Home Info Guru Full Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Full Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

34
0

Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 

Rajasoal.com. Berikut ini dibagikan Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 yang diterbitkan oleh Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris ini dapat menjadi salah satu bahan belajar mandiri untuk persiapan seleksi guru PPPK tahun 2021, sehingga bukan merupakan modul utama.

Modul Belajar Bahasa Inggris calon guru PPPK yang dikemas dalam konsep pembelajaran mandiri tersebut menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi.

Calon guru PPPK juga dapat menggunakan bahan belajar lainnya untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi guru PPPK. Calon guru PPPK dapat mengkombinasikan modul belajar ini dengan sumber belajar lainnya.

Modul belajar mandiri Bahasa Inggris ini untuk memberikan pengalaman belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran di setiap materi dan substansi materi yang tersaji.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri Bahasa Inggris seleksi calon guru PPPK tahun 2021 dikembangkan dari beberapa modul yang diterbitkan oleh Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca : Modul Belajar Mandiri Seleksi PPPK Guru TK PAUD Tahun 2021

Beberapa modul untuk pengembangan modul belajar mandiri Bahasa Inggris tersebut adalah Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Modul belajar mandiri ini diterbitkan untuk membantu peserta seleksi guru PPPK agar mudah memahami konsep pedagogi dan profesional pada bidang studi PGSD.

Pada tahun 2021, pemerintah kembali akan melaksanakan seleksi guru PPPK. Seleksi dilakukan pada pada guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan telah memenuhi persyaratan.

Rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 tersebut meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Seleksi guru PPPK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru PPPK terbatas. Sedangkan pada tahun 2021 ini, semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru ASN PPPK hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Peserta Seleksi Guru PPPK

Seleksi guru PPPK tahun 2021 terbuka untuk:

1. Guru honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara;

2. Guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK);

3. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai guru.

Bagi guru yang saat ini mengajar di sekolah negeri, berlaku ketentuan sebagai berikut.

1. jika tersedia formasi di sekolah tempat ybs. mengajar, akan otomatis didaftarkan di sekolah tersebut.

2. jika mengajar di dua sekolah atau lebih, akan didaftarkan di sekolah induk.

3. jika tidak tersedia formasi di sekolah tempat yang bersakutan mengajar, maka yang bersangkutan dapat mendaftar di sekolah lain.

Bagi guru swasta atau lulusan PPG yang saat ini tidak mengajar di sekolah negeri, dapat memilih mendaftar di sekolah negeri sesuai ketersediaan formasi.

Pendaftaran dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara. Setiap peserta mendaftar di awal tahun 2021, dan diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali

Materi Ujian Seleksi PPPK 

Materi ujian seleksi guru PPPK tahun 2021 terdiri atas beberapa tipe soal sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Kompetensi Bidang/Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

Baca : Buku Kumpulan Latihan Soal Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Berikut ini adalah tabel mengenai materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 (tipe, jumlah soal. waktu, dan bobot soal).

Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK siap dalam melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen GTK mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, salah satunya adalah modul belajar mandiri PGSD.

Pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru ASN PPPK secara mandiri.

Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri, sehingga menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi.

Modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN PPPK tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya.

Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru ASN PPPK melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri tersebut.

Silakan unduh modul belajar mandiri Bahasa Inggris seleksi calon Guru PPPK tahun 2021 selengkapnya pada link berikut.

 

Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai modul belajar mandiri Bahasa Inggris seleksi calon Guru PPPK tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.