuhkembangkan minat, bakat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola dalam menumbuhkan atmosfer pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat Kecamatan hingga nasional.

Berdasarkan data partisipasi GSI pada tahun 2020, GSI SMP diikuti sebanyak 30 provinsi, 104 Kabupaten/Kota, 464 Kecamatan, 932 Sekolah dan 9.642 peserta didik.

Pertandingan GSI tahun 2020 dilaksanakan sebanyak 16 pertandingan, yaitu 16 pertandingan di tingkat nasional, sedangkan metode penilaian di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi dilakukan melalui seleksi daring/onlinedengan mengirimkan video yang sudah ditentukan oleh panitia Pusat Prestasi Nasional.

Di dalam masa pandemi ini, Pusat Prestasi Nasional berupaya untuk tetap menyelenggarakan kompetisi GSI tingkat nasional secara luring/offline seperti tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid19.

Agar pelaksanaan GSI SMP tahun 2021dapat terselenggara dengan baik, maka disusun Panduan Teknis Pelaksanaan GSI SMP Tahun 2021 untuk pedoman panitia, peserta didik,pelatih, asisten pelatih, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya.

Tujuan

1. Meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap cabang olahraga sepakbola.

2. Meningkatkan kecakapan peserta didik dalam kolaboratif dan kooperatif.

3. Meningkatkan semangat peserta didik menjaga kesehatan jasmani.

4. Menumbuhkan profil pelajar pancasila : (a) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, (b) kebinekaanglobal, (c) bergotong royong, (d) kreatif, (e) bernalar kritis dan (f) mandiri.

5. Menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi dan tanggung jawab.

6. Mengembangkan minat dan bakat peserta didik sebagai pemain sepakbola.

7. Mencari dan membina peserta didik bertalenta sepakbola.

8. Menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik.

Sasaran

Sasaran GSI adalah seluruh peserta didik SMP di Indonesia yang terdaftar dalam DAPODIK per 31 April 2021, meliputi:

1. Sekolah Menengah Pertama Negeri;

2. Sekolah Menengah Pertama Swasta;

3. Sekolah Menengah Pertama Terbuka;

4. SMP Satu Atap.

Tema

Tema Gala Siswa Indonesia SMP tahun 2021 adalah Menggali Prestasi Sepakbola Usia Muda yang Berkarakter untuk Indonesia Berkelanjutan

Panduan teknis GSI SMP tahun 2021 beserta dokumen lainnya  selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

  • Panduan Teknis GSO SMP 2021 – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah GSI SMP- Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta GSI SMP – Unduh

Demikian Panduan Teknis Gala Siswa Indoensia GSI SMP tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.