Home Info Guru Full Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru dan Indikator Pengukurannya

Full Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru dan Indikator Pengukurannya

65
0

Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru dan Indikator Pengukurannya

Rajasoal.com. Kompetensi guru terkait dengan kewenangan melaksanakan tugasnya, menggunakan bidang studi sebagai bahan pembelajaran, dan kompetensi pedagogik yang berkaitan dengan fungsi guru dalam memperhatikan perilaku belajar peserta didik.

Kompetensi guru merupakan hasil dari penggabungan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam menjalankan tugas keprofesionalannya.

Pedagogik menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru, selain kompetensi kepribadian, sosial, dan profesional.

Pengertian kompetensi pedagogik secara sederhana adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

Dengan demikian, kompetensi pedagogik ini menjadi kompetensi khusus yang dikuasai guru, sehingga membedakannya dengan profesi lain.

Penguasaan kompetensi pedagogik guru akan menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran yang ditunjang dengan profesionalitasnya.

Untuk dapat meningkatkan komptetensi pedagogik, maka seorang guru harus melakukan upaya belajar secara terus menerus dan juga sistematis sesuai bidang keilmuannya.

Indikator Pengukuran Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam hal pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Indikator pengukuran kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru adalah sebagai berikut.

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

Guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.

2. Menguasai teori belajar dan prinsip–prinsip pembelajaran yang mendidik

Guru menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode,dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru.

Guru menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar

3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu

Guru menyusun/menggunakan silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran.

Guru memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik

4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik

Guru menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Guru menyusun dan menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.  Jika relevan, maka guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran.

5. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

Guru menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi peserta didik melalui program pembelajaran yang mendukung peserta didik mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka.

6. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik

Guru berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif. Guru memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar
atau pertanyaan peserta didik.

7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Guru menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan. Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Guru menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses pembelajarannya.

Demikian ulasan mengenai pengertian kompetensi pedagogik guru dan indikator pengukurannya. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.