Home Info Guru Full Perpanjangan Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021

Full Perpanjangan Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021

53
0

Perpanjangan Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021

Rajasoal.com. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Edaran tentang Perpanjangan Rekrutmen Penulis Soal Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia AKSI Madrasah Tahun 2021.

Edaran tentang perpanjangan rekrutmen penulis soal AKSI Madrasah tahun 2021 ini menindaklanjuti Surat Edaran, Nomor B-3082/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/12/2020, tanggal, 22 Desember 2020 tentang Rekrutmen Penulis Soal Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah dan juga memperhatikan antusiasme peminat mengikuti seleksi.

Surat Edaran ini menginformasikan mengenai perpanjangan masa pendaftaran seleksi atau rekrutmen penulis soal AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Madrasah Tahun 2021.

Waktu pendaftaran yang semula tanggal 28 Desember 2020 sampai dengan 5 Januari 2021 diperpanjang menjadi tanggal 28 Desember 2020 sampai dengan 14 Januari 2021.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dan Pengawas dan Kepala Madrasah diminta untuk untuk mensosialisasikan/menyebarluaskan informasi tersebut kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Pengawas, Kepala Madrasah dan para pemangku kepentingan lainnya di wilayah masing-masing.

Prosedur Pendaftaran

1. Setiap guru madrasah dapat mengajukan lamaran secara mandiri dan/atau rekomendasi dari kepala madrasah sesuai persyaratan yang ditetapkan,

2. Rekrutmen dilakukan secara online melalui http://bit.ly/pendaftaranpenulisAKSI.

3. Berkas-berkas yang diperlukan sesuai butir (2) sebagai penunjang dapat di-upload ke aplikasi paling lambat 14 Januari 2021 pukul 22.00 WIB.

4. Keputusan hasil rekrutmen tidak dapat diganggu gugat dan mutlak menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Tahapan Seleksi

Tahap-tahap seleksi melalui proses seleksi administrasi dan petikan soal pelamar yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI, sebagai berikut.

1. Tahap 1

Seleksi administrasi, seleksi keaslian soal, seleksi kesesuaian contoh soal yang disusun dengan indikator soal yang ditetapkan.

2. Tahap 2

Dinyatakan lulus Tahap 1; Selanjutnya mengkuti tes tertulis pengetahuan literasi/numerasi (secara online)

3. Tahap 3

Dinyatakan lulus Tahap 2; Selanjutnya mengikuti wawancara (by online) bersama tim ahli yang ditugaskan.

Pemberitahuan hasil seleksi calon penulis soal/instrument dilakukan oleh Direktorat Jenderal
Pendidikan Islam melaui alamat email yang digunakan oleh pendaftar.

Penjelasan tentang kewajiban dan hak sebagai calon penulis soal serta tata tertib dan peraturan yang berlaku disampaikan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen Pendis, Kemenag RI.

Calon penulis soal yang telah menerima penjelasan dimaksud pada butir (c) diwajibkan menandatangani “Surat Pernyataan” yang memuat hal-hal pokok sebagai berikut:

1. Pernyataan taat dan patuh terhadap peraturan-perturan sesuai ketentuan yang berlaku,

2. Kewajiban, tanggung jawab, hak penulis soal,

3. Sanksi pelanggaran tata tertib dan disiplin dalam bekerja dan berkarya,

Kewajiban Penulis setelah Dinyatakan Lulus Seleksi

1. Menandatangani kontrak kerja/komitmen akademik untuk tidak menginformasikan segala hal tentang AKSI kepada siapapun (pihak umum, dan/atau kolega) untuk menjagan kerahasiaannya.

2. Berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penulisan soal.

3. Mengikuti alur kerja yang telah ditetapkan tim dalam melaksanakan pekerjaan/menulis soal AKSI.

4. Memiliki kemauan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.

Surat Edaran tentang Perpanjangan Rekrutmen Penulis Soal Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia AKSI Madrasah Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai perpanjangan rekrutmen penulis soal AKSI Madrasah tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.