Home Info Guru Full Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN 2021

Full Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN 2021

47
0

,Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2021.

Indonesia mempunyai kepentingan menjaga wilayah lautnya yang luas agar tidak diinvasi negara lain dan juga ikut menjaga perdamaian dunia.

Selaku generasi muda bangsa, maka mahasiswa dapat ikut berperan dalam pemikiran mengenai kemandirian hankam laut Indonesia.

Mahasiswa perlu mengambil peranan penting dalam hal ini dengan mengusulkan konsep dan pembuatan inovasi teknologi maritim digital, sehingga dapat diaplikasikan untuk mendukung pertahanan dan keamanan.

Teknologi yang diusulkan ini harapannya adalah dapat digunakan untuk mendukung cita-cita dan terealisasi kemandirian hankam di masa datang.

Pembuatan inovasi teknologi kemaritiman akan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif, dan produktif, sehingga akan menjadi pengetahuan dan pengalaman teknis untuk meniti karier selanjutnya.

Pusat Prestasi Nasional memfasilitasi pemikiran mahasiswa tersebut dengan mengadakan lomba KKCTBN 2021. Penyelenggaraan KKCTBN 2021 tersebut untuk mahasiswa dan didukung oleh akademisi, praktisi dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran.

Perlombaan KKCTBN Tahun 2021 secara umum terbagi atas tiga kategori kontes, yaitu (1) Lomba Desain Kapal Militer; (2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSV, ERC, FERC; dan (3) Poster untuk menyampaikan inovasi yang dibuat.

Inovasi yang ingin dihadirkan pada lomba kali ini antara lain, yaitu pembuatan desain kapal surface submarine, surface vehicle, persenjataan torpedo, misil dan teknologi kontrol autonom.

Tujuan Perlombaan

Berikut ini adalah tujuan penyelenggaraan KKCTBN 2021.

1. Ikut andil dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan lengkap  dengan teknologi digital,

2. Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam, dan kapal permukaan,

3. Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI,

4. Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi, sehingga akan memberi bekal softskill untuk kemajuan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Tema Perlombaan

Perlombaan tahun ini merupakan perlombaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Konsep perlombaan tahun ini terdapat inovasi teknologi kapal militer, pembuatan prototype persenjaan torpedo, dan misil. Insan akademis harus mampu memberikan subangsih ide, pemikiran dan pembuatan implementasi desain mendukung kemandirian hankam.

Oleh karena itu tema KKCTBN 2021 adalah sebagai berikut.

“Inovasi Kemaritimian Melalui Teknologi Digital Untuk Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan Nasional.”

Logo KKCBTN 2021

Berikut ini adalah logo KKCBTN Tahun 2021.

Makna Logo KKCTBN 2021

1. Merah putih melambangkan bendera Indonesia, yaitu bermakna pentingnya menjaga kedaulatan dan ikut serta dalam kegiatan ikut serta menjaga ketertiban dunia.

2. Lingkaran di dalam menunjukan dunia dan kawasan regional ASEAN sekarang sedang menghadapi konflik; warna biru menunjukan konflik yang terjadi khususnya di Laut Natuna dengan saling klaim wilayah antar negara.

3. Di dalam lingkaran ada gambar kapal selam dan kapal permukaan dengan senjata, yaitu menunjukan bahwa bangsa kita harus siap menghadapi situasi konflik di laut dengan memperkuat teknologi alusista digital autonomous.

4. Gambar matahari memancar menunjukkan penguasaan teknologi tersebut, sehingga harapannya bangsa Indonesia menjadi leader dan mampu menjadi pengayom perdamaian dunia.

5. Gambar gelombang biru, merah dan putih menunjukan situasi dunia sekarang ini di ambang ketidakpastian, sehingga NKRI perlu melakukan kesiapsiagaan menghadapi situasi terburuk.

6. Tulisan KKCTBN 2021 menunjukan peranan lomba ini mendukung dan usaha memberikan sumbangsih pemikiran kemandirian hankam melalui kompetisi antar mahasiswa.

6. Tulisan Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud merupakan panitia penyelenggara.

Persyaratan Peserta

Persyaratan dan tahapan evaluasi peserta Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) Tahun 2021 ini adalah sebagai berikut.

1. Tim peserta KKCTBN 2021 merupakan mahasiswa aktif yang berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia, dengan strata pendidikan, yaitu S-1, D-4, dan D-3 yang terdaftar di PD Dikti dan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Satu tim terdiri dari 5 orang mahasiswa (saat perlombaan hanya 3 orang anggota tim yang boleh masuk arena karena aturan Protokol Covid-19) dan minimal 1 orang pembimbing (dosen) dari Perguruan Tinggi di Indonesia.

3. Setiap tim/peserta boleh mengikuti lebih dari satu perlombaan yang diselenggarakan, yaitu : (1) Lomba Desain Kapal Militer, (2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSV, ERC, FERC; dan (3) Poster.

Tahapan Perlombaan

Berikut adalah tahapan KKCTBN 2021.

1. Tahapan lomba desain inovasi kapal militer

a. Pendaftaran: dengan melakukan pengisian identitas dan konsep desain.

b. Pengunggahan: mengunggah (upload) laporan dan gambar desain.

c. Penyeleksian: dilakukan seleksi finalis 5 besar lomba desain.

d. Pengumuman: diumumkan finalis 5 besar lomba desain.

e. Presentasi: peserta melakukan presentasi laporan.

f. Pengumuman juara lomba desain.

2. Tahapan lomba pembuatan dan performa prototipe

a. Publikasi panduan di laman Pusat Prestasi Nasional,

b. Sosialisasi panduan dan pelaksanaan KKCTBN 2021

c. Workshop teknis pelaksanaan dan ketentuan-ketentuan perlombaan

d. Pembukaan pendaftaran dan pengunggahan (upload) proposal kontes ASSV, ERC, dan FERC,

e. Seleksi 10 besar proposal kontes ASSV, ERC, dan FERC,

f. Pengumuman seleksi 10 besar kontes ASSV, ERC, dan FERC,

g. Pembuatan kapal, video dan laporan kemajuan kontes ASSV, ERC, dan FERC,

h. Seleksi finalis 5 besar kontes ASSV, ERC, dan FERC,

i. Pengumuman finalis 5 besar kontes ASSV, ERC, dan FERC,

j. Pelaksanaan lomba final kontes ASSV, ERC, dan FERC,

l. Pengumuman juara kontes ASSV, ERC, dan FERC.

3. Tahapan lomba desain inovasi kapal militer

a Pendaftaran dan pengunggahan (upload) poster

b. Pengumuman juara lomba desain

Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Pengumuman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2021 dapat di unduh di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.