Home Info Guru Full Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP

Full Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP

61
0

Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP 2021

Rajasoal.com. Direktorat SMP, Kemendikburistek telah menerbitkan Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP.

Pada tahun 2021, Direktorat SMP menyusun sejumlah dokumen Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) di bidang penilaian, di antaranya adalah Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi dan Numerasi.

Dokumen ini diharapkan  dapat membantu sekolah dalam meningkat kan kecakapan literasi dan numerasi peserta  didik melalui proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkat kan kompetensi peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kehidupan dengan  menggunakan sintesis informasi yang diperolehnya.

Kecakapan literasi menjadi esensial pada abad ke -21 ini. Pada era teknologi ini,  ketersediaan informasi memberikan ruang bagi t iap orang untuk meningkatkan kualitas  hidupnya.

Akan tetapi, untuk dapat memanfaatkan informasi tersebut dengan baik, seseorang tentunya perlu menjadi ‘subjek’ atas informasi tersebut.

Dengan kata lain, perlu dapat  memilih informasi yang baik dan bermanfaat secara kritis untuk dapat menerapkannya dalam kehidupannya.

Kecakapan berpikir kritis, kreatif, kemampuan berkomunikasi efektif serta bekerja secara kolaboratif menjadi tuntutan global dalam pendidikan.

Kecakapan ini perlu  ditumbuhkan di kelas melalui strategi untuk meningkat kan kecakapan peserta didik dalam  memaknai teks yang dibaca serta untuk mengaitkan teks tersebut dengan pengalaman, teks  lain yang pernah dibaca, dan permasalahan dunia di sekitarnya.

Modul ini memberikan inspirasi kepada guru untuk meningkat kan kecakapan literasi  peserta didik melalui beragam strategi membaca dan menganalisis bacaan.

Modul ini juga menyediakan contoh pemanfaatan beragam teks dengan berbagai tema yang relevan  dengan materi pembelajaran.

Melalui modul ini, diharapkan guru dapat memberikan alternatif beragam teks bacaan fiksi dan nonfiksi agar peserta didik dapat memahami materi dengan lebih mudah. Selanjutnya, melalui ragam  teks bacaan fiksi dan nonfiksi ini, peserta didik dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalamannya. Proses pembelajaran pun menjadi lebih  menyenangkan.

Baca : Literasi dan Numerasi : Pengertian, Perbedaan, dan Prinsip Penerapannya

Modul Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP ini ditulis untuk melengkapi Modul Pembelajaran Jarak Jauh yang telah dibuat  oleh Direktorat Pengembangan SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Modul ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada guru untuk menguatkan  pembelajaran melalui strategi literasi sehingga kecakapan literasi peserta didik dapat  ditumbuhkan dengan lebih optimal.

Penguatan Literasi Bertumpu pada Keterampilan Membaca

Membaca adalah proses yang kompleks dan menantang, terutama karena  peserta didik di jenjang SMP dipajankan pada bacaan yang semakin tinggi  kompleksitasnya dengan materi yang semakin kaya dan yang memiliki lebih banyak  kosakata baru.

Oleh karena itu, kecakapan membaca seharusnya tidak berhenti pada merangkai bunyi huruf menjadi kata di jenjang pendidikan dasar.

Baca : Download Buku Materi Pendukung Literasi Numerasi Kemendikbud

Kegiatan membaca  di jenjang SMP perlu meningkat kan kecakapan peserta didik untuk memahami dan menganalisis khazanah pengetahuan baru.

Tanpa menguasai keterampilan membaca  pada jenjangnya, peserta didik tidak akan mampu mengakses pengetahuan.

Dengan demikian, kemampuan membaca ini menjadi tolok ukur kompetensi global yang diuji  dalam Programme for Internat ional Student Assesment (PISA) yang mengukur  kecakapan literasi membaca peser ta didik berusia 15 tahun di negara-negara yang  berpartisipasi.

Di dalam tes ini, skor kemampuan membaca peser ta didik Indonesia  menurun nilainya dari 402 pada tahun 2009 ke 396 pada tahun 2012 dan titik  terendah adalah 371 pada tahun 2018.

Kecakapan berpikir aras tinggi tersebut juga menjadi materi yang diujikan dalam  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Sebagaimana tes PISA, AKM mengukur membaca sebagai proses kognitif.

Proses Kognitif pada AKM

Jenis Teks pada AKM

AKM diharapkan dapat membantu guru memetakan kecakapan literasi  membaca peser ta didik dan melakukan penanganan terhadap peserta didik yang  memerlukan inter vensi khusus maupun mereka yang telah cakap dan mahir dalam  pembelajaran.

Akan tetapi, keterampilan membaca saat ini belum terlalu dikuatkan pelaksanaannya di sekolah. Guru belum benar-benar mendampingi peserta didik  untuk memahami materi bacaan dan melatih mereka untuk bernalar melalui teks bacaan.

Untuk menguatkan hal ini, strategi membaca merupakan bagian penting dari penguatan literasi di jenjang SMP.

Modul Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Modul Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.