Home Bahan Ajar Full Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan, Jenis, dan Contohnya

Full Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan, Jenis, dan Contohnya

9
0

Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan, Jenis, dan Contohnya

Rajasoal.com. Gerak nasti merupakan salah satu jenis gerak pada tumbuhan. Sebagaimana diketahui bahwa gerak tumbuhan termasuk dalam gerak pasif, karena tidak dapat berpindah tempat.

Gerak nasti termasuk dalam gerak etionom, yaitu gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang dari luar tubuh tumbuhan. Rangsangan tersebut dapat berupa fisik, kimia, maupun mekanik.

Rangsangan fisik, misalnya cahaya, suhu, gravitasi, dan air. Sedangkan rangsangan kimia, misalnya kadar pupuk dan racun. Sedangkan rangsangan mekanik dapat berupa sentuhan atau tiupan angin.

Pengertian Gerak Nasti

Gerak nasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang dari luar, tetapi arahnya tidak dipengaruhi sama sekali oleh datangnya rangsang. Terjadinya gerak ini disebabkan oleh perubahan tekanan turgor pada bagian tulang daun.

Tekanan turgor merupakan tekanan air pada dinding sel. Apabila tekanan turgor tinggi, maka kadar air akan tinggi dan sel menjadi menggembung, tegang, dan kaku.

Sebaliknya, jika tekanan turgor rendah, maka kadar air akan berkurang dan sel menjadi kendur. Faktor penyebab perubahan tekanan turgor, antara lain perubahan suhu, intensitas cahaya, kelembaban, dan tekanan.

Jenis-jenis Gerak Nasti

Berdasarkan jenis rangsangnya, gerak nasti dibedakan menjadi fotonasti, tigmonasti (seismonasti), niktinasti, kemonasti, termonasti, dan nasti kompleks.

1. Fotonasti

Fotonasti adalah gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh fotonasti adalah mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari.

Pembahasan tentang gerak pada tumbuhan dan contoh soalnya
Gerak membukanya bunga pukul empat

2. Tigmonasti (seismonasti)

Tigmonasti atau seismonasti adalah gerak tumbuhan yang disebabkan berubahnya tekanan turgor akibat adanya sentuhan.

Cntohnya tigmonasti adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) setelah disentuh. Sentuhan dapat menyebabkan kadar air pada bagian yang disentuh menjadi berkurang. Akibatnya, tekanan turgor akan menurun yang menyebakan daun menjadi mengerut.

Beberapa saat kemudian, daun akan kembali ke posisi semula setelah konsentrasi air di dalam sel tumbuhan menjadi normal.

Pembahasan tentang gerak pada tumbuhan dan contoh soalnya
Gerak menutupnya daun putri malu setelah disentuh

3. Niktinasi

Niktinasti adalah gerak nasti yang disebabkan karena kondisi gelap. Pada saat terjadi gerak niktinasi pada tumbuhan, terjadi pula penurunan suhu yang memengaruhi persendian daun dan tekanan turgornya.  Penurunan tekanan turgor ini menyebabkan daun menjadi menutup.

Gerak niktinasi terjadi secara periodik pada saat menjelang malan, sehingga sering disebut juga sebagai gerak tidur.

Gerak ini umumnya dijumpai pada tumbuhan polong-polongan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro turi) pada malam hari.

Gerak menutupnya daun lamtoro pada malam hari
Gerak menutupnya daun lamtoro pada malam hari

4. Kemonasti

Kemonasti adalah gerak nasti yang disebabkan oleh pengaruh zat kimia. Contoh gerak kemonasti pada tumbuhan adalah membuka mulut daun (stomata) di siang hari karena adanya peningkatan kadar karbondioksida.

5. Termonasti

Termonasti adalah gerak nasti akibat pengaruh suhu, contohnya adalah mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.

Bunga tulip akan mekar jika mengalami kenaikan suhu dan ketika suhu turun, maka bunga akan menguncup kembali.

Gerak mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu
Gerak mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu

6. Nasti kompleks

Nasti kompleks adalah gerak nasti yang dipengaruhi oleh banyak rangsang. Gerakan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berhubungan.

Contoh gerak nasti adalah gerak membuka dan menutupnya stomata yang disebabkan karena cahaya matahari, zat kimia, air, dan suhu.

Baca : Pengertian Gerak Tropisme, Jenis, dan Contohnya Dilengkapi Gambar

Demikian ulasan mengenai pengertian gerak nasti pada tumbuhan, jenis, dan contohnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.