Home Info Guru Full Latihan Soal Wawancara Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 

Full Latihan Soal Wawancara Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 

75
0

Latihan Soal Wawancara Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 

Rajasoal.com. Berikut ini dibagikan latihan soal wawancara seleksi guru PPPK P3K tahun 2021. Contoh soal wawancara seleksi guru PPPK ini dapat menjadi gambaran bentuk soal dan juga referensi belajar calon peserta ujian seleksi PPPK tahun 2021.

Hal yang membedakan antara materi soal PPPK dengan soal tes CPNS adalah dalam ujian seleksi PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Baca : Download Modul Belajar Mandiri Pedagogi Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Rencana seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Materi Ujian Seleksi PPPK Tahun 2021

Materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 terdiri atas beberapa tipe soal sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Kompetensi Bidang/Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Berikut ini adalah tabel mengenai materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 (tipe, jumlah soal. waktu, dan bobot soal).

Latihan Soal Wawancara Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021

Di dalam membantu belajar calon peserta seleksi PPPK tahun 2021, berikut ini adalah latihan soal wawancara seleksi PPPK P3K tahun 2021.

Soal nomor 1

Apabila Anda diangkat menjadi Pegawai ASN PPPK, apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia? Berikan alasan Anda?

Jawaban Terbaik :

Saya bersedia ditempatkan dimana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.

Soal nomor 2

Apa motivasi anda menjadi PPPK?

Jawaban Terbaik : 

Saya ingin menjadi pegawai PPPK, karena :

  • ingin mengabdikan diri menjadi PPPK untuk negara dan melayani masyarakat;
  • ingin mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional.

Soal nomor 3

Apa pendapat anda tentang profesionalisme Aparat Sipil Negara (ASN)?

Jawaban Terbaik :

  • ASN yang profesional adalah ASN yang mumpuni dalam jabatan sebagai ASN yang meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural
  • ASN yang memiliki integritas dan kejujuran dalam bekerja
  • Mampu bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi
  • Melayani publik secara proporsional
  • Senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan pelayanan pada negara dan masyarakat dan berperan aktif dalam membantu rekan untuk pengembangan dirinya
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif
  • Siap dalam beradaptasi dan pandai dalam mengelola perubahan ke arah yang lebih baik
  • Berani mengambil keputusan yang tepat
  • Menjalankan tugas dengan baik dan berorientasi hasil
  • Memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang diemban atau kompetensi teknis
  • Memiliki jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan (sosio kultural)

Soal nomor 4

Apa pendapat anda tentang Guru Profesional ?

Jawaban Terbaik : 

Guru profesional adalah guru yang mimiliki 4 kompetensi jabatan guru, yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial

Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada beberapa indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, dan bertindak sesuai norma sosial.

Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Soal nomor 5

Apakah pendapat anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaaannya?

Jawaban Terbaik :

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya, mengajar dan mendidik.

Guru harus menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Menjadi guru sebagai pengajar artinya bertanggungjawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu.

Soal nomor 6

Apa pendapat Anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan Anda terhadap hal tersebut?

Jawaban Terbaik :

Pancasila adalah dasar negara indonesia artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dan pengajar sesui dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah.

Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya, mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai Pancasila.

………

Latihan soal wawancara seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

Soal wawancara Seleksi Guru PPPK 2021 – Unduh

Baca :

Demikian yang dapat dibagikan mengenai latihan soal wawancara seleksi Guru PPPK P3K tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.