Home Info Guru Full Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Biaya PTN di Kemdikbud

Full Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Biaya PTN di Kemdikbud

24
0

Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Biaya PTN di Kemdikbud

Rajasoal.com. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian dan Kebudayaan.

Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2015 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi

Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT) adalah biaya penyelenggaraan Pendidikan Tinggi selain investasi dan pengembangan.

SSBOPT ditetapkan sebagai dasar:

  1. Kementerian mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk PTN; dan
  2. PTN menetapkan biaya yang ditanggung oleh Mahasiswa.

SSBOPT dihitung berdasarkan kebutuhan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan tinggi yang disusun dengan memperhitungkan3  (tiga) parameter yaitu:

  1. capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  2. jenis Program Studi; dan
  3. indeks kemahalan wilayah.

Dalam menghitung SSBOPT digunakan metode penghitungan biaya berdasarkan aktivitas (activity-basedcosting) dengan model pembiayaan, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka SSBOPT disesuaikan untuk setiap jenis Program Studi yang diselenggarakan, indeks kemahalan wilayah PTN, dan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, meliputi capaian akreditasi Program Studi, akreditasi institusi PTN, dan akreditasi internasional.

SSBOPT disusun untuk memperoleh besaran Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang diperlukan untuk pemenuhan capaian pembelajaran lulusan Program Studi yang dihitung per Mahasiswa per tahun.

Baya Kuliah Tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per tahun yang terkait langsung dengan proses pembelajaran Mahasiswa pada Program Studi di PTN.

Uang Kuliah Tunggal

Uang Kuliah Tunggal (UKT)  merupakan biaya yang dikenakan kepada setiap Mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Besaran UKT ditetapkan oleh pemimpin PTN bagi Mahasiswa program diploma dan program sarjana dari setiap jalur penerimaan Mahasiswa.

Besaran UKT bagi Mahasiswa program diploma dan program sarjana terbagi dalam beberapa kelompok berikut.

  1. Kelompok I dengan besaran UKT paling tinggi Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).
  2. Kelompok II dengan besaran UKT paling rendah Rp 501.000,00 (lima ratuss atu ribu rupiah) dan paling tinggi Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Penetapan kelompok besaran UKT dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orangtua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

Mahasiswa wajib membayar UKT secara penuh. Di dalam hal mahasiswa mengambil mata kuliah kurang dari atau sama dengan 6 (enam) satuan kredit mahasiswa pada :

  1. semester 9 (sembilan) bagi Mahasiswa program sarjana dan program diploma empat atau sarjana terapan; atau
  2. semester 7 (tujuh)bagi Mahasiswa program diploma tiga,

mahasiswa membayar paling tinggi50% (lima puluh persen) dari besaran UKT.

Di dalam hal Mahasiswa sedang cuti kuliah atau telah menyelesaikan seluruh pembelajaran tetapi belum lulus, Mahasiswa dibebaskan dari kewajiban membayar UKT.

Dalam hal Mahasiswa, orang tua Mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai Mahasiswa mengalami penurunan kemampuan ekonomi, antara lain dikarenakan bencana alam dan/atau non-alam, Mahasiswa dapat mengajukan:

  1. pembebasan sementara UKT;
  2. pengurangan UKT;
  3. perubahan kelompokUKT; atau
  4. pembayaran UKT secara mengangsur

Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian dan Kebudayaan secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link berikut.

Unduh

Baca : Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020 tentang Juknis BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2020

Demikian ulasan mengenai Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian dan Kebudayaan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.