Home Info Guru Full Paparan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan

Full Paparan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan

39
0

Paparan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan

Rajasoal.com. Paparan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan telah diterbitkan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Ditjen PAUD Dikdas Dikmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Paparan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan ini disampaikan pada kegiatan webinar tanggal 21 April 2021 oleh Poppy Dewi Puspitawati sebagai pemateri Widyaprada Ahli Utama.

Paparan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan ini secara khusus mengambil tema ”Hentikan Perundungan Tetap Asyik Tanpa Mengusik”.

Tantangan Perundungan

Berikut ini adalah beberapa tantangan perundungan.

1. 32% siswa mengalami perundungan oleh temannya di sekolah.

2. Anak yang dianggap berbeda kemungkinanmengalami perundungan, penampilan fisik, ras , dan warna kulit.

3. Perundungan fisik lebih banyak terjadi pada laki-laki dan perundungan psikologis pada perempuan.

4. Perundungan via online dan gadget mulai meningkat.

Dampak Perundungan

1. Pengaruh negatif pada kesehatan mental, kualitas hidup, dan pencapaian akademik.

2. Anak yang mengalami perundungan merasa menjadi outsider dan lebih sering tidak masuk
sekolah
, sehingga berdampak pada pencapaian kompetensi akademiknya.

Tujuan

1. Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Didik dengan dukungan pelibatan publikyang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia.

2. Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, PesertaDidik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.

Penguatan Pendidikan Karakter

Di dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dijelaskan bahwa PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Penguatan Pendidikan Karakter melibatkan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan upaya untuk menumbuhkan dan membekali generasi penerus agar memiliki bekal karakter baik, keterampilan literasi yang tinggidan memiliki kompetensi unggul abad 21 yaitu mampu berpikir kritis dan analitis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Baca : Kenali 4 C, Empat Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki Peserta Didik

Titik Fokus Karakter

1. Karakter adalah perwujudan dari kebiasaankebiasaan berperilaku baik dalam keseharian yang meliputi watak terpuji, akhlak mulia, sikap mental dan budi pekerti yang luhur.

2. Nilai utama karakter yang menjadi fokus dari kebijakan PPK adalah religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

3. Nilainilai utama tersebut berdasarkan nilainilai Pancasila, tiga pilar Gerakan Nasional Revolusi Revolusi Mental (GNRM), kekayaan budaya bangsa (kearifan lokal) dan kekuatan moralitas yang dibutuhkan bangsa Indonesia menghadapi tantangan di masa depan.

Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas

Integrasi nilainilai karakter dalam proses pembelajaran atau mata pelajaran, pengelolaan kelas dan metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran/pembimbingan, pengembangan kurikulum muatan lokal sesuai karakteristik daerah.

PPK Berbasis Budaya Sekolah

1. Pembiasaan nilainilai utama dalam keseharian sekolah.

2. Keteladanan antar warga sekolah.

3. Pelibatan seluruh pemangku kepentingan Pendidikan.

4. Membangun norma, peraturan, dan tradisi sekolah, pengembangan keunikan, keunggulan, dan daya saing sekolah sebagai ciri khas sekolah.

5. Memberi ruang yang luas kepada siswa untuk mengembangkan potensi melalui kegiatan literasi, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Penerapan PPK dalam Intrakurikuler

1. Di dalam proses pembelajaran tematikguru tidak hanya menyampaikan ilmupengetahuan sesuai dengan matapelajaran, namun memasukan unsurbudi pekerti/karakter didalamnya.

2. Guru harus mampu memberikaninformasi tentang apa manfaat, dampak, dan bagaimana memanfaatkan pengetahuan dengan bijak ada nilai karakter kepedulian pada lingkungan.

Penerapan PPK dalam Bidang Kokurikuler

1. Siswa melakukan kegiatan studi lapangan untuk mengetahui antara teori dan praktek
di
lapangan.

2. Siswa dapat menghayati, bagaimana kerja keras dalam menghasilkan suatu produk.

3. Siswa peduli terhadap kerja keras, menghargai sesama, dan juga dapat mensyukuri berkah sehingga membentuk karakter siswa.

Penerapan PPK dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

1. Olahraga, seni budaya danketerampilan lainnya menumbuhkan karakterkreativitas, kemandirian bagisiswa.

2. Kegiatan dilakukan sesuai minat dan bakat siswa dan dilakukan di bawah bimbingan guru, pelatih, serta melibatkan orang tua dan masyarakat: Pramuka, PMR, Paskibraka, Kesenian, Bahasa, KIR, Keagamaan, Jurnalistik, Olahraga, dan sebagainya.

Penguatan PPK dalam Kegiatan Nonkurikuler

Kegiatan kerja bakti, melakukan ibadah bersama misalnya sholat berjemaah, bersalaman pembiasaanpembiasaan baik yang dilakukan untuk menumbuhkanb udi pekerti atau karakter yang baik bagisiswa kita.

Upacara Bendera (Senin), Apel, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Nasional, dan berdoa bersamadilanjutkan dengan membaca Kitab Suci dan/atau bukubuku nonpelajaran tentang PBP 15 menit sebelum memulai pembelajaran.

Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat

Memperkuat perananorang tua dan Komite Sekolah, melibatkan dan memberdayakan potensi lingkungan sebagai sumber belajar, seperti keberadaan dan dukungan pegiat senidan budaya, tokoh masyarakat, alumni, dunia usaha, dan dunia industri; dan sinergi PPK dengan berbagai program yang adadalam lingkupakademisi, pegiatpendidikan, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga informasi

Paparan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian paparan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.