Home Info Guru Full Panduan BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni...

Full Panduan BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni 2021)

30
0

Panduan BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni 2021)

Rajasoal.com. Program Belajar dari Rumah (BDR) dari Kemendikbud sudah memasuki Minggu 24 di tahun 2021 ini.

Mulai tanggal 1 April 2021, program Belajar dari Rumah (BDR) pada episode 62 (Minggu Ke-13 Tahun 2021) ditayangkan di TV Edukasi dan Kanal Youtube.

Untuk memperluas cakupan tayangan Program Belajar Dari Rumah (BDR), Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah ditayangkan di TV Edukasi Kemendikbud, Kanal YouTube Televisi Edukasi, dan Kanal YouTube Rumah Belajar Kemdikbud untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

Tayangan program Belajar Dari Rumah  tersebut dimulai dari tanggal 1 April sampai dengan 30 Juni 2021, mulai dari pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Program Belajar dari Rumah diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemi Covid-19.

Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah pada masa pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 pada satuan pendidikan.

Selama penutupan tersebut, maka kegiatan pembelajaran dialihkan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam bentuk Belajar dari Rumah.

Kebjakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Baca : SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Belajar Dari Rumah

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TV Edukasi adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Upaya membangun kelekatan dan ikatan emosional tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TV Edukasi dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan.

Panduan tersebut menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Seluruh program Acara Belajar dari Rumah ini tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni 2021)

Program Belajar Dari Rumah (BDR) di TV Edukasi Minggu Keduapuluhempat ini khusus untuk tayangan jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 sampai dengan 08.30 WIB. Jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 sampai dengan 09.00 WIB dan SD kelas 2 pukul 09.00 sampai dengan 09.30 WIB.

SD kelas 3 pukul 09.30 sampai dengan 10.00 WIB, dan SD kelas 4 pukul 10.00 sampai dengan 10.30 WIB. SD kelas 5 pukul 10.30 sampai dengan 11.00 WIB, sedangkan SD kelas 6 pukul 11.00 sampai dengan 11.30 WIB.

Tayangan pada jenjang pendidikan SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter.

Untuk jenjang SD dapat disaksikan juga di tautan Youtube TV Edukasi berikut.

Kemendikbud mengajak para pendidik, dan peserta didik serta orang tua untuk memanfaatkan kanal atau alternatif pembelajaran yang telah disediakan tersebut, dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tayangan pada jenjang pendidikan SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter.

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TV Edukasi Minggu 23, terdapat beberapa program acara yang menarik untuk dilihat dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar peserta didik.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni 2021) selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Jadwal acara Belajar Dari Rumah di TV Edukasi Minggu  24 (21 – 25 Juni 2021) secara lengkap dapat di download di sini.

Jadwal tayang acara Belajar Dari Rumah di TV Edukasi tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Demikian panduan dan jadwal BDR di TV Edukasi Minggu 24 (21 – 25 Juni 2021). Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.