Home Info Guru Full Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021

Full Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021

26
0

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2021 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni.

Kegiatan di bidang seni merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia.

Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatupaduan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangatdalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan.

Penyelenggaraan FLS2N SMK Tahun 2021 diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Melalui FLS2N Jenjang SMK tahiun 2021 ini, diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021

Selain itu, penyelenggaraan FLS2N SMK Tahun 2021 diharapkan dapat memupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang beragam dan kaya raya kekhasannya.

Petunjuk Teknis Pelaksanaan FLS2N SMK 2021 ini disusun untuk memberikan informasi tentang penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK, baik di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional Tahun 2021 secara daring (online).

Penyelenggaraan FLS2N tahun 2021 berlangsung dalam suasana masih menyebarnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka perlu adanya pembatasan penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran serta kegiatan pendukungnya seperti halnya yang telah dilaksanakan pada tahun 2020.

Akan tetapi harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebagai upaya memberikan ruang dan ajang pengembangan talenta, bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menyelenggarakan FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021 secara daring (online).

Kegiatan didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, para penggiat seni dan budaya,praktisi maupun profesional di bidang lomba, serta kalangan masyarakat profesi terkait.

Jenis lomba FLS2N Jenjang SMK tahun 2021 meliputi 8 (delapan) bidang lomba, yaitu: Menyanyi Solo, Gitar Solo, Film Pendek, Monolog, Tari Tradisional, Musik Tradisi Daerah, Seni Lukis dan Cipta Lagu.

Tujuan

1. Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

2. Membina dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang lombabudaya sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri peserta didiksehingga mampu mengasah kepekaan peserta didik dalam menghargai seni dan karya orang lain.

3.Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang lomba budaya sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif serta komunitas di bidang seni.

4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidang lombabudaya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran, jiwa kompetitif dankolaboratif secara positif.

5. Mempererat persahabatan dan kerjasama antar SMK se Indonesia dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, sesama peserta didik Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

6. Melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan dalam pengembangan seni di dunia pendidikan.

Hasil yang Diharapjkan

1. Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

2. Tercapainya peningkatan kreativitas peserta didik dalam bidang lomba budaya dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri peserta didik serta terasahnya kepekaan peserta didik dalam menghargai seni dan karya orang lain.

3. Berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang lomba budaya dan potensi peserta didik dikenal oleh dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif serta komunitas di bidang seni.

4. Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

5. Terjalinnya persahabatan dan kerjasama antar SMK se Indonesia dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, sesama peserta didik Indoesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

6. Terciptanya ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktifsehingga tercipta kebersamaan dengan publik dalam pengembangan seni di dunia pendidikan.

Sasaran

Sasaran FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021 adalah peserta didik SMK aktif Tahun Pelajaran 2021/2022 baik SMK seni maupun SMK non seni yang terpilih mewakil 34 provinsi.

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.