Home Info Guru Full Linieritas Kualifikasi Akademik dengan Program Studi PPG Kemenag 2021

Full Linieritas Kualifikasi Akademik dengan Program Studi PPG Kemenag 2021

54
0

Linieritas Kualifikasi Akademik dengan Program Studi PPG Kemenag 2021

Rajasoal.com. Salah satu syarat dalam proses pendataan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan pada Kementerian Agama adalah diperlukan daftar linieritas antara kualifikasi akademik yang dimiliki guru dengan Program Studi PPG Dalam Jabatan yang akan diikuti.

Ketentuan linearitas bidang studi tersebut tertuang dalam Lampiran Edaran Direktur Jenderal Pendidikan  Islam Nomor 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 tentang Persiapan Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2019.

Daftar linieritas ini digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk menetapkan bidang studi pada PPG Dalam Jabatan.

Daftar linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan tersebut dikhususkan untuk guru dengan kualifikasi akademik S-1 atau D-IV.

Pengertian linier yang dimaksud di sini adalah adanya kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1/D-IV dengan program studi PPG Dalam Jabatan.

Sebagai informasi, bahwa pada tahun 2021 ini, Kementerian Agama akan menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan.

Baca : Download Pedoman PPG Dalam Jabatan Pada Kemenag Tahun 2021

Sasaran Program PPG Dalam Jabatan di satuan kerja Kementerian Agama ini adalah para pendidik pada seluruh jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menenagh yang memenuhi kualifikasi akademik lulusan Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) atau Pondok Pesantren yang sudah dipersamakan.

Sasaran program PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama meliputi :

1. Guru pada RA;

2. Guru Kelas dan Guru Bidang Studi pada MI;

3. Guru Mata Pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran umum pada MTs, MA, dan MAK;

4. Guru Pendidikan Agama pada sekolah; dan

5. Guru Mata Pelajaran Keagamaan pada satuan pendidikan keagamaan.

Sehubungan dengan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tersebut, maka perlu adanya tahap persiapan, yang meliputi pemetaan linieritas ijasah S-1/D-IV, pendataan calon peserta, seleksi administrasi, dan  seleksi akademik.

Lebih lanjut, di dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, Nomor B-949.1/DJ.I/Set.I/PP.00.9/03/2021 tentang Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021, diinformasikan bahwa sehubungan dengan masih berlangsungnya masa pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2021 diubah, yang semula Blended Learning menjadi seratus persen (100%) memakai dalam jaringan (Daring).

Guru madrasah melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa PPG Daljab Tahun 2021 melalui laman http://simpatika.kemenag.go.id.

Untuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa PPG Daljab Tahun 2021 melalui laman http://siaga.kemenag.go.id atau http://siagapendis.com dengan memperhatikan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Ketentuan lebih detail merujuk kepada petunjuk teknis pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021.

Guru yang telah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa PPG Daljab Tahun 2021, wajib mengikuti alur dan ketentuan teknis lainnya di dalam proses pengisian kolom di dalam aplikasi yang ditetapkan.

Linieritas Kualifikasi Akademik dengan Program Studi PPG Kemenag 2021 secara lengkap dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Daftar Linieritas Bidang Studi PPG Daljab Kemenag 2021 – Unduh

Demikian ulasan mengenai daftar linieritas kualifikasi akademik dengan Program Studi PPG Kemenag 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.